Konsep Hypnoparenting Berbahasa Arab Sebagai Langkah Memupuk Karakter Anak yang Berbasis Islami

Authors

  • Poetri Febryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Sopian Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v10i2.2754

Abstract

Abstrak

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan menganalisis konsep hypnoparenting dalam konteks pembentukan karakter anak yang berbasis Islami melalui penggunaan bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research. Penelitian ini didasarkan pada studi pustaka dari sumber-sumber teori, literatur, dan jurnal yang relevan dengan hypnoparenting, pembentukan karakter anak, dan penggunaan bahasa Arab dalam pendidikan Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hypnoparenting merupakan metode yang menjanjikan dalam pembentukan karakter Islami pada anak. Penggunaan bahasa Arab dalam metode ini meningkatkan penghayatan nilai-nilai Islami pada anak dan membantu memperkuat identitas keagamaan mereka. Pesan-pesan positif dalam bahasa Arab yang disampaikan oleh orangtua atau pendidik saat anak tidur atau dalam kondisi relaksasi mempengaruhi pikiran bawah sadar anak, membentuk sikap, dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Konsep hypnoparenting berbahasa Arab memiliki potensi besar sebagai langkah efektif dalam memupuk karakter anak yang berbasis Islami. Penggunaan bahasa Arab dalam metode ini memberikan kekuatan tambahan dalam mengajarkan nilai-nilai agama dan memperkuat identitas keagamaan anak-anak. Dengan dukungan dan kesadaran yang tepat dari orangtua dan pendidik, pendekatan ini dapat menjadi salah satu metode yang efektif dalam membentuk generasi masa depan yang berakhlak mulia dan berlandaskan pada nilai-nilai Islam.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyadi, N. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Karakter Islami. Jpaii: Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia, 2 (3), 47-51. DOI: https://10.37251/jpaii.v2i3.600

Hasan. (2018). Penggunaan Media Hypnosis dalam Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah. Darris: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 1 (2), 136-149.

Fensi, F. (2018). Membangun Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Dalam Keluarga. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 1(1).

Firdaningrum, A., Muarifa, A., & Soimah, L. (2019). Hypnoparenting As A Way For Parents To Build Positive Personality In Children. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1), 16–21.

Insani, D. N., Arif, C., & Setiabudi, D. I. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR: Upaya Pendidik Membentuk Karakter Siswa Dalam Mempersiapkan Generasi Emas 2045 Berbasis Neurosains. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 281–289.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.

Masruroh, A. (2009). Hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan rasa percaya diri siswa-siswi di Taman Kanak-Kanak primagama kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Musrifah, M. (2016). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Edukasia Islamika, 119–133.

Nashihin, H. (2019a). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-

Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8 (1), 131–149.

Nuryadin, R., Siregar, M,. Hasyim, A.D. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Ibnu Athaillah (Perspektif Ontologi, Epistemologi, dan Asiologi). Edukasi Islami 313-326. DOI: https://10.30868/ei.v11i4.3411

Pratiwi, K., Rahmawati, I. (2022). Hypnoparenting untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu Cendekia, 13 (1), 38-41. DOI: https://doi.org/10.55426/jksi.v13i1.194

Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., Salamah, S., Sarbaitinil, S., Nazmi, R., & Djakariah, D. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER Membangun Generasi Unggul Berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rohmah, K. (2022). Mendidik anak generasi alpha di keluarga Psikolog melalui Islamic Hypnoparenting. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sakinah, G., & Sylva, A. (2021). Penerapan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode Hypnoparenting : Study Sekolah Perempuan Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 38-42.

Sani, L. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Metode Hypnoteaching di Kahfi BBC Motivator School Bintaro.

SIKHA, I. N. U. R. (2017). STUDI ANALISIS HYPNOPARENTING ISLAMI DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK BERKARAKTER POSITIF (Kajian Buku Hypnoparenting Islami Mendidik Anak Berbasis Qur’ani Karya Henny Puspitarini). UNISNU.

Setiadi, A.H. (2018). Penerapan Metode Hypnoteaching untuk Mengembangkan Maharoh Al-Kalam. Al-Ahkam: Jurnal Hukum, Sosial dan Keagamaan, 14 (1), 63-89.

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186.

Sukatin, E. R. Z., Tasifah, S., Triyanti, N., Auliah, D., Laila, I., & Patimah, S. (2020). Pendidikan anak dalam Islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 185–205.

Sukiyat, H. (2020). Strategi implementasi pendidikan karakter. Jakad Media Publishing.

Sriani. & Mawaddah. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di Era Society 5.0. Mutaaddib: Isamic Education Journal. 1 (1), 1-24

Syari, T.E.S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Sunnah sebagai Upaya Peningkatan Mutu Bina Pribadi Islami pada Peserta Didik. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen dan Pendidikan. 2 (4), 17-24.

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–302.

Zen, E., & Hermanto, Y. P. (2021). Membangun Iman Anak Melalui Keteladanan Orang Tua Ditinjau Dari Persfektif Alkitab Dan Perkembangan Anak. Davar: Jurnal Teologi, 2(1), 30–42

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Poetri Febryani, & Asep Sopian. (2023). Konsep Hypnoparenting Berbahasa Arab Sebagai Langkah Memupuk Karakter Anak yang Berbasis Islami. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 89–97. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i2.2754
Abstract Views: 200 | File Views: 203