Penerapan Cara Membaca al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Utsmani Terhadap Mahasiswa di Asrama Miftahul Huda

Authors

  • Gunawan Patoni Amin Universitas Nurul Huda
  • Ahmad Sodikin Universitas Nurul Huda
  • Muhamad Ihsanudin Universitas Nurul Huda

Keywords:

Penerapan, Metode Utsmani, Membaca Al Qur'an

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetagui cara apa yang digunakan oleh seorang pendidik memberikan pengembangan SDM kepada generasi penerus bangsa, khususnya  pendidikan agama, dan faktor-faktor yang  mendukung dan menghambat dan penyelesaian. Deskriptif kualitatif yang dipilih oleh peneliti dalam mencari informasi-informasi dilapangan, dengan maksud yaitu berupa penjelasan secara fakta dan akurat tentang yang diteliti, baik dari data  maupun keterangan dari seseorang. Metode untuk mengindentifikasi lembaga atau informan yaitu wawancara, interview dan dokumentasi yang mana peneliti langsung terjun dilapangan. Sehingga, nantinya hasil dari pada penelitian ini dapat memaparkan pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode utsmani pada mahasiswa di asrama Miftahul Huda sangat baik dengan tetap menerapkan prinsip dan strategi metode utsmani, hal tersebut menjadi acuan atau cara keberhasilan dalam pembelajaran metode utsmani.  Selain itu juga ada beberapa faktor yang menghambat dalam proses tersebut seperti: media yang digunakan dan sikap peserta didik, dan adapun faktor pendukungnya ialah lingkungan yang berada pada pondok pesantren serta tidak sedikit masyarakat atau santri senior yang telah belajar menggunakan metode utsmani tersebut. Usaha yang dilakukan diantaranya: 1.) Memotivasi pentingnya membaca al-Qur’an dengan tartil dengan sesuai kaidah tajwid yang berlaku, dan 2.) memberikan sarana dan prasarana terhadap peserta didik untuk mengulang pembelajaran (nderes) di luar waktu yang disediakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI, Al-Qur‟an dan Terjemahnya

FITRIANI, Z. (2015). PENERAPAN METODE USMANI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI DI TPQ DARUL MA’ARIF DAYU NGLEGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015.

Hanafi, I., & Muhammad Akmansyah, A. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 19(1).

Hasanah, A. (2017). Penerapan Metode Usmani dalam Pembelajaran Al-Qur’an Santri TPQ Nurul Iman Garum Blitar.

Kurniawati, D. Penerapan Metode Utsmani Dalam Pembelajaran Al-Qur'an di PTQ Al Utsmani Jakarta Timur (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Mardikah, W. B. (2020). Implementasi metode Usmani untuk mengatasi kesulitan membaca al Quran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ahmad, Supriyadi, dkk.2007. Modul Pratikum; Qira’at Al-Qur’an. Jakarta: UIN Syarif

Hidayatullah.

Moleong, Lexy J.2005. “Metode Penelitian Kualitatif”.330. Bandung: Rosda Karya.

Ni'mah, U. K. (2021). Penerapan Metode Usmani Dalam Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU 153 Roudlotul Huda Carangrejo Sampung Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

RI, Departemen Agama. 2010. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Departemen Agama RI Jilid IX.

S. Margono. 2004. Metode Penelitian Pendidikan,Jakarta: Renika Cipta.

Saiful Bakhri Abu Najibullah. 2010. Buku Panduan Guru Pengajar Al-Qur’an (PGPQ) Usmani, Blitar:

Shihab, M. Quraish.2003. Mukjizat Al-qur’an, Bandung, Mizan.

Sugiono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”., 219. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin, Ahmad. 1994. Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai al-

Qur’an, Jakarata, Gema Insani.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Amin, G. P., Sodikin, A., & Ihsanudin, M. (2022). Penerapan Cara Membaca al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Utsmani Terhadap Mahasiswa di Asrama Miftahul Huda . Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 74–82. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1704
Abstract Views: 18 | File Views: 24