Pendidikan Karakter Religius Dan Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Pembiasaan Sholawat Bahriyah Kubro Pra Pembelajaran

Authors

  • Naeilil Azizah Universitas Nurul Huda
  • Sholeh Hasan Universitas Nurul Huda
  • Suhartono Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v9i2.1703

Keywords:

Pembiasaan, Sholawat Bahriyah Kubro, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu peneliti dengan menggunakan pengamatan langsung dilapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi dan catatan lapangan. Uji keabsahan mengguanakan triangulasi sumber, tringulasi teknik, triangulasi waktu. penguraian data dilakukan dengan  mengumpulkan data dari berbagai sumber, kemudian data disajikan atau penarikan kesimpulan verifikasi. Pembiasaan sholawat bahriyah kubro ini efektif diterapkan di SMK Nurul Huda Sukaraja karena didukung oleh seluruh dewan guru, siswa, dan anggota ikhsan. Metode pelaksanaaan pembacaan sholawat bahriyah kubro pra pembelajaran SMK Nurul Huda Sukaraja 2022 yaitu: Metode pembiasaan dan metode menghafal. kegiatan kegiatan yang memfokuskan pada pendidikan karakter religius dan disiplin siswa banyak sekali program-program yang ada disekolah diantaranya : kegiatan lalaran pagi, ektrskulikuler, dan sekolah diniyah. Pendukung  Pendidikan Karakter Religius Dan Disiplin Siswa Melalui Pembiasaan Sholawat Bahriyah Kubro Pra Pembelajaran Siswa SMK Nurul Huda Sukaraja yaitu : Sholawat merupakan satu-satunya amalan yang langsung diterima oleh Allah SWT, Didukung oleh semua tenaga pendidik, ikhsan dan pengasuh SMK Nurul Huda Sukaraja. sedangkan penghambatnya kedisiplinan siswa datang kesekolah, Masih ada yang sulit untuk penghafalan, Kurangnya kesadaran siswa tentang betapa pentingnya bersholawat. Dan solusi mengatasi hambatan itu diantaranya: Teguran peringatan dan hukuman, memberikan keteladanan baik guru ataupun pengurus ikhsan, memberi Nasihat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Pesera Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia.

Aulina, Choirunnisak. 2013. Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini: Jurnal Pedagogia Vol.2 No.1

Dahliana, A. (2017). Penguatan Karakter Melalui Kegiatan. Jurnal Sosiologi, Vol.5 No 1.

Gunawan, HERI. (2014). Pendidikan Karakter Dan Konsep Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kristiawan, M.(2015). A Model Of Educational Character In High School Al Istiqomah Simpang Empat, West Pasaman, West Sumatera. Reseach Journal Of Education, 1(2), 15-20.

Magfiroh, L Desyanty, E.S., & Rahma, R.A(2019). Pembentukann Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Non Formal, 14(1), 54-67.

Maragustam Siregar,. 2010. Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna, Yogyakarta: Nuha Litera.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Bandung. Alfabelta.

Syafri, Ulil Amri. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Alqur’an, Jakarta: Rajawali Pres.

Thomas Lickona.2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik, Bandung: Nusa Media.

Utami, S.W (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa, Jurnal Pendidikan, 4 (1), 63-66.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Azizah, N., Hasan, S., & Suhartono. (2022). Pendidikan Karakter Religius Dan Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Pembiasaan Sholawat Bahriyah Kubro Pra Pembelajaran. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 68–73. https://doi.org/10.30599/jpia.v9i2.1703
Abstract Views: 362 | File Views: 338