Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Tasurun Amma Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Darussalam (STEBIS) OKI SUMSEL

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.516

Keywords:

: Problematika Proses Pembelajaran, , Pendidikan Agama Islam

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dalam tiga tahap; perencanaan, implementasi dan evaluasi. Problematika yang ditemukan dalam penelitian ini adalah; kesulitan menghafal, tidak bisa membaca bahasa Arab, kurang minat belajar, kesulitan belajar, kreativitas guru dan siswa, pemilihan metode yang tidak sesuai, kurangnya media, perhatian orang tua dan masalah lingkungan. solusi yang dibuat oleh guru dan pengelola sekolah adalah; aspek siswa dengan meningkatkan motivasi, minat dan kemampuan belajar siswa dengan proses pembelajaran yang menarik. aspek guru dengan pembahasan Pendidikan Agama Islam, menyiapkan fasilitas pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam dengan baik, memberikan pelatihan kepada guru sesuai dengan kompetensi yang akan dikembangkan, serta pengawasan dan motivasi dari kepala sekolah. aspek pendekatan pembelajaran dengan memilih dan menggunakan metode dan media yang tepat. aspek lingkungan belajar siswa dengan membiasakan siswa dengan kegiatan keagamaan, menciptakan lingkungan keagamaan dan membangun semangat kompetisi dalam masalah agama..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Iif Khoiru. Dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Putakarya.

Budihardjo, Eko. 2000. Problematika Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta, pustaka pelajar.

Creswell, Jhon W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daradjad, Zakiyah. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

--------. 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Gunawan, Heri. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.

2008. Himpunan Perundang-Undangan Republik Indonesia Tentang System Pendidikan National. Bandung: Nuansa Aulia.

Jalal, Fasli. dkk. 2001. Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: PT Mitra Gama Widya.

Majid, Abdul. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

--------. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung PT Remaja Rosdakarya.

M. Yunus Abu Bakar, “Problematika Pendidikan Islam Indonesia” Dirasat, Jurnal manajemen Dan Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 1 (Juli-Desember 2015)

Muslimin, “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Upaya Solusi Guru Dalam Pembinaanya Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 01, No. 2 (Desember 20017)

Nasih, A. Munjin. Dkk. 2013. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Redika Aditama.

Ngismatul Chairiyah, “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD.” Jurnal Rohima Vol. 02. No. 1 (Desember 2015).

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya : SIC.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Susiana, “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam DI SMKN 1 Turen” Jurnal At-Tariqoh Vol. 2 No. 1 (Juni 2017).

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tirtarahardja,Umar. 2010. Pengantar Pedidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Yogyakarta : Media Wacana.

Downloads

Published

2018-08-01

How to Cite

Amma, T. (2018). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 70–78. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.516
Abstract Views: 2604 | File Views: 3649