Strategi Pembelajaran Daring PAI Menggunakan Media WhatsApp untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa

Authors

  • Leni Marlina Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Suhartono Suhartono Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Marlina Marlina Universitas Nurul Huda OKU Timur

Keywords:

Strategi Pembelajaran Daring, WhatsApp, Kemampuan Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui strategi pengorganisasian pembelajaran daring PAI dengan menggunakan media WhatsApp untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa 2) Mengetahui strategi penyampaian pembelajaran daring PAI dengan menggunakan media WhatsApp untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang telah memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai sektor, terutama pendidikan. Pemerintah memberikan kebijakan untuk tetap berada di rumah dengan melakukan kegiatan belajar online atau dalam jaringan (Daring) untuk seluruh pelajar Sekolah Dasar, menengah, atas serta perguruan tinggi. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah menggunakan studi kasus. Teknik analisis data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas. Hasil penelitian: (1) Strategi pengorganisasian pembelajaran daring PAI dengan menggunakan media WhatsApp untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa meliputi: a) mengorganisasi isi pelajaran yang terdiri dari mengorganisasi isi pelajaran secara keseluruhan dan mengorganisasi isi pelajaran per materi/bab; b) pengorganisasian peserta didik; c) pengorganisasian sistem pembelajaran. (2) Strategi penyampaian pembelajaran daring PAI dengan menggunakan media WhatsApp untuk meningkatkan kemampuan kognitif , guru harus memperhatikan 3 hal yaitu: a) Media dan metode yang digunakan; b) interaksi peserta didik dengan media; c) bentuk belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Departemen Agama RI. 2015. Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka. Tanggerang Selatan: Kalim. Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marlina, M. (2019). Studi Korelasi Disiplin Dalam Pembelajaran Dengan Kinerja Guru Di. 6(1), 45–49.

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press. Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Mustofa, Bisri. 2012. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung

Prawiradilaga, Dewi Salma, Diana Ariani, dan Hilman Handoko. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E- Learnig. Jakarta: Kencana.

Ratnasari, R., Qomarudin, M., & Marlina, M. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–45.

Ratnasari, R., Qomarudin, M., & Marlina, M. (2021). Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 92-96. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1100.

Sanjaya, Ridwan. 2020. Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Unversitas katolik Soegijapranata

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Santoso, B. Harry, Fadly Adrian, Panca O. Hadi Putra. 2020. Mengemas Materi Online Learning. Yogyakarta: Andi

Sodikin, A. (2019). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderat Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 76-86.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syamsu Yusuf L. N,. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Marlina, L., Suhartono, S., & Marlina, M. (2022). Strategi Pembelajaran Daring PAI Menggunakan Media WhatsApp untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 52–58. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1468
Abstract Views: 442 | File Views: 274