Rancang Bangun Pendidikan Dan Pelatihan: Model Dan Pendekatan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3582Keywords:
Pendekatan, Pendidikan, pelatihanAbstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang model dan pendekatan dalam pendidikandan pelatihan. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan data deskriptif dari berbagai buku, artikel, dan jurnal tentang supervisi manajemen untuk meningkatkan pengelolaan sekolah. Ketika merancang program Pendidikan dan pelatihan, harus terlebih dahulu menetapkan pendekatan yanhg akan digunakan. Oleh karena itu, organisasi akan membuat komponen kegiatan diklat secara berkala dengan lebih efisien. Metode ini digunakan untuk memastikan bahwa konsep perencanaan program diklat terbentuk dalam pola kegiatan yang dapat dilaksanakan. Proses diklat adalah Upaya sistematis yang diorganisir, direncanakan, dan dibuat oleh masyarakat dengan tujuan memberikan pengetahuan, nilai, sikap, dan kemahiran kepada para ahlinya sesuai dengan bidangnya. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk mendorong dan mengembangkan potensi dan transformasi yang relevan dalam diri manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang prinsip-prinsip dan teknik supervisi manajemen dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Studi kepustakaan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diambil dari sumber sekunder, yaitu buku dan arikel yang relevan.
Downloads
References
Abubakar, A. (2020). Penyelenggaraan Diklat Guru Mata Pelajaran Madrasah Di Sulawesi Tenggara. Educandum, 6(2), 89–105. https://doi.org/10.31969/educandum.v6i1.331
Arifin, Z., & Nurhadi, A. (2019). Pendekatan Metode Dan Teknik Diklat Bagi Pendidik Di Era Revvolusi Industri 4.0. Al-Fikrah, 2(2), 135–154.
Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. CV Pustaka Setia.
Bastaman, R. (2021). Manajemen Pelatihan Dasar Peningkatan Mutu CPNS: Teor idan Praktik (R. Fadhli (ed.)). Indonesia Emas Grup.
Cahya Nirmaya, G. (2019). Perencanaan Program Pelatihan Masyarakat dalam Mendukung Agenda Prioritas Pembangunan Desa. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 5(1), 25–34. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2019.005.01.4
Daryanto, & Bintoro. (2014). Manajemen Diklat (I. Setyobudi (ed.)). Penerbit Gava Media.
Dewi, V. I., Detti, R., Iskandarsyah, T., Barlian, I., Septina, N., & Danil, L. (2022). Peningkatan Produktivitas Anak Muda Indonesia Melalui Pelatihan Financial Life Skills (FLS). Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.29407/ja.v6i1.16175
Gintings, A. (n.d.). Esensi Praktis; MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (Cet. 1). Humaniora.
Haryanto A.G, Hartono Ruslijanto, & Datu Mulyono. (2000). Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah: Buku Ajar untuk Mahasiswa. Jakarta EGC.
Herwina, W. (2021). Analisis Model-Model Pelatihan. CV. Bayfa Cendikia Indonesia.
Iswan. (2021). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (1 ed.). Rajawali Pers.
Nadeak, B. (2019). Buku Materi Pembelajaran Manajemen Pelatihan dan Pengembangan. In BUKU MATERI PEMBELAJARAN MANAJEMEN PELATIHAN dan PENGEMBANGAN Disusun. UKI Press. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/1308
Pribadi, B. A. (2016). Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi : Implementasi Model Addie . In DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan (Nomor 1). KENCANA.
Rostini, D., Mastiani, E., Yuningsih, Y., Kusmiati, N., & Yuniawati. (2024). MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Siregar, A. R., Dermawan, M. M., Habib, F., & Nasution, A. F. (2024). Program Manajamen Pendidikan Dan Pelatihan ( Diklat ) Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 90–95.
Sudari, S., & Zulkarnain, I. (2020). Analisis Sistem Kepelatihan Di Ikip Budi Utomo Malang Ditinjau Dari Critical Event Model Leonard Nadler. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(2), 89–100. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p089
Suhardi, M. (2022). Buku Ajar Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan (M. Hidayat, Miskadi, & R. P. Murtikusuma (ed.)). Penerbit P4I.
Sumiati, M. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Mengajar Terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru PAI SMA - SMK Negeri Kota Metro. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 102–109. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.648
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. In Kencana (cet. 4, Nomor December). KENCANA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mila Alvionita, Tuti Andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.