Implementasi Metode Active Debate Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Nurul Huda Sukaraja Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Authors

  • Muhamad Ikhsanudin STKIP NURUL HUDA OKU TIMUR

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.528

Keywords:

Implementasi, Metode, Active Debate, Pendidikan Islam

Abstract

Di dalam dunia Pendidikan, Pembelajaran akan ketinggalan zaman apabila masih memposisikan pengajar (guru) sebagai pusat segala-galanya (teacher oriented). Tetapi pembelajaran harus menjadikan siswa sebagai subyek (actor) pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis pada siswa (active learning).

Diantara satu metode pembelajran berbasis active learning adalah metode active debate learning. Oleh karena itu pokus pemasalahannya Sebagai berikut: Bagaimanakah persiapan metode active debate learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Bagaimanakah pelaksanaan metode active debate learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Apakah faktor pendukung dan penghambat penerapan metode active debate learning dalam pendidikan agama Islam berlokasi di SMK Nurul Huda Sukaraja dengan tujuan mendeskripsikan implementasi metode active debate learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Nurul Huda Sukaraja

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan objek penelitian sesuai dengan apa adanya, dalam bentuk kata-kata tanpa menggunakan rumus-rumus berdasarkan angka-angka. Dengan menggunakan alat pengumpul data Obsesvasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif, karena bertujuan untuk mendeskripsikan implemantasi metode active debate learning pada pembelajaran pendidikan agam Islam di SMK Nurul Huda Sukaraja.  

Dari teori ini dapat di tarik suatu kesimpulan, Pertama, Kedua Guru Pendidikan Agama Islam pada ketiga kelas yang diteliti,  sebelum mengajar telah mempersiapkan  kegiatan pembelajaran dengan berbagai aktifitas seperti membuat perangkat pembelajaran meliputi; Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan bahan ajar yang akan diperdebatkan di kelas. Kedua. Dalam pelaksanaan pembelajaran, pada aspek Tarikh  dan SKI di kelas XII Administrasi Perkanntoran dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu pro/penyaji, kontra dan pembela. kelompok penyaji bertugas menyampaikan materi dan di tanggapi oleh kelompok kontra dan kelompok pembela bertugas untuk meluruskan jalannya perdebatan, begitu juga pada aspek Akhlak di kelas XI Multimedia dan aspek Akidah di kelas X Akuntansi.  Dalam mengevaluasi kedua guru Pendidikan Agama Islam tersebut sudah cukup baik, karena sudah menggunakan instrumen dalam pola yang baru yaitu instrumen soal uraian tertulis untuk menilai aspek kognitif, instrumen pengamatan sikap dan minat untuk menilai aspek afektif dan instrumen penugasan untuk menilai aspek psikomotorik. Ketiga. Faktor pendukung dalam pelaksanaan metode Active Debate ini barasal dari ‘guru, siswa dan sarana prasarana’.  Kedua guru Pendidikan Agama Islam sudah tersertifikasi sehingga keduanya sudah sering mendapatkan diklat tentang pembelajaran, semua siswa sudah terbiasa dengan debat tatkala belajar diasrama, ‘Sarana prasarana’ terutama bangku dan meja yang mudah di susun dalam formasi debate dan didukung adanya waifi,  materi pelajaran didukung dari pelajaran  yang diajarkan dipesantren, dan metode yang di gunakan di pesantren adalah  metode sawir (musyawarah) juga bisa di katakana metode Devate. Dan faktor penghambat dalam pelaksanaan metode debat aktif  ini  adalah tidak semua guru mendukung, tidak ada respon yang positif dari pengurus yayasan dan adanya intimidasi dari siswa yang merasa tersudut.

Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan pada peneliti untuk melanjutkan penelitian ini dan kepada pengelola sekolah (Kepala sekolah dan guru) agar tidak melakukan pembelajaran monoton di dalam kelas saja, tetapi memanfaatkan ruang multimedia dengan segala fasilitasnya, bahkan bila perlu di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussalam, Suroso 2012, Cara Mendidik Anak Sejak Lahir Hingga
TK, Sukses Publishing, Surabaya.

Achmadi 2005, Ideologi Pendidikan Isla., Pustaka Pelajar, Yoyakarta.

