Urgensi Psikologi Pendidikan Perspektif al-Qur'an dan Sosial
Keywords:
Urgensi, Psikologi, al-Qur’an, SosialAbstract
Belajar merupakan proses interaksi subjek belajar dengan lingkungan belajar. Permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran adalah sulitnya membangun jiwa saling mengerti, memahami dan menghargai antara berbagai pihak sebagai unsur pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan urgensi psikologi pendidikan perspektif al-Qur’an dan sosial sebagai yang dipandang sebagai salah satu cara untuk memahami kharakteristik, profil belajar, dan potensi peserta didik secara menyeluruh serta menepis dikotomi keduanya seagai ilmu yang terpisah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pengumpulan data melalui penggalian berbagai literasi yang relevan dengan topik penelitian. Teknik analisis menggunakan teknik analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) psikologi dengan pendidikan atau pembelajaran tidak dapat dipisahkan dalam pendidikan Islam. Hal ini merupakan manifestasi dari al-Qur’an sebagai sumber utama ilmu pengetahuan. 2) Terdapat banyak ayat al-Qur’an yang mengisyaratkan psikologi yang diistilahkan kepada kata nafs dan ruh. Firman Allah Swt dalam al-Qur’an mengungkap pentingnya mempelajari psikologi pendidikan dalam rangka mencapai kepribadian islami mutmainnah. 3) pada aspek sosial, psikologi pendidikan merupakan jembatan dalam interaksi sosial yang lebih baik.
Downloads
References
Abdullah, M. F. M. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.462
Achmad, M. (2021). INTEGRASI SAINS DAN AGAMA: Peluang dan Tantangan bagi Universitas Islam Indonesia. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 2(1), 50–68. http://abhats.org/index.php/abhats/article/view/21%0Ahttps://abhats.org/index.php/abhats/article/download/21/20
Refika, I. (2019). Urgensi Ilmu Psikologi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Nathiqiyah |Vol, 2(1), 13–25. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Nathiqiyyah/article/view/45
Ahmadi, A. (2003). Psikologi Umum. PT RINEKA CIPTA.
Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (1991). Psikologi belajar.
Aqlima, S., Wardiana, W., & ... (2022). Urgensi Psikologi Dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Dasar Islam. Abdau: Jurnal Pendidikan …, 5(1), 20–34. https://mail.stpi-bim.ac.id/jurnalbaru/index.php/ABDAU/article/view/213
Ariyanto, M. D. (2020). Al Quran dan hadis sebagai sumber psikologi. SUHUF Universitas Muhammadiyah Surakarta, 32(1), 91–99.
Asfiyah, W., & Ilham, L. (2019). Urgensi Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Hadist Dan Psikologi Perkembangan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 1–20. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-01
Aslamiyah, S., & Nurhayati. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Perubahan Psikologis, Sosial dan Ekonomi Pasien Covid-19 di Kelurahan Dendang, Langkat, Sumatera Utara. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56–69. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.664
Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77
Daulay, N. (2014). Bulletin of Counseling and Psychotherapy. In Bulletin of Counseling and Psychotherapy (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.51214/bocp.v3i1.49https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp/article/view/49https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp
DAULAY, N. (2019). Urgensi landasan psikologi. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 76–88.
Dodi, N. (2016). Pentingnya Guru Untuk Mempelajari Psikologi Pendidikan. Ilmu Pengetahuan Sosial, 1, 59–63.
Dr. Vladimir, V. F. (2021). Psikologi Pendidikan Dan Strategi Membentuk Kepribadian Islami Perspektif Al-Qur’an. Gastronomía Ecuatoriana Y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Eva, N. (2022). BUKU Psikologi Pembelajaran (Issue May). Jakarta : Kencana
Fabriar, S. R. (2019). Urgensi Psikologi Dalam Aktivitas Dakwah. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 11(2). https://doi.org/10.34001/an.v11i2.1027
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Fahyuni & Istikomah. (2016). Kunci Sukses Guru dan Peserta didik dalam Interaksi Edukatif Page i. 206. http://eprints.umsida.ac.id/738/2/PSIKOLOGI BLJR-NEW BOOK.pdf
Fatharani, A. N., & Ekariani, W. S. (2021). Father involvement dalam tahap perkembangan anak berdasarkan pesepektif al-Qur’an dan hadist. In International Seminar on Islamic Religion (ISoIR).
Firdaus, F. (2014). Urgensi Psikologi Agama Dalam Pendidikan. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 9(2), 19–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/alAdyan/article/view/1413
Haryadi, R., & Cludia, C. (2021). Pentingnya Psikologi Pendidikan Bagi Guru. Academy of Education Journal, 12(2), 275–284. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.448
Iswardhany, R., & Rahayu, S. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Di Jurusan Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 1 Cilaku Cianjur. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 78–88. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36342
Jumahir, J. (2020). KONSEP MULTIDISIPLINER MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Psikologi dalam Materi Pendidikan Agama Islam). Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2). https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.84
Mubarak, M. (2017). Urgensi Psikologi Islam Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studia Insania, 5(2), 215. https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1503
Mubarok, A. (2018). Psikologi Dakwah. Jakarta : Kencana.
Mughni, M. S., Marzuk, M., Mughni, M. S., & Marzuk, M. (2022). AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies TAFSIR AYAT PSIKOLOGI Memaknai Ayat Al- Qur ’ an Tentang Resiliensi Jiwa Dan Urgensinya Dalam Kehidupan Sosial. 5(4), 101–115. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.319.
Muhaimin. (2014). Pengembangan Kurikulum Pai. Jipk, 9(2), 20–67.
Nur, D. E., Yahya, M., & Jaya, H. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Psikologi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 6(2). https://doi.org/10.26858/mekom.v6i2.13837
Rahman, A. M., & Abid, D. F. (2022). Tahap Perkembangan Moral Anak Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. AKHLAQUL KARIMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 38–51.
Rofidah, L. (2021). Urgensi Psikologi Massa dalam Perencanaan Dakwah di Youtube. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 12(2), 105–113. https://doi.org/10.32505/hikmah.v12i2.3008
Saifuddin, A. (2020). Psikologi Agama Implementasi Psikologi untuk Memahami Perilaku Agama. Kencana.
Sofiyan, A. (2019). Interpretasi Ayat-ayat Psikologi Dalam Surat Yusuf. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadits, 11(2), 155–186. https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v11i2.4395
Sulandari, S., Wijayanti, M., & Pornamasari, R. D. (2017). Keterlibatan Lansia Dalam Pengajian: Manfaat Spiritual, Sosial, Dan Psikologis. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2). https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i2.2906
Sulfan Wandi, S. W. (2018). Eksistensi ‘Urf dan Adat Kebiasaan Sebagai Dalil Fiqh. SAMARAH: Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, 2(1), 181. https://doi.org/10.22373/sjhk.v2i1.3111
Suparlan, S. (2018). Psikologi Dan Kepribadian Perspektif Al-Quran. Humanika, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/hum.v8i1.21005
Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan Implikasi Dalam Pembelajaran. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Girl, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2020). Urgensi Aplikasi Psikologi Pendidikan. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama …, 3(1). http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/bhuwana/article/view/806
Wasiso, A. J., & Winarsih, S. M. (2020). Pengaruh model pembelajaran dan sikap sosial terhadap hasil belajar Sejarah SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.23590
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kurnia Fitri Andani, Wahidah Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

