Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Para Santri Melalui Metode Jet Tempur Di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Lilbanat, Sumbersari, Kencong, Kepung-Kediri.

Authors

  • Mus tajib Institut Agama Islam Faqih Ays'ari Kediri
  • Rabiatul Adawiyah IAIFA Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.947

Keywords:

Al-Quran Learning, Sorogan Method, Takrir Method.

Abstract

Penelitian dengan judul “Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Para Santri Melalui Metode Jet Tempur Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lilbanat, Sumbersari Kencong Kepung Kediri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkurangnya kesadaran masyarakat Islam akan pentingnya belajar terutama belajar Al-Qur’an.

Selain itu, kurangnya pengetahuan mereka tentang Al-Qur’an yang menjadikan masyarakat enggan mempelajarinya, padahal Al-Qur’an menjadi pedoman utama umat Islam dalam menjalani kehidupan di dunia. Al-Qur’an menjadi sumber dari semua pengetahuan yang ada dunia baik kehidupan terdahulu maupun yang akan datang. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari secara mendalam tentang isi Al-Qur’an karena Al-Qur’an tidak pernah menceritakan kebohongan untuk umat Islam.

Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah (1) bagaimana strategi peningkatan kualitas hafalansantri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Lilbanat Sumbersari Kencong Kepung Kediri ?(2) bagaimana strategi setoran hafalansantri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’anLilbanat Sumbersari Kencong Kepung Kediri?(3) Apakah faktor pendukung dan penghambat strategi sorogan dan setoran hafalan di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’anLilbanat Sumbersari Kencong Kepung Kediri?.

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi hafalan Tahfidzil Qur’an Lilbanat Di Sumbersari Kencong Kepung Kediri, untukmenjelaskan strategi setoran dalam hafalan Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lilbanat dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat strategi hafalan Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lilbanat Sumbersari Kencong Kepung Kediri.

Penelitian ini menggunakan pola dan jenis penelitiankualitatif. pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, serta tekhnik dokumentasi. Untuk analisa data digunakan tekhnik analisis deskriptif dalam upaya untuk membuat kesimpulan.Hasil penelitian menyebutkan,strategi sorogan yang diterapkan oleh guru merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam membantu para santri dalam menghafal dan meningkatkan kualitas hafalan Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an. Para santri lebih mudah dalam mengahafal dan guru pun bisa membantu serta bisa langsung mengoreksi dan memperbaiki bacaan atau tajwid dalam Al-Qur’an yang masih kurang benar.Strategi setoran adalah suatu strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan hafalan anak secara individu. Adapun dalam strategi setoran didukung oleh strategi lainnya anatara lain muroja’ah, talaqi, kompetisi dan program karantina.

 Faktor Pendukung ustadzah di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an lilbanat dalam menerapkan sistem menghafal Al-Qur’an adalah faktor usia santri, faktor kecerdasan siswa, faktor tujuan dan minat menghafal Al-Qur’an, faktor waktu menghafal, dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor-faktor yang dirasakan sering manghambat siswa dalam menghafal adalah munculnya sifat malas pada diri santri, kesulitan santri dalam menghafal, kelupaan santri terhadap ayat-ayat yang telah dihafal, masih kurangnya perhatian orang tua dalam mendampingi santri untuk takrir hafalan dirumah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cucu Susianti,” Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan KemampuanMenghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan, Vol.2, No.1, (April 2016),
dan Mustajib, Abdurrohman. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Siswa Di Kelas IV MI Darrussalamah Sumbersari.” Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam. Vol. 1, December 27, 2020. https://doi.org/10.2906/SALIMIYA.V1I4.199.

Muna, Nailatul. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Studi Di MTs An Nawawiyyah Ringinagung Keling Kepung.” Journal of Islamic Studies 08, no. 01 (March 8, 2021): 32–44. https://ejurnal.stainh.ac.id/index.php/jurnal.

Mustajib. “Gaya Kepemimpinan Ketua Forum Musyawirot Pondok Pesantren Ishlahiyyatul Asroriyyah.” Tafhim Al-’Ilmi 12, no. 2 (March 31, 2021): 226–40. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/tafhim/article/view/4254.

Mustajib, and Lia Roikhanatus Sa’adah. “Manajemen Mutu Pembelajaran Di Masa Pandemi Studi SD Plus Al Hikmah Purwoasri Kediri.” JoIEM (Journal of Islamic Education Management) 2, no. 1 (April 24, 2021): 38–52. https://doi.org/10.30762/joiem.v2i1.3153.

M. Ulin Nuha Arwani, Thariqh Baca Tulis dan Menghafal Al-qur’an yambu’a bimbingan cara mengajar, (kudus:pondok tahfizd ynbu’ul qur’an kudus)

Munir, Ahmad & sudarsono .1994.ilmu tajwid dan seni baca Alquran .jakarta:Rineka Cipta.

Muhaimin,Dkk.1996. strategi belajar mengajar.surabaya.cv.Citra Media Karya Anak bangsa .

http/jettempur-banjarsari 2009.blogspot.com19. November 2020

Kh.Birri,Maftuh Basthul,2008, Menekuni Al-Quranul Karim Hidangan Segar , Madrasah Murotilil Qur’anil Karim Pon.Pes Lirboyo Kediri.

Maftuh Basthul Birri,2002 “Jet Tempur” Cetakan IV, Februari

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

tajib, M., & Adawiyah, R. (2022). Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Para Santri Melalui Metode Jet Tempur Di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Lilbanat, Sumbersari, Kencong, Kepung-Kediri. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 01–11. https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.947
Abstract Views: 796 | File Views: 661