Konsep Modernisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun

Authors

  • Anas Nur Wahidin Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Metro
  • Iswati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Metro
  • Prabowo Adi Widayat Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Metro

Keywords:

Modernisasi, Ibnu Khaldun, Modernisasi Pendidikan Agama

Abstract

Sebagai bentuk kritikan sekaligus perbaikan sistem Pendidikan Agama Islam, Ibnu Khaldun menyampaikan gagasannya berkenaan dengan modernisasi proses pendidikan. Penelitian ini membahas pemikiran Ibnu Khaldun tentang potret konsep modernisasi yang ditawarkan oleh Ibnu Khaldun, perlunya perwujudan konsep modernisasi Ibnu Khaldun dalam Undang-undang Sisdiknas, dan Implementasi modernisasi Pendidikan Agama Islam perspektif Ibnu Khaldun di tingkat Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif kepustakaan, untuk membahas permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian study tokoh dengan pendekatan library research, yang menkaji secara teoritis dan mendalam untuk kemudian mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam hendaknya tidak hanya diarahkan pada pemahaman nilai-nilai Islam yang berkutat pada pemaparan teori, melainkan peserta didik perlu dihadapkan dengan realitas sosial, sistematisasi materi, dan  pematangan pondasi nilai-nilai Islam untuk kemudian mampu menjadi lulusan yang bisa bersaing dan cakap dengan dunia modern. Perwujudan konsep modernisasi Pendidikan Agama Islam Ibnu Khaldun dalam Sistem Pendidikan Nasional perlu dilakukan, hal ini dikarenakan konsep modernisasi Pendidikan Agama Islam dalam perspektif Ibnu Khaldun sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai yang disepakati dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 dan sesuai dengan tuntutan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harahap, Syahrin. 2006. Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam. Jakarta. Istiqomah Mulya Press.

Khaldun, Ibnu. 2019. Mukaddimah Ibnu Khaldun. Jakart. Wali Puataka.

Kurniawati, Eka. 2019. Pentingnya Literasi Media Sosial. Sukabumi. Haura Media.

Nawawi, Hadari. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Soleh Ahmad. 2020. Tantangan Membumikan Literasi di Era Digital. Sukabumi. Haura Utama.

Sujidono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan,. Jakarta. PT. Raja Grafindo.

Tampubolon, Hotner. 2017. Modernisasi Pendidikan Suatu Perspektif. Jakarta. Papas Sinar Sinanti.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Nomor 20 tahun 2003.

Yasin, A. Fatah. 2008. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam,. Malang. UIN Malang Press.

Jauhari. 2020. Konsep Pendidikan Ibn Khaldun dan Relevansinya Terhadap Pendidikan di Era Modern. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 9. Nomor 1.

Rahmah, Naelia. 2019. Konsep Metode Pembelajaran Perspektif Ibnu Khaldun Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Masa Kini. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 1. Nomor 1.

Rohmah. 2012. Relevansi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dengan Pendidikan Modern. Jurnal Forum Tarbiyah, Volume 10. Nomor 2.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Wahidin, A. N., Iswati, & Widayat, P. A. (2022). Konsep Modernisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 103–109. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1788
Abstract Views: 45 | File Views: 49