Internalisasi Nilai Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumberejo Tanggamus

Authors

  • Arum Nur Afifah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Metro
  • Iswati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Metro
  • M. Ihsan Dacholfany Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Metro

Keywords:

Internalisasi, Nilai Toleransi, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Nilai toleransi merupakan nilai yang sangat penting yang harus di internalisasikan di sekolah. Nilai toleransi yaitu nilai yang masuk ke dalam nilai karakter yang harus ada dalam diri peserta didik menurut Kemendiknas (Kemendikbud). Keberagaman suku, agama dan ras ada kalanya berpotensi menyebabkan beberapa permasalahan tertentu khususnya dalam bidang pendidikan. Untuk itu lembaga pendidikan memiliki tugas penting dalam menginternalisasikan nilai toleransi di sekolah salah satunya di SMP Negeri 1 Sumberejo Tanggamus.Tujuan penelitian ini yaitu, Untuk mengetahui internalisasi nilai toleransi melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sumberejo Tanggamus seta faktor pendukung dan faktor penghambatnya

                Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan fenomenologi. Hasil penelitian ini yaitu siswa menerapkan nilai toleransi dengan cukup baik di sekolah seperti sikap saling menghargai, memahami, menghormati, tidak mencela dan tidak membeda-bedakan agama dan suku. Hal ini di dorong dengan upaya sekolah dengan memberikan program kegiatan yang semua siswa ikut dalam kegiatan tersebut tanpa di beda-bedakan. Keberhasilan juga di capai guru pendidikan agama Islam dengan menginternalisasikan nilai toleransi di kelas dalam proses belajar mengajar menggunakan metode pendekatan kognitif, pengkondisian, pembiasaan, dan keteladanan. Faktor pendukung dari sekolah seperti fasilitas yang memadai. Dan pihak sekolah mampu mengikuti dan menjalankan internalisasi nilai toleransi dengan baik. Faktor penghambat kurang tersedianya tenaga pengajar agama untuk setiap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jirhanudin, , (2010) Perbandingan Agama Pengantar Studi Memahami Agama-Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

John W. Cresweel, (2010), Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta : Pustaka Belajar,

Kama Abdul Hakam, Encep Syarief Nurdin, (2016), Metode Internalisasi Nilai-Nilai Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter, Bandung : CV. Maulana Media Grafika.

Kementrian Agama RI, Al Qur’an dan terjemahannya, Bandung: Diponegoro, 2012

Khairiah (Ed), 2005, Multikultural Dalam Pendidikan Islam, Bengkulu.

M. Ainul Yaqin, 2005, Pendidikan Multikultural Cross-Cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan, (Yogyakarta : Pilar Media).

Nugrahani Farida, (2014), Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Surakarta,.

Panji Purnomo, Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi (Studi Pada Mahasiswa Prodi PPKN Universitas Kahuripan Kediri), Jurnal Koulutus.

Saifullah Idris, Internalisasi Dalam Pendidikan (Konsep dan Kerangka Pembelajaran dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Darussalam Publishing, 2017.

Sandi Robi, Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Taruna Bandar Lampung, Skripsi Di Terbitkan, Lampung UIN Raden Intan Lampung, 2021.

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,

Titik Sunarti Widyaningsih, dkk, (2014), Internalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP Dalam Perspektif Fenomenologis, Fondasi dan Aplikasi, Jurnal Pembanguan Pendidikan, Vol. 2, (No. 2).

Wiratna Sujarweni , (2021) ,Metodologi Penelitian Lengkap,Praktis, dan Mudah Di pahami, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Afifah, A. N., Iswati, & Dacholfany, M. I. (2022). Internalisasi Nilai Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumberejo Tanggamus. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 110–115. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1789
Abstract Views: 27 | File Views: 34