Upaya Guru Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Madrasah Diniyah Amaliyatut Taqwa OKU Timur
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v10i2.2467Keywords:
Guru, Akhlak, MadrasahAbstract
Ajaran akhlak Rasulullah SAW adalah ajaran akhlak yang terkandung dalam Al-Qur'an dan mengajarkan bagaimana akhlak pribadi berkaitan dengan kehidupan sosial dan keagamaan. Penelitian ini mengeksplorasi dua tema utama. Pertama, bagaimana upaya para guru dalam meningkatkan moral siswa?" Kedua, faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat para pengajar dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan semangat siswa? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus yang dilakukan di Madrasah Diniyah Amaliatut Takwa Desa Banuayu BP. Peliung OKU Timur. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian dapat dijelaskan sesuai dengan fokus penelitian. Jadi, pertama, jawabannya tergantung pada pengakuan para guru dan orang tua dari beberapa siswa tentang status moral siswa Madrasah Diniyah Amaliyatut Takwa. Beberapa mengatakan anak didik memiliki kepribadian yang baik, yang lain mengatakan memiliki kepribadian standar. Namun demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa masih diperlukan perbaikan untuk lebih meningkatkan moral para siswa Madrasah Diniyah Amaliatut Takwa. Kedua, para pengajar dan stakholder Madrasah Diniyah Amaliatut Takwa lainnya selalu berusaha untuk meningkatkan moral siswanya. Upaya tersebut antara lain memberikan nasehat, memimpin dengan keteladanan, mendorong terus belajar untuk meningkatkan moral siswa, serta bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat untuk meningkatkan moral siswa.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penulisan Ilmiah. Jakarta: Bina Aksara.
Asmaran AS. 2002. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Departemen Agama, 1984. Akhlak-Tauhid. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Guru Agama.
_______, 1984. Akhlak – Tauhid Jilid IA Cetakan Kedua. Jakarta : Departemen Agama.
_______,1996. Buku Pelajaran Pendidikan Agama Islam : Aqidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta : Departemen Agama.
_______,1996. Buku Pelajaran Pendidikan Agama Islam : Aqidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta : Departemen Agama.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Lailatus Saidah. 2007. Peranan Pondok Pesanteren Al-Hidayah Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Di Desa Tarik Kecamatan Tarik rejo. Makalah (tidak diterbitkan), Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Akhlak Mulia. Jakarta : Gema Insani.
Moleong, Lexi. 2000. Metode Penulisan Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Tim Bina Karya Guru, 2010. Bina Akidah dan Ahlak untuk MI Kelas III. (Jakarta : Penerbit Erlangga.
_______, 2010. Bina Akidah dan Ahlak untuk MI Kelas IV. (Jakarta : Penerbit Erlangga.
_______, 2010. Bina Akidah dan Ahlak untuk MI Kelas V. (Jakarta : Penerbit Erlangga.
_______, 2010. Bina Akidah dan Ahlak untuk MI Kelas VI. (Jakarta : Penerbit Erlangga.
Tim Guru MI, 2004. Mengenal Akidah dan Akhlak untuk kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah. Surabaya : Putrama Bintang Timur.
Tim Penyusun,1995. Aqidah Akhlak 6 untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas 6. Surabaya : Sinar Wijaya.
Tim Penyusun Kamus, 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. Bandung: Alfabeta.
Wiyadi,2007. Membina Akidah dan Akhlak untuk kelas V Madrasah Ibtidaiyah kelas 5. Solo : Tiga Serangkai.
Zahri, Mustafa.1991. Kunci Memahami Ilmu Tasawuf. Surabaya: Bina Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Saiful Amin, Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.