Implementasi Pendidikan Ramah Anak Berbasis Parenting Islami Di SMP Negeri 2 Sumenep

Authors

  • Anisatul Fitri IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v10i2.2719

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Ramah Anak, Parenting Islami

Abstract

Kondisi pendidikan yang krisis adab dan etika banyak menimbulkan perundungan. Sehingga lembaga membutuhkan strategi untuk menurunkan angka perundungan melalui pendidikan ramah anak berbasis Islam.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa Tujuan Pendidikan Ramah Anak? Bagaimana Implementasi Pendidikan Ramah Anak Berbasis Parenting Islami? Bagaimana Dampak Pendidikan Ramah Anak Berbasis Parenting Islami? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang berlokasi di SMP Negeri 2 Sumenep. Peneliti sebagai instrumen, sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan perpanjangan kehadiran penelitian, ketekunan pengamatan dan  triangulasi. Hasil penelitian 1) Tujuan pendidikan ramah anak ialah sebagai dasar agar hak semua anak sama, gaya belajar menyesuaikan dengan kebutuhan anak, sekolah harus menjamin pendidikan setiap anak. 2) Implementasi pendidikan ramah anak berbasis parenting islami, setiap pagi guru menyambut siswa dengan sikap ramah, menyediakan sarana dan prasarana CCTV disetiap pojok sekolah, mengadakan deklarasi pendidikan ramah anak, membentuk agen perubahan, menyediakan kotak khusus untuk menampung segala aspirasi siswa, menciptakan suasana belajar  yang ceria, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler,. 3) Dampak pendidikan ramah anak berbasis parenting islami ialah sekolah lebih aman, menurunkan angka perundungan, sekolah memberikan kenyamanan kepada peserta didik, berkurangnya tindak bullying, menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Syaikh Jamal, Islamic Parenting, (Solo: Aqwam).

Ahmad Sanusi. 2020. “Metode Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Dan Relevansinya Terhadap Pendidikkan Nasional Telaah Pemikiran Al-Ghazali dan Abdullah Nashih Ulwan”, Jurnal Penelitian Keislaman, 16(02).

Amanda Viola. 2020 “Bentuk dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik”, Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah 5(1), Maret.

Anggraeni, Cindy. 2010 “Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di RA Daarul Falaah Tasikmalaya”, Jurnal PAUD AGAPEDIA, 5(1), Juni.

Ardini, Pupung Puspa. 2015 “Penerapan Hukuman, Bias Antara Upaya Menanamkan Disiplin Dengan Melakukan Kekerasan Terhadap Anak”, Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(Edisi 2), November.

Ayun, Qurrotu. 2017 “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak", Jurnal Thufula, 5(1), Januari-Juni.

Bafadal, Iqbal. 2021 “Parenting Islam Dalam Menekan Kecanduan Game Online Pada Remaja”, Jurnal Penelitian Keislaman, 17(01).

Budiyono. 2017 “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Keteladanan Guru Dan Orang Tua Pada Siswa Sekolah Dasar”, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PPKn III.

https://edukasi.sindonews.com/berita/12910019/144/tren-kekerasan-di-dunia-pendidikansemakin-mengkhawatirkan diakses pada Senin 05 september 2022 Pkl 07.00.

Irsyad, Mohammad. 2017 Inspirasi Nabi dalam Mendidik Anak, (Yogyakarta : Semesta Hikmah).

Kandiri. 2021 “Guru Sebagai Model dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa”, Jurnal Edupedia, 6(1), Juli.

Lailatin, Alfi. 2018 “Hubungan Penyelengaraan Program Parenting dengan Kemampuan Pengasuhan orangtua pada Anak Usia Dini di TK At-Taqwa Babatan Wiyung Surabaya”, Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 7(3).

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Ramaja Rosdakarya).

Mufiroh, Takdiroatun. 2008 Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini, (Yogyakarta : Tiara Wacana).

Ngadiyo. 2018 “Homescholing, Melejitkan Potensi Anak, Majalah Embun, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), Juli.

Roqib, Moh. 2020 Kepribadian Guru, Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru Yang Sehat di Masa Depan, (Yogyakarta: CV. Cinta Buku, Januari).

Sadullah, Uyoh. 2015. Pedadogik Ilmu Mendidik, (Bandung : Alfabeta).

Sholeh, M. Asrorun Ni’am, 2016. Panduan Madrasah dan Madrasah Ramah Anak, (Jakarta: Erlangga).

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan, (PT Raja Grafindo Persada: Jakarta).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2003/20tahun2003uu.htm, diakses pada tanggal 04 Mei 2023.

www.bphn.go.id, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2022 Tentang Perlindungan Anak.

Yembise, Yohana Susana. 2015. Panduan Sekolah Ramah Anak, Jakarta.

Yulianto, Agus. 2016. Pendidikan Ramah Anak: Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. Jurnal At-Tarbawi, 1(02).

Yumni, Auffah. 2019 “Keteladanan Nilai Pendidikan Islam Yang Teraplikasikan”, Jurnal Nizhamiyah, 9 (1).

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Anisatul Fitri. (2023). Implementasi Pendidikan Ramah Anak Berbasis Parenting Islami Di SMP Negeri 2 Sumenep. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 60–70. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i2.2719
Abstract Views: 194 | File Views: 223