Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Quran Terhadap Pendidikan Karakter (Survei di SMA Pelita Tiga Jakarta)

Universitas Islam Jakarta

Authors

  • Hanifah Suci Ariani Universitas Islam Jakarta
  • Nadiah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3448

Keywords:

Pembiasaan Tadarus, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang peneliti lakukan terhadap siswa-siswi di SMA Pelita Tiga Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembiasaan tadarus Al-Quran berpengaruh signifikan terhadap pendidikan karakter di SMA Pelita Tiga Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pembiasaan tadarus Al-Quran terhadap pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembiasaan tadarus Al-Quran terhadap pendidikan karakter pada siswa. Tadarus Al-Quran yang merupakan kegiatan membaca, memahami, dan menghayati Al-Quran secara rutin dinilai memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter positif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei yang melibatkan mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur frekuensi tadarus dan indikator karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, dan empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara intensitas tadarus Alquran dengan peningkatan kualitas karakter siswa. Siswa yang melakukan tadarus lebih rutin cenderung menunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam aspek kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, dan empati dibandingkan dengan yang tidak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Biosel: Biology Science and Education, 3(1), 68. https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511

Anik Indramawan. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1), 109–119. https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.122

Arif, A., & Wajdi, F. (n.d.). Manajemen Sumber Daya Manusia Melalui Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Pada Setiap Awal Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Islam, 59–66.

Kaimuddin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013.

Khalifatul ulya. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. Asatiza Pelaksanaan Metode Pembiasaan Di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota, 1, 49–60.

Machmud Yunus, Hilda Silviani, A. J. (2022). Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Thoriqotuna | Jurnal Pendidikan Islam, 377–388. http://www.jurnal.iailm.ac.id/index.php/thoriqotuna/article/view/507

Malaifani, A. (2023). Analisis Krisis Pendidikan Karakter Remaja pada Era Globalisasi di Desa Mataruae Barat, Nusa Tenggara Timur. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 65–71. https://doi.org/10.59098/pensos.v1i1.936

MSi, H., Ustiawaty, J., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.researchgate.net/publication/340021548

Mualif, A., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Islam, U., & Singingi, K. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Khazanah Pendidikan. Jedchem (Journal Education and Chemistry), 4(1), 29–37. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/1889

Mubin, M. S. (2020). Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi. Jurnal Reforma, 9(2), 114. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.319

Sumiati, U., & Mustoip, S. (2023). Eksplorasi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. EduBase : Journal of Basic Education, 4(1), 22–28. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/427

Susiyanto, M. . (2014). Analisis penerapan pendidikan karakter disekolah dalam rangka pembentukan sikap disiplin siswa. Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran, 62–69

Syarifah, N. A., Nur, T., & Herdiyana, Y. (2022). Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa di MTs Al-Imaroh Cikarang Barat. Fondatia, 6(3), 691–701. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2047.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Hanifah Suci Ariani, & Nadiah. (2024). Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Quran Terhadap Pendidikan Karakter (Survei di SMA Pelita Tiga Jakarta): Universitas Islam Jakarta. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 73–82. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3448
Abstract Views: 36 | File Views: 28