Strategi Pencapaian Hafalan 1 Juz 1 Tahun di Rumah Tahfidz Banyuasin Sumatera Selatan

Universitas Nurul Huda OKU Timur

Authors

  • Muhammad Saiful Amin Universitas Nurul Huda
  • Muhamad Ikhsanudin Universitas Nurul Huda
  • Miftahudin Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3428

Keywords:

Strategi Pencapaian, Tahfidzul Qur’an, Rumah Tahfidz

Abstract

Perkembangan pembelajaran hifdzil qur'an saat ini mencerminkan kemajuan yang signifikan, yang terlihat dari bertambahnya jumlah lembaga baru yang aktif di bidang hifdzil qur'an. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan implementasi sistem pembelajaran tahfidzul qur'an di Rumah Tahfidz Banyuasin. Metode penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang mengadopsi pendekatan kualitatif, khususnya menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian studi kasus prospektif. Subyek penelitian melibatkan pengelola, guru tahfidz, tata usaha, serta siswa-siswi di Rumah Tahfidz Banyuasin yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menerapkan model Miles dan Hubermen, yang melibatkan tahap reduksi, display, dan penyimpulan data. Validitas data diukur melalui empat kriteria, yaitu tingkat kepercayaan (credibility), transferabilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pengajaran di Rumah Tahfidz An-Nur Banyuasin mengutamakan penguasaan praktik menghafal. Interaksi langsung antara santri dan guru (face to face) terjadi ketika santri menyampaikan atau sedang membuat hafalan.Para penghafal Al-Qur’an ditargetkan untuk satu hari minimal bisa hafal 3 ayat saja untuk ayat pendek dan 1 ayat untuk ayat panjang. Demikian seterusnya dilakukan dengan rutin setiap hari dan setiap akhir pekan diadakan evaluasi hafalan. Metode hafalan yang digunakan dengan menggunakan 3 metode, yaitu muraja’ah, talaqqi, dan hifdz al-ayat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhoni, Zameer Ahmaed & Al-Hamad, Husam Ahmed. (2014). “A Cloud Qur’an Application Using Drupal Technology”, dalam International Journal of Web Application, 6 (1).

Ahsin W. Al-Hafidz. (2003). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Ghaith, H. (2016). Panduan Praktis Metode Tahfidz Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani.

Al-Ghautsani, Yahya bin Abdurrazzaq. (2018). Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Imam Syafi'i.

Ansari, Muhammad Iqbal dan dan Barsihanor. (2018). “Sistem Karantina Tahfidzh 1 Hari untuk Anak Usia SD/MI. Al Ibtida”, Jurnal Pendidikan Guru MI, Vol. 5 No. 2.

Arif, A. N. (2019). Strategi Pengajaran Tahfidz Al-Qur'an. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Bina Aksara.

As-Shanie’, S. I. (2008). Atsar Hifzh al-Qur’an al-Karim ‘ala al-Shihhah al-Nafsiyyah. Jurnal Al-Imam Al-Syathibi Li Al-Dirasat Al-Qur'aniyyah.

Asy-Syaibani, M. A. (2005). Bunga Rampai Metode Pengajaran Tahfidz al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Ilmiyah.

Atabik, A. (2014). The Living Qur’ an: Potret Budaya Tahfiz al-Qur’an di Nusantara. Jurnal Penelitian, 8(1).

E.Mulyasa, (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Erwin, Kurnia Wijaya. (2015). Magic Memory Alquran Bandung: Pulpen Publishing.

Guskey, T. R. (2000). Evaluating Professional Development. Corwin Press.

Hadi, Sutrisno. (2004). Metodologi Research Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayah, Nurul. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan, Ta’allum, Jurnal Vol. 04, No. 01, Juni.

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT. Refika Aditama.

Majid, Abdul. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Rosda Karya.

Moleong, Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhajir, Noeng. (1996). Metode Penelitian Kualitati. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Qomariyah, N. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pemikiran Syekh Muhammad

Arsyad Al-Banjari Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Tesis. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Qur’an, Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Malang: Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim.

Ridlwan, Burhanuddin. (2014). Kelebihan Mempelajari Al Qur’an (Studi Relevansi dengan Teori Belajar). Al Ta’dib, Volume 4 Nomor 1 Juli, hlm. 47-68.

Rijal, Fakhrul. (2016). “BELAJAR MENURUT PERSPEKTIF AL-QUR’AN”. Jurnal Handayani (JH). Vol 6 (2) Desember 2016, hlm. 82-90.

Salafuddin AS, (2018). Ngaji Metal (Metode Talqin), Jakarta Selatan: Wali Pustaka.

Scriven, M., & Coryn, C. L. S. (2008). The Logic of Evaluation. New Directions for Evaluation, 120, 7–22.

Sofyan, M. (2015). The Development of Tahfiz Qur’an Movement in The Reform Era in Indonesia. International Journal of Religious Literature and Heritage, 4(1).

Stake, R. E. (2010). Qualitative Research: Studying How Things Work. Guilford Press.

Sugiono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsa. (2012). Kamus Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya, n.d.

Sunhaji, (2013). Pembelajaran Tematik Integratif: Pendidikan Agama Islam dengan Sains. Purwokerto: Stain Press.

Suyuthi, J. (1999). Al-Itqan Fii Ulumil Qur’an. Beirut: Darul Fikri.

Thobron, Muhammad dan Musthofa, Arif. (2011). Belajar dan Pembelajara Pengembangan Wacana dan Praktek Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional, Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Warsito, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran landasan dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Rineka Putra

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Muhammad Saiful Amin, Muhamad Ikhsanudin, & Miftahudin. (2024). Strategi Pencapaian Hafalan 1 Juz 1 Tahun di Rumah Tahfidz Banyuasin Sumatera Selatan: Universitas Nurul Huda OKU Timur. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 95–102. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3428
Abstract Views: 18 | File Views: 20