Rancang Bangun Pendidikan Dan Pelatihan: Model Dan Pendekatan

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Authors

  • Mila Alvionita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Tuti Andriani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3582

Keywords:

Pendekatan, Pendidikan, pelatihan

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang model dan pendekatan dalam pendidikandan pelatihan. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan data deskriptif dari berbagai buku, artikel, dan jurnal tentang supervisi manajemen untuk meningkatkan pengelolaan sekolah. Ketika merancang program Pendidikan dan pelatihan, harus terlebih dahulu menetapkan pendekatan yanhg akan digunakan. Oleh karena itu, organisasi akan membuat komponen kegiatan diklat secara berkala dengan lebih efisien. Metode ini digunakan untuk memastikan bahwa konsep perencanaan program diklat terbentuk dalam pola kegiatan yang dapat dilaksanakan. Proses diklat adalah Upaya sistematis yang diorganisir, direncanakan, dan dibuat oleh masyarakat dengan tujuan memberikan pengetahuan, nilai, sikap, dan kemahiran kepada para ahlinya sesuai dengan bidangnya. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk mendorong dan mengembangkan potensi dan transformasi yang relevan dalam diri manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang prinsip-prinsip dan teknik supervisi manajemen dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Studi kepustakaan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diambil dari sumber sekunder, yaitu buku dan arikel yang relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, A. (2020). Penyelenggaraan Diklat Guru Mata Pelajaran Madrasah Di Sulawesi Tenggara. Educandum, 6(2), 89–105. https://doi.org/10.31969/educandum.v6i1.331

Arifin, Z., & Nurhadi, A. (2019). Pendekatan Metode Dan Teknik Diklat Bagi Pendidik Di Era Revvolusi Industri 4.0. Al-Fikrah, 2(2), 135–154.

Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. CV Pustaka Setia.

Bastaman, R. (2021). Manajemen Pelatihan Dasar Peningkatan Mutu CPNS: Teor idan Praktik (R. Fadhli (ed.)). Indonesia Emas Grup.

Cahya Nirmaya, G. (2019). Perencanaan Program Pelatihan Masyarakat dalam Mendukung Agenda Prioritas Pembangunan Desa. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 5(1), 25–34. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2019.005.01.4

Daryanto, & Bintoro. (2014). Manajemen Diklat (I. Setyobudi (ed.)). Penerbit Gava Media.

Dewi, V. I., Detti, R., Iskandarsyah, T., Barlian, I., Septina, N., & Danil, L. (2022). Peningkatan Produktivitas Anak Muda Indonesia Melalui Pelatihan Financial Life Skills (FLS). Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.29407/ja.v6i1.16175

Gintings, A. (n.d.). Esensi Praktis; MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (Cet. 1). Humaniora.

Haryanto A.G, Hartono Ruslijanto, & Datu Mulyono. (2000). Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah: Buku Ajar untuk Mahasiswa. Jakarta EGC.

Herwina, W. (2021). Analisis Model-Model Pelatihan. CV. Bayfa Cendikia Indonesia.

Iswan. (2021). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (1 ed.). Rajawali Pers.

Nadeak, B. (2019). Buku Materi Pembelajaran Manajemen Pelatihan dan Pengembangan. In BUKU MATERI PEMBELAJARAN MANAJEMEN PELATIHAN dan PENGEMBANGAN Disusun. UKI Press. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/1308

Pribadi, B. A. (2016). Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi : Implementasi Model Addie . In DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan (Nomor 1). KENCANA.

Rostini, D., Mastiani, E., Yuningsih, Y., Kusmiati, N., & Yuniawati. (2024). MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Siregar, A. R., Dermawan, M. M., Habib, F., & Nasution, A. F. (2024). Program Manajamen Pendidikan Dan Pelatihan ( Diklat ) Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 90–95.

Sudari, S., & Zulkarnain, I. (2020). Analisis Sistem Kepelatihan Di Ikip Budi Utomo Malang Ditinjau Dari Critical Event Model Leonard Nadler. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(2), 89–100. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p089

Suhardi, M. (2022). Buku Ajar Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan (M. Hidayat, Miskadi, & R. P. Murtikusuma (ed.)). Penerbit P4I.

Sumiati, M. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Mengajar Terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru PAI SMA - SMK Negeri Kota Metro. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 102–109. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.648

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. In Kencana (cet. 4, Nomor December). KENCANA.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Alvionita, M., & Tuti Andriani. (2024). Rancang Bangun Pendidikan Dan Pelatihan: Model Dan Pendekatan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 135–142. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3582
Abstract Views: 2 | File Views: 2