Manajemen Mutu Madrasah Aliyah Swasta di Pondok Pesantren (Studi kasus pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Pemetung Basuki, Madrasah Aliyah Nurul Huda Sukaraja dan Madrasah Aliyah Sidogede di Kabupaten OKU Timur)

Authors

  • Supangat Universitas Nurul Huda
  • Aflatun Muchtar Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang
  • Ismail Sukardi Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.2112

Abstract

Penelitian ini untuk mencari jawaban tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindakan perbaikan mutu madrasah. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik Analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu; Pertama, Perencanaan mutu melibatkan pihak yayasan dan seluruh pengelola. Kedua, Pelaksanaan mutu direncanakan sebelumnya oleh masing-masing madrasah berbentuk isi kurikulum, berupa kurikulum 2013 dan KTSP. Ketiga, Pelaksanaan monitoring dan evaluasi mutu dilakukan secara internal dan eksternal. Keempat, Perbaikan mutu yang dilaksanakan olehi pengelola dan penyelenggara madrasah dalam hal ini pihak yayasan. Dari hasil identifikasi masalah tersebut kemudian dijadikan sebuah alur perbaikan yang nantinya dijadikan persiapan program untuk mewujudkan madrasah lebih bermutu di masa mendatang. Kelima, Manajemen mutu yang diterapkan memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan. Kesamaannya memiliki kesepakatan bersama untuk senantiasa melakukan pengembangan manajemen mutu untuk menjadi lebih baik. Perbedaan pada standar mutu yang digunakan sesuai dengan rujukan masing-masing yang dipakai berdasarkan latar belakang pendidikan para pengasuh lembaga Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aedi, Nur dan Amaliyah, Nurrohmatul, Manajemen Kurikulum Sekolah, (Yogyakarta: Gosyen Publising, 2016).

Aedi, Nur, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta: Gosyen Publising, 2016).

Agus Suradika, Andry Priharta, Herwina Bahar, Efa Miyati, The Influence of School-Based Management Implementation on the Improvement of Education Quality in Primary Schools”, Journal of Hunan University Natural Sciences ISSN 1674-2974 Home > Vol 48, No 4 (2021) > Priharta, Herwina Bahar, Efa Miyati

Anwar, Ali, Pembaharuan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).

Anwar, Moch Idochi, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013)

Aqib, Zaenal, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, (Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2015).

Aziz Ahmad Zaini, “Manajemen Berbasis Sekolah: Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah” el-Tarbawi P-ISSN: 1979-9985 E-ISSN: 2714-5492 published by The Department of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Indonesia.

Aziz, Safrudin, Manajemen Mutu Perguruan Tinggi (Koreksi dan Implementasi), (Yogyakarta: Gava Media, 2016).

Bafadal, Ibrahim, Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif, (dalam Metodologi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis), (Malang: Lembaga Penelitian UNISMA.

Barwani dan Arifin, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (Teori dan Praktik), (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017).

Darmadi, Hamid, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Teori Konsep Dasar dan Implementasi), (Bandung: Alfabeta, 2014).

Daryanto, Administrasi dan Manajemen Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).

Depdiknas, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, (Jakarta: Depdiknas, 2001).

Djam’an, Satori dan Komariah Aan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2011).

Dyah Indraswati, “Implementasi Manajemen Mutu di SDN Prambon” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), Home / Archives / Vol. 5 No. 1 (2020): Volume 5, Nomor 1, September 2020

Edward, Sallis, Total Quality Management in Education; Manajemen Mutu Pendidikan,terj. Ahmad Ali Riyadi, et.al., , Cet. IV, (Yogyakarta, IRCiSoD: 2006).

Gunawan, Imam dan Benty, Djum Djum Noor, Manajemen Pendidikan (Suatu Pengantar dan Praktik), (Bandung: Alfabeta, 2017).

Haerana, Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan; Teori dan Aplikasinya, (Yogyakarta: Media Akademi, 2016).

Hamiyah, Nur dan Jauhar, Mohammad, Pengantar Manajemen di Sekolah, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2015).

Hendarman, Revolusi Kinerja Kepala Sekolah, (Jakarta: Permata Puri Media, 2015).

J.W, Creswell, Researceh Design (Thrid Edition), (California: SAGE Publication. Inc , 2009).

Jahari, Jaja dan Syarbini, Amirulloh, Manajemen Madrasah; Teori, Strategi dan Implementasi, (Bandung: Alfabeta, 2013).

Kurniawan, Aceng, Faktor Determinan Mutu Madrasah Aliyah (Studi Tentang Pengaruh Kinerja Kepala, Kinerja Komite, Budaya Mutu, dan Kinerja Mengajar Guru terhadap Mutu Madrasah Aliyah Swasta Terakreditasi B Se-Kabupaten Bandung), Disertasi (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 2014).

Makbuloh, Deden, Manajemen Mutu Pendidikan Islam (Model Pengembangan Teori dan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu), (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011).

Maman Herman, Citra Mulya, Sigit Apriyanto,” The Implementation Of Education Financing Through Bos Fund Management In Improving Education Quality”, Jurnal Inspiratif Pendidikan Is Published And Managed By Department Of Islamic Education Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar issn Print: 2337-6767 Issn Electronic: 2655-4445

Manab, Abdullah, Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kualitatif, (Yogyakarta: Kalimedia, 2015).

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006).

Muhaimin, dkk., Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah), (Jakarta: Putra Grafika, 2012).

Musfah, Jejen, ManaJemen Pendidikan (Teori, Kebijakan dan Praktik), (Jakarta: Kencana, 2017).

Nasution, M. Nur Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajemen), (Bogor, Ghalia Indonesia: 2005).

Pawito, Penelitian Komunikasi Kualitatif Cetakan Pertama, (Yogyakarta : LkiS, 2007).

Pedoman Penulisan Disertasi Program Doktor Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Palembang 2016.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia, (Jakarta: Rineka Cipta, 2011).

Purwanto, Ngalim, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2010).

Rafiie, Said Achmad Kabiru Manajemen; Teori dan Praktik, (Bandung: Alfabeta, 2017).

Rahamat, Abdullah, Manajemen Humas Sekolah, (Yogyakarta: Media Akademi, 2016).

Rohiat, Manajemen Sekolah; Teori Dasar dan Praktik, (Bandung: PT Refika Aditama, 2012).

Rosyada, Dede, Madrasah dan Profesionalesme Guru; Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah, (Depok: Kencana, 2017).

Sani, Ridwan Abdullah, dkk., Penjaminan Mutu Sekolah, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015).

Siregar, Sofian, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014).

Sudijono, Anas, Pengantar Statistika Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND, (Bandung: Alfa Beta, 2014).

Suryosubroto, B., Manajemen Pendidikan di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Susanto, Ahmad, Konsep Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, (Jakarta: Kencana, 2016).

Terry, George R. dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh, (Jakarta: Bumi Aksara, 2000).

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan, (Bandung; Alfabeta, 2009).

Usman, Husaini, Manajemen (Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4), Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014).

Wibowo, Budaya Organisasi (Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang), (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2016).

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Supangat, Aflatun Muchtar, & Ismail Sukardi. (2023). Manajemen Mutu Madrasah Aliyah Swasta di Pondok Pesantren (Studi kasus pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Pemetung Basuki, Madrasah Aliyah Nurul Huda Sukaraja dan Madrasah Aliyah Sidogede di Kabupaten OKU Timur). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 39–49. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.2112
Abstract Views: 173 | File Views: 187