Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Santri pada Pondok Pesantren Darussalamah
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.1843Keywords:
pesantren, Karakter Santri, BudayaAbstract
- Peenelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darussalamah Muda Sentosa, pada bulan Maret sampai Juli 2022 yang bertujuan : 1) mengetahui bagaimana penerapan budaya pesantren dalam membangun karakter santri di Pondok Pesantren Darussalamah; 2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membangun karakter santri di Pondok Pesantren Darussalamah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa;1) Budaya pesantren dalam bidang keilmuan seperti muwajahah. Bidang akhlak seperti memberikan penanaman perilaku berbicara dengan sopan kepada semua orang terutama kepada orang yang lebih tua darinya. bidang sosial pondok pesantren Darussalamah menerapkannya dengan mengikutsertakan santri dalam setiap kegiatan kemasyarakatan dan saling bergotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan pondok pesantren. 2) Faktor pendukung nya yaitu pondok pesantren Darussalamah memiliki sumber daya manusia yang baik, sumber belajar yang memiliki sanad yang jelas dan mudah dipahami, dan lingkungan yang sangat kooperatif. Selain faktor pendukung terdapat faktor penghambatnya, yaitu terdapat beberapa santri yang perlu pembelajaran ekstra dalam memahami materi yang diberikan, terdapat beberapa wali santri yang perlu diberikan pemahaman terhadap beberapa hal yang berkaitan dengan pondok pesantren. Dan keterbatasan pengawasan, yang tidak selalu 24 jam full mengawasi para santri
Downloads
References
Achmad, Muchaddam Fahham. 2020. Pendidikan Pesantren Pola Pengasuhan. Pembentukan Karakter, Dan Perlindungan Anak. Depok: Publica Institute Jakarta.
Agus, Wibowo. 2017. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Alhamuddin dan Fahmi Fatwa Rosyadi Satria Hamdani. 2018. ‘Hidden Curriculum: Polarisasi
Istifadah Eviatul, Suhartono dan H. Mu’arif. 2020. Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Ula Dalam Membentuk Karakter Santri, AlI’tibar:JurnalPendidikan Islam,Vol.7No.1.
Koentjaraningrat. 2015. Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
Kompri. 2018. Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta:Prenada media Group.
Iqbal, Hasan. 2002. Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Mohammad, Thoha dan Abd. 2018. Kitab Kuning Dan Dinamika Studi Keislaman. Pamekasan: Duta Media Publishing.
Muhammad, Faizul Husnayain. 2016. ‘Kepemimpinan Pendidikan Di Pesantren’, JurnalPendidikanIslamurnal Pendidikan Islam, Vol.5.No.
Nasrullah, Nurdin. 2019. Generasi Emas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Riyadi,AhmadAli. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta : Teras.
Rofik, Ainur. Pembaruan Pesantren (Responter hadap Tuntutan Transformas iGlobal). 2012. STAIN Jember Press
Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta .
Shaleh, Abdul Rachman. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan Visi, Misi dan Aksi, Jakarta : PT. Gemawindu Pancarekayasa.
Suhartono. 2017. Konsep Pendidikan Seumur Hidup, Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, (Vol.3 No.1).
TimDiknas. 2003. UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Yogyakarta: Cemerlang Publisher.
Umar, Suhairi. 2019. Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid. Yogyakarta:Group Penerbitan CV BudiUtama.
Yenni, Fitra Surya. 2017. “Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi,Vol. 1.
Yunus Abidin. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: PT. Refika Aditama.
Yusuf, Ali Anwar. 2003. Studi Agama Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitri Rohdiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.