Arief, Ar 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam.Ciputat, Pers Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, at. al., 2006, Penelitinan Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, M 1991, Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan PraktisBerdasarkan Pendekatan Indisipliner.Bumi Aksara,Jakarta.

Arifin, Anwar 2003, Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang Undang Sisdiknas. Ditjen Kelembagaan Agama Islam Depaq, Jakarta.

Aqib, Zainal 2013, Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Yrama Widya, Bandung.

Djamarah, Syaiful Bahri 2002, Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan 2010, Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Djajadisastra 1982, Metode-Metode Mengajar, Penerbit Angkasa, Bandung.

Faturrahman. Ahmadi, Khoiru et el 2012, Pengantar Pendidikan. PT Prestasi Pustakarya, Jakarta.

Halim, M. Nipan 2000, Anak Shaleh Dambaan Keluarga. Mitra Pustaka,Yogyakarta.

Hamalik, Oemar 2008, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Akasara,Jakarta.

2001, Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Hassbullah 2008, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hernowo 2001, Mengikat Makna. Kaifa,Bandung.

Hery Noer Aly dan Munzier S., 2003, Watak Pendidikan Islam, Priska Agung Insani, Jakarta.

Hidayat, Komaruddin dalam Mel Silberman 2001, 101 Strategi Pembelajaran Aktif dalam Active Learning. YAPPENDIS, Yogyakarta.

Idi, Abdullah 2011, Sosiologi Pendidikan. Rajadrafindo Persada, Jakarta.

ISMKil, SM 2008, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Rasail Media Group,Semarang.

Jacobsen, David A. Eggen, Paul et el 2009, Methods for Teaching. Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar siswa TK – SMA. Pustaka Belajar, Yokyakarta.

Joyce, Bruce, dkk 2011, Models of Teaching (Model-Model Pengajaran). Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kountur, Ronny 2009, Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. PPM, Jakarta.

Ma’arif, Syafi’i 1996, Ibnu Khaldun dalam Pandangan Penulis Barat dan Timur. Gema Insani Press,Jakarta.

Majid, Abdul 2005, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar kompetensi Guru. Remaja RosdaKarya,Bandung.

Moeleong, Lexy, J.M 2005, Strategi Penelitian Kualitatif. Remaja RosdaKarya, Cet. XIV, Bandung.

Moleong, Lexy J 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhaimin, et el 2004, Paradigma Pendidikan Islam. PT. Remaja Rosdakarya,Bandung.

Mukti, Abdul 1998, dalam Chabib Thaha (eds), PBM-PAI di Sekolah, Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. Pustaka Pelajar dan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo,Yogyakarta.

Muliawan, Jasa Ungguh 2005, Pendidikan Islam Integratif. Pustaka Pelajar,Yogyakarta.

2008, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP)Sebuah Panduan Praktis.PT. Remaja Rosdakarya,Bandung.

Mulyasa 2005, Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

2009, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

2009, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Bumi Aksara, Jakarta.

2011, Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muslich, Mansur 2009, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual.Bumi Aksara, Jakarta.

Muslim, Imam tt, Shahih Muslim Juz I. Syirkah Ma’arif Lithob’i Wannasyr,Bandung.

Naim dan Patoni 2007, Materi Penyusunan Desai Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (MPDP-PAI. Pustaka Pelajar,Yoyakarta.

Nasih Ulwan, A 1981, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Jilid I. CV,Asy-Syifa’, Semarang.

Nasution, S 2008, Asas-Asas Kurikulum. Bumi Aksara, Jakarta.

Ramayulis, H 2008, Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia, Jakarta.

Riduwan 2008, Metode dan Teknik Menyususn Tesis. Alfabeta, Bandung.

Rivai dan Sudjana 2001, Teknologi Pengajaran. Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Roestiyah 2001, Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Reneka Cipta, Jakarta.

Sanjaya, Wina 2008, Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Zuhaily, Wahbah1994, Tafsir Munir Juz XXX. Dar-al-Fikr al-Mu’ashir,Libanon.

Downloads

Published

2018-08-01

How to Cite

Ikhsanudin, M. (2018). Implementasi Metode Active Debate Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Nurul Huda Sukaraja Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 79–89. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.528
Abstract Views: 1886 | File Views: 1254