Analisis Aliran-Aliran Pemikiran Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Roni Adriansyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • H.Syahroni Ma’shum
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1105

Keywords:

Analisis, Aliran pemikiran, Pendidikan Islam

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseacrh) dengan menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu dengan jalan mengumpulkan data, menyusun atau mengklarifikasi, menyusun dan menginterpretasinya (Surakhmad, 1980:147). Metode deskriptif yang dipilih karena penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menggambarkan dengan jelas tentang objek yang diteliti secara alamiah (Djajasudarma 1993:8-9).

Pemahaman terhadap berbagai aliran pendidikan memiliki arti yang sangat penting, ketika seorang pendidik ataupun calon pendidik hendak menangkap hakikat dari setiap dinamika perkembangan pemikiran tentang pendidikan yang tengah terjadi. Bagaimanapun juga aliran-aliran pendidikan pada dasarnya merupakan gagasan dari para pemikir yang cukup berpengaruh secara luas pada jamannya, sehingga tidak dapat diabaikan. Pemahaman terhadap pemikiran-pemikiran yang demikian dianggap penting, dalam pendidikan karena akan menjadi bekal bagi tenaga pendidik, sehingga memiliki wawasan historis yang lebih luas, lagi pula juga dapat menambah ketajaman analisisnya dalam mengaitkan antara keberadaan masa lampau dengan tuntutan dan kebutuhan masa kini dalam rangka mengantisipasi masa yang akan datang.

Kata Kunci: Analisis, aliran pemikiran, pendidikan islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Mujib. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Penada Media.
Ahmad D. Marimba. 1980. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam Cet. I; Bandung: al-Ma’arif.
Amien Rais M. 2008. Cakrawala Islam: Antara Cita dan Fakta. Bandung: Mizan.
Drajat Zakiah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara.
Ekosusilo, Madyo. 1990. Dasar-Dasar Pendidikan. Semarang: Effhar Offset Semarang.
Hafid, Anwar. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Kartono, Kartini. 1981. Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis.
Khosin. 2006. Tipologi Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
Mas’ud, dkk. 2002. Tipologi Pondok Pesantren. Jakarta: Putra Kencana.
Ramayulis. 2015. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia.
Salahudin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Idris, Zahara. 1987. Dasar-dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya Padang
Sukarjo, M., dan Ukim Komarudin. 2010. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya.Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Chornaidi dan Salamah. 2018. Pendidikan dan Pengajaran (Strategi Pembelajaran Sekolah). Jakarta:PT Grasundo.
Handayama.Jumanta.2017.Metodologi Pengajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
https://fahmiw.wordpress.com/2015/11/14/aliran-dalam-pendidikan-empirisme-nativisme-naturalisme-konvergensi/
Al-Abrasy, Muh. Athiyah. (1975). "Al-Tarbiyah Al-Islamiyah wa Falasifatuha". (Cet. III). Kairo: Isa Al-Bab Al-Halaby.
Al-Jufy, Abu Abdillah Muhammad Ibn Al-Bukhary. (1992). "Shahih Bukhariy". Juz 1 (Cet. I). Beirut: Dar Al-Fikr Al-Ilmiy.
Al-Nahlawi, Abd. Rahman. "Ushul At-Tarbiyah Al-Islamiyah wa Asalibuha fi Al-Bait wa Al-Madrasah wa Al-Mujtama'". Damasq: Dar Al-Fikr.
Arief, Armai. (2002). "Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam". Jakarta: Ciputat Pers.
Barandib, Imam. (1987). " Filsafat pendidikan; Sistem dan Metode". Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fak. Ilmu Pendidikan IKIP.
Darajat, Zakiyah. (1996). "Ilmu Pendidikan Islam". (Cet. III). Jakarta: Bina Aksara.
Departemen Agama RI. (2006). "Al Qur'an dan Terjemahnya". Edisi Terkini Revisi Tahun 2006. Surabaya: Duta Ilmu Surabaya.
Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam. (1994). "Ensiklopedia Islam". Jilid III. (Cet. III). Jakarta: Ichtiar Baru-Van Hoeve.
Getteng, Abd. Rahman. (1997). "Pendidikan Islam dalam Pembangunan". Ujungpandang: Yayasan Al-Ahkam.
Jalaluddin dan Abdullah Idi. (1997). "Filsafat Pendidikan". (Cet. I). Jakarta: Gaya Media Pratama.
Kadir, Abdul. (2012). "Dasar-Dasar Pendidikan". Makassar: Kencana Prenada Media Group.
Khaeruddin. (2002). "Ilmu Pendidikan Islam". Makassar:CV Berkah Utami.
Miskawaih,Ibn. (1997). "Tahzib Al-Akhlak" diterjemahkan oleh Helmi Hidayat dengan judul "Menuju Kesempurnaan Akhlak". (Cet. III). Bandung: Mizan.
Munir Ba'laba'kiy. (1985). "Al-Maurid; A Modern English Arabic Dictionary". Beirut: Dar Al-Ilm Al-Malayin.
Munir Mursiy Sarhan. (1987). "Fi Ijtimaiyyah Al-Tarbiyah". (Cet. II). Mesir: Maktabah Al-Anjlu Al-Misriyyah.
Prasetya. (1997). "Filsafat Pendidikan". (Cet. I). Bandung: Pustaka Setia.
Purwanto, M. Ngalim. (1995). "Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis". Edisi II (Cet. VIII). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuhairirni. Al. (1991). "Filsafat Pendidikan Islam". (Cet. II). Jakarta: Bumi Aksara.
Sarwono, Sarito Wirawan. (1991). "Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi". (Cet. III). Jakarta: Bulan Bintang
Smits, Titus. dan Nolan. (1984). "Living Isseu in Philoshopy" diterjemahkan oleh Muhammad Rasyidi dengan judul "Persoalan-persoalan Filsafat". (Cet. I). Jakarta: Bulan Bintang.
Syah, Muhibbin. (1995). "Psikologi Pendidikan; Suatu Pendekatan Baru". (Cet. II). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1995). "Kamus Besar Bahasa Indonesia". Edisi II (Cet. IV). Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Adriansyah, R., Ma’shum, H., & Permana, H. (2022). Analisis Aliran-Aliran Pemikiran Dalam Pendidikan Islam. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 29–34. https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1105
Abstract Views: 5000 | File Views: 8534