Konsep Implementasi Penguatan Moderasi Beragama Melalui Tripusat Pendidikan

Authors

  • Mukti Ali Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Firmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.2122

Keywords:

Penguatan Moderasi Beragama, Pendidikan Moderasi Beragama, Tripusat Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep implementasi penguatan moderasi beragama bagi masyarakat melalui sarana lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan formal, nonformal maupun informal. Penelitian ini berbasis pada studi kepustakaan atas artikel jurnal dan buku yang terkait moderasi beragama dengan membandingkannya pada fakta umum internalisasi pendidikan moderasi beragama di lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis induktif, serta menerapkan teknik triangulasi untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan moderasi beragama melalui tripusat pendidikan dalam kelembagaan formal, nonformal, dan informal sebagai suatu usaha yang bersifat sinergis dan tidak terpisahkan. Dalam hal ini, masing-masing lembaga berkontribusi berdasarkan fungsi dan peranan yang dimilikinya dalam ruang lingkup masing-masing. Lembaga pendidikan menjadi wahana yang sangat efektif dalam upaya penguatan karakter peserta didik yang berwawasan luas, terbuka, dan toleran dalam dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, M. K., & Islamy, M. I. (2021). Moderasi Beragama: Penanaman Pada Lembaga Pendidikan Formal Dan Nonformal. Nizham Journal of Islamic Studies, 9(02), 57-69.

Astuti, K. D., & Arif, M. (2021). Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hajar Dewantara di Era Covid 19. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 202-207.

Aziz, A. A., et. al. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bekerja sama dengan Lembaga Daulat Bangsa.

Firmansyah, F. (2020). Pendampingan Penyusunan Silabus Pengajian Majelis Taklim At-Taqwa Desa Muara Batun Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 4(1), 54-62.

Firmansyah, F. (2022). Tinjauan Filosofis Tujuan Pendidikan Islam. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1), 47-63.

Haryani, E. (2020). Pendidikan Moderasi Beragama untuk Generasi Milenial: Studi Kasus “Lone Wolf” Pada Anak di Medan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(2), 145–158.

Musolin, M. & Nisa, K. (2021). Pendidikan Masa Pandemik Covid 19: Implementasi Konsep Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4134-4144.

Nai’ma, D. B. A. & Bakri, S. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan. Academica, 5(2), 421-434.

Nurhidin, E. (2021). Strategi Implementasi Moderasi Beragama M. Quraish Shihab Dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 115-129.

Priatmoko, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren Di Madrasah. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 1-10.

Rosyadi, A. R., Supriadi, D., & Rabbanie, M. D. (2022). Tinjauan Terhadap Tripusat Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02). 563-580.

Saputra, M. N. A., Mubin, M. N., Abrori, A. M., & Handayani, R. (2021). Deradikalisasi Paham Radikal Di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 282-296.

Rizqiyyatunnisa, R., & Mahdi, N. I. (2021). Penyelenggaraan PAUD Formal, Non Formal dan Informal Di KB TK IK Keluarga Ceria. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(1), 54-74.

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Mukti Ali, & Firmansyah. (2023). Konsep Implementasi Penguatan Moderasi Beragama Melalui Tripusat Pendidikan. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 50–54. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.2122
Abstract Views: 925 | File Views: 956