Tantangan Lembaga Pendidikan Menghadapi New Normal Covid-19 Di Era Society 5.0

Authors

  • Tiana Tantri Universitas Nurul Huda
  • Ika Prediana Universitas Nurul Huda
  • Nur Fauzi Universitas Nurul Huda
  • Marlina Universitas Nurul Huda

Keywords:

Tantangan Pendidikan, Lembaga Pendidikan, Covid-19, Era Society 5.0

Abstract

Eksplorasi ini diarahkan untuk mengetahui kesulitan guru dalam melaksanakan pembelajaran gratis di masa new normal virus corona dan masa masyarakat 5.0 untuk menjadikan zaman yang berkualitas. Pemeriksaan ini memiliki tempat dengan jenis eksplorasi kuantitatif yang jelas dengan teknik pengumpulan informasi penelitian kepustakaan. Untuk menghadapi masa masyarakat 5.0, satuan-satuan ajar juga membutuhkan penyesuaian pandangan dunia edukatif. Diantaranya, pengajar membatasi tugas sebagai pemasok materi pembelajaran, guru menjadi motivasi bagi pengembangan inovasi siswa. Guru bertindak sebagai fasilitator, mentor, motivasi, dan siswa sejati yang membangkitkan siswa untuk belajar bagaimana menjadi bebas.

Strategi program “Peluang Belajar” ini mencakup empat pendekatan pokok, yaitu Asesmen Menyeluruh USBN, UN diganti dengan evaluasi penilaian, disingkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan penyusunan Penerimaan Mahasiswa Baru ( PPDB) lebih mudah beradaptasi. Kesempatan untuk belajar akan menjadikan pelatihan yang berkualitas bagi setiap individu Indonesia. Pengerjaan SDM, dua instruktur dan kepala, membutuhkan lingkungan yang layak dan arahan global sehingga mereka dapat menjawab kesulitan dunia menghadapi masa kerusuhan modern 4.0 menuju periode masyarakat 5.0. Pemanfaatan pembelajaran gratis di Era Masyarakat 5.0 tentunya banyak mengalami kesulitan, khususnya bagi para guru. Guru harus memanfaatkan perkembangan yang berbeda seperti Internet on Things (web untuk segalanya), Artificial Intelligence (penalaran terkomputerisasi), banyak informasi, dan robot untuk bekerja pada sifat keberadaan manusia. Kehadiran masa masyarakat 5.0 yang merupakan penyempurnaan dari masa 4.0 merupakan isu besar sekaligus peluang yang luar biasa bagi persekolahan kita. Pendidik yang menjadi daya dorong utama dalam ranah pelatihan di masa masyarakat 5.0 mengutamakan keterampilan yang memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astini, Ni Komang Suni.2022. "TANTANGAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA ERA NEW NORMAL COVID-19 DAN ERA SOCIETY 5.0." LAMPUHYANG 13.1 (2022): 164-180.

Taufik, Ahmad, and Dedi Heriansah. 2021."Pendidikan Madrasah dalam New Normal." Edification Journal: Pendidikan Agama Islam 3.2 : 211-220.

Datuk, Amirulah, and Arifin Arifin. 2020. "Tantangan Dunia Pendidikan di Nusa Tenggara Timur dalam Menyikapi Era Disrupsi & Era New Normal." Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo. Vol. 1. No. 01.

Rafsanjani, Ahmad Irawan. 2020. "Kebijakan pendidikan di era new normal."

Efendy, Rustan, et al. 2020"New Reality sebagai Akibat Pandemi Global dan Tantangan di Era New Normal.": 63-80.

Irawan, Edi, et al. 2020. Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.

Laksono, FX Anjar Tri. 2021. "Tantangan Pembelajaran Mahasiswa Teknik Geologi dalam Menghadapi Kampus Merdeka dan Masa New Normal." Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen : 131.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Tantri, T., Prediana, I., Fauzi, N., & Marlina. (2022). Tantangan Lembaga Pendidikan Menghadapi New Normal Covid-19 Di Era Society 5.0. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 92–102. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1721
Abstract Views: 26 | File Views: 17