Efektivitas Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kolaboratif: Perspektif Teoritis dan Praktis
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3590Keywords:
Efektivitas, Google Sites, Pembelajaran KolaboratifAbstract
Pembelajaran kolaboratif telah menjadi pendekatan yang semakin populer dalam dunia pendidikan, berkat kemampuannya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kerjasama antar peserta didik. Oleh karena itu, ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Google Sites sebagai media pembelajaran kolaboratif dalam lingkungan pendidikan. Google Sites, sebuah platform berbasis web, memfasilitasi interaksi kolaboratif antara pendidik dan siswa, memungkinkan pembuatan dan pengelolaan konten pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Sites efektif dalam meningkatkan kolaborasi antara peserta didik melalui berbagai fitur seperti pengelolaan konten yang mudah, integrasi dengan alat kolaboratif lainnya, dan kemampuan berbagi informasi secara real-time. Secara teoretis, efektivitas ini didukung oleh teori-teori pembelajaran kolaboratif yang menekankan pentingnya interaksi sosial dan konstruksi bersama pengetahuan. Adapun tantangan dalam penerapannya berupa: Kebutuhan akan pelatihan teknis untuk pendidik dan siswa, serta keterbatasan akses internet yang dapat menghambat pemanfaatan Google Sites secara optimal.
Downloads
References
Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Education Science (JES), 5(1), 3.
Anifah, S dan Rohmah, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Se_U (Simple Usholli) Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 32. https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3212/867
Adzkiya, D. S dan Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891.
Aulia, H., Nurhalimah, A., Mandailina, V., Mahsup, Syaharuddin, Abdillah, & Zaenudin. (2023). Efektifitas Metode Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Paedagoria, 3(2017), 1–7. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16325%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/download/16325/pdf
Basri, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Murobbi Ilmu Pendidikan, Vol. 7(1), 44. doi:10.52431/murobbi.v7i1.1486
Basri, H, dkk. (2023). Implementation of 21st Century Learning in the Independent Learning Curriculum at SD IT Islamic Center Deli Serdang. Education: Jurnal Ilmaih Pendidikan, 1(2), 12.
Choiri, U. S. dan M. M. (2019). Metode Penelitian Kaulitatif Di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.
Darmiah. (2022). Kajian Etimologi dan Terminologi Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4), 900. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v12i4.17207
Fitriasari, N. S., et al. (2020). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.35585/inspir.v10i1.2564.
Hanifa, C., Fadhilah, M., Pista, I. H., & Gusmaneli, G. (2023). Strategi Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 357. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17884
Harahap, N. H., Zakaria, A. R., & Basri, H. (2024). Implementation of 21st Century Integrative Thematic Learning: Efforts to Form Entrepreneurship Students. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 49.
Mardin, H dan Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo, 3(2), 78–82. https://doi.org/https://doi.org/10.30869/jag.v3i2.652.
Nugroho, M. K. C dan Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X. (J-PSH) Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/48934/75676590727
Rosyidah, A dan Badriyah, L. (2024). Studi Komparasi Tentang Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAIDengan Menggunakan Media GameKahootDan Quizizz. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 9. https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3206/851.
Rifqi, M. S. and Q. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites di UPT SMP Negeri 19 Gresik. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 66. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1208.
Rosiyana. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA JARAK JAUH SISWA KELAS VII SMP ISLAM ASY-SYUHADA KOTA BOGOR. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 218. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903.
Sitepu, D. S. B dan Herlinawati. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada materi ikatan ion dan kovalen untuk SMA kelas X. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 553. https://doi.org/https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.195.
Sari, T. I. (2023). PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GOOGLE SITES DENGAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Khazanah Pendidikan, 17(1), 106. https://doi.org/https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15855
Salsabila U. H, et al. (2023). Dinamika Teknologi Dalam Pendidikan Agama Islam. Al I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 2. https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1912/699
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Taufik, M. et al. (2018). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB KEPADA GURU IPA SMP KOTA MATARAM. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 12. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppm.v1i1.490.
Utami,N. M., et al. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19178.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M Agil Febrian, Muhammad Irwan Padli Nasution2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.