Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Quran Terhadap Pendidikan Karakter (Survei di SMA Pelita Tiga Jakarta)
Universitas Islam Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3448Keywords:
Pembiasaan Tadarus, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang peneliti lakukan terhadap siswa-siswi di SMA Pelita Tiga Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembiasaan tadarus Al-Quran berpengaruh signifikan terhadap pendidikan karakter di SMA Pelita Tiga Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pembiasaan tadarus Al-Quran terhadap pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembiasaan tadarus Al-Quran terhadap pendidikan karakter pada siswa. Tadarus Al-Quran yang merupakan kegiatan membaca, memahami, dan menghayati Al-Quran secara rutin dinilai memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter positif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei yang melibatkan mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur frekuensi tadarus dan indikator karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, dan empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara intensitas tadarus Alquran dengan peningkatan kualitas karakter siswa. Siswa yang melakukan tadarus lebih rutin cenderung menunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam aspek kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, dan empati dibandingkan dengan yang tidak.
Downloads
References
Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Biosel: Biology Science and Education, 3(1), 68. https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511
Anik Indramawan. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1), 109–119. https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.122
Arif, A., & Wajdi, F. (n.d.). Manajemen Sumber Daya Manusia Melalui Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Pada Setiap Awal Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Islam, 59–66.
Kaimuddin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013.
Khalifatul ulya. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. Asatiza Pelaksanaan Metode Pembiasaan Di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota, 1, 49–60.
Machmud Yunus, Hilda Silviani, A. J. (2022). Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Thoriqotuna | Jurnal Pendidikan Islam, 377–388. http://www.jurnal.iailm.ac.id/index.php/thoriqotuna/article/view/507
Malaifani, A. (2023). Analisis Krisis Pendidikan Karakter Remaja pada Era Globalisasi di Desa Mataruae Barat, Nusa Tenggara Timur. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 65–71. https://doi.org/10.59098/pensos.v1i1.936
MSi, H., Ustiawaty, J., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.researchgate.net/publication/340021548
Mualif, A., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Islam, U., & Singingi, K. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Khazanah Pendidikan. Jedchem (Journal Education and Chemistry), 4(1), 29–37. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/1889
Mubin, M. S. (2020). Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi. Jurnal Reforma, 9(2), 114. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.319
Sumiati, U., & Mustoip, S. (2023). Eksplorasi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. EduBase : Journal of Basic Education, 4(1), 22–28. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/427
Susiyanto, M. . (2014). Analisis penerapan pendidikan karakter disekolah dalam rangka pembentukan sikap disiplin siswa. Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran, 62–69
Syarifah, N. A., Nur, T., & Herdiyana, Y. (2022). Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa di MTs Al-Imaroh Cikarang Barat. Fondatia, 6(3), 691–701. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2047.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanifah Suci Ariani, Nadiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.