Implementasi Metode Bin-Nadzar Dalam Pembelajaran Tahfidz Di SMPIT Ar-Rahmah Pacitan
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v10i2.2681Keywords:
Implementasi Metode Bin-Nadzar, Pembelajaran TahfidzAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi metode bin-nadzar dalam pembelajaran tahfidz di SMPIT Ar-Rahmah Pacitan kelas VIII grade B tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penggumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang pertama yaitu terdapat perencanaan penerapan metode bin-nadzar yang ditandai dengan adanya pengelompokan siswa dalam kegiatan pembelajaran serta adanya penyusunan rencana kegiatan pembelajaran seperti silabus dan RPP. Kedua, pelaksanaan metode bin-nadzar dalam pembelajaran tahfidz ini ditunjukkan melalui kegiatan pendahuluan dengan membaca do’a belajar. Lalu dilanjutkan kegiatan inti dengan melaksanaan hafalan tambahan serta muroja’ah dengan membaca dan melihat mushaf Al-Qur’an secara mandiri yang kemudian dilanjutkan dengan setoran kepada guru pengampu. Terakhir yaitu kegiatan penutup, dilaksanakan dengan penyampaian evaluasi dan motivasi. Kemudian hasil yang ketiga, terdapat faktor pendukung dan penghambat implementasi metode bin-nadzar. Adapun faktor pendukung meliputi: 1) adanya perencanaan pembelajaran. 2) rasa semangat pada diri siswa. 3) tingkat kecerdasan siswa. 4) kondisi psikologi siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu meliputi: 1) rasa malas dan kurangnya motivasi pada diri siswa. 2) tingkat kecerdasan yang kurang dari beberapa siswa.
Downloads
References
Amir, Syafruddin, M. Ridwan F., dan M. Isomudin. (2021). Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 31(2), 108-119
Assulthoni, Fahmi dan Ridan Muhtadi. (2020). Pola Komunikasi Pengurus Dalam Pembinaan Kedisiplinan Hafalan Al Qur'an Di Lembaga Pesantren MaQis Al-Hamidy 4 Pasean Pamekasan. Halimi: Journal of Education, 1(1), 1-22
Fahrizi, Nur dan Muhammad Zubir. (2022). Historitas Dan Otentisitas Al-Qur’an (Studi Komparatif Antara Arthur Jeffery Dengan Manna’ Al- Qathan). QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies, 1(2), 79-117
Fathah, M. Utsman Arif. (2021). Metode Tahsin Dan Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Smp Mbs Bumiayu. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 20(2), 188-203
Fatih, M. (2018). Inkremental analisis tentang desain, strategi, metodologi dan motivasi menghafal Al-Qur’an bagi tahfiz pemula. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 2(1), 1-12
Fauziyah, Afifah Azizatul. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal AlQur’an Pada Program Tahfidz di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. The Elementary Journal, 1(1), 11-19
Hidayah, Nurul. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. 4(1), 63-81
Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Halim Publishing & Distributing
Mubarokah, Syahratul. (2019). Strategi Tahfidz Al -Qur’an Mu’allimin Dan Mu’allimat Nahdlatul Wathan. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 4(1), 1-17
Mu’in, Fathul dan Rudi Santoso. (2020). Konstruksi Dan Arah Baru Pemahaman Terhadap I’jaz Al-Quran. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(1), 27-40
Najib, Mughni. (2018). Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafalkan Al Quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(3), 333-342
Pulungan, Nur R. P., M. Arsad N., Dame Siregar. (2021). Pelaksanaan Metode Bin Nazhar di Pondok Pesantren an- Nur Padangsidimpuan. Jurnal El-Thawalib, 2(1)
Rangkuti, Charles, Rustam Ependi, dan Nazrial Amin. (2023). Mengembangkan Metode Dalam Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia
Salim, A. Gazali. (2015). Peran Kitab Suci Al-Qur’an Dalam Menjaga Eksistensi Bahasa Arab. Okara: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 1-16
Tihul, Inan. (2021). Kehipnosisan Al-Qur’an (Sebuah Metodologis dalam Mengkaji Daya ‘Ijaz Al-Qur’an). Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 3(1), 1-13
Ulummudin. (2020). Memahami Hadis-hadis Keutamaan Menghafal al-Qur’an dan Kaitannya dengan Program Hafiz Indonesia di RCTI (Aplikasi Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zaid). Al Quds : Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 4(1), 57-76
Zakariah, M. Askari, Vivi Afriani, dan M. Zakariah. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Latief Pujianto, Nurul Latifatul Inayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.