Aktualisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Peserta didik melalui Pembiasaan Salat Dhuha Berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya
UIN Sunan Ampel Surabaya, SMPN 26 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3427Keywords:
Aktualisasi, Akhlakul Karimah, Salat Dhuha.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai akhlakul karimah peserta didik melalui pembiasaan salat dhuha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk memahami pengalaman dan persepsi individu terkait fenomena yang diteliti. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan salat dhuha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya efektif dalam mengaktualisasikan nilai-nilai akhlakul karimah seperti kedisiplinan, tanggung jawab, ketakwaan, ketawadhuan, keimanan, dan kebersamaan. Proses ini diawasi dan dibimbing oleh guru, serta didukung oleh orang tua, sehingga peserta didik tidak hanya disiplin dalam beribadah di sekolah tetapi juga di rumah dan lingkungan masyarakat. Kesimpulannya, program pembiasaan salat dhuha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya berhasil meningkatkan akhlak peserta didik meskipun masih terdapat beberapa hambatan. Dengan dukungan yang konsisten dari guru dan orang tua, nilai-nilai akhlakul karimah dapat terinternalisasi dengan baik dalam diri peserta didik.
Downloads
References
Alfiyah, S., & Hariyadi, B. (2022). Internalisasi Pendidikan Akhlak dalam Menguatkan Karakter Islami Siswa MI Perwanida Blitar. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 110–133.
Asmaran, A. (2018). Membaca fenomena ziarah wali di Indonesia: Memahami tradisi tabarruk dan tawassul. Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 17(2), 173–200.
Fauziyah, S. S., Romlah, S., & Komussudin, A. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas IX Di SMP Al Qona’ah Baleendah. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam Dan Anak Usia Dini, 2(1), 39–53.
Gunawan, H. (2019). Kepemimpinan Karismatik TGH Burhanuddin Dalam Menanamkan Budaya Religius di Pondok Pesantren Darus Shiddiqien NW Mertak Paok. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 106–134.
Hartini, S. (2017). Pendidikan karakter disiplin siswa di era modern sinergi orang tua dan guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(1).
Hidayah, W. (2024). Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Karakter Siswa-Siswi SMK N 1 Abung Selatan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3).
Ismail, R. (2018). Implementasi Budaya Religius Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 53–68.
Istiqomah, F., Muhajir, M., & Apud, A. (2022). Pengaruh Pembiasaan Salat Dhuha Dan Tilawah Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kecerdasan Eksistensial Siswa Kelas VIII SMP-IT Ibadurrahman Ciruas. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1.
Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321–338.
Kania, N., & Arifin, Z. (2019). Analisis kesulitan calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan prosedur newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 57–66.
Kristina, A. (2024). Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif. Deepublish.
Mahmud, A. (2019). Ciri dan Keistimewaan Akhlak dalam Islam. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 13(1), 29–40.
Meiza Vita, R. (2017). Pembinaan akhlakul karimah sebagai upaya perbaikan hasil belajar siswa kelasIV di MI Hidayatul Mubtadi-ien lirboyo kota kediri.
Nisa, R. A., & Hasan, S. (2019). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab al Barzanji Karya Syaikh Ja’far al Barzanji dan Implementasinya Dalam Pendidikan. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 50–63. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i1.586
Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Pamungkas, M. I. (2023). Akhlak Muslim Modern: Membangun Karakter Generasi Muda. Marja.
Rezzahati, N. P., & Luwih, I. M. (2021). Pentingnya Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Sebagai Implementasi Pembangunan Generasi Bangsa. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(3), 938–955.
Rorong, M. J. (2020). Fenomenologi. Deepublish.
Rosad, W. S. (2020). Pelaksanaan shalat dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu Ajibarang Wetan. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 119–138.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.
Soetari, E. (2017). Pendidikan karakter dengan pendidikan anak untuk membina akhlak islami. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 116–147.
Sormin, H., Tamrin, M. I., & Rismayeni, R. (2023). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Pelaksanaan Shalat Dhuha Berjama’ah Terhadap Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Dalam Beribadah Di MTsN 2 Agam. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(8), 723–732.
Sundari, S., Haryati, T., & Wiyono, N. (2024). Efektivitas Program Pembiasaan Pagi Di Mts Nur Anom Gringsing Batang Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(2), 115–119.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dahlia Damayanti Sholikhah, Izazul Syal Sabillah Purnama, Wiwin Luqna Hunaida, Achmad Khoirur Rozaq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.