Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim Terhadap Pembentukan Sikap Tawadhu’ Siswa MA Nurul Huda
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1101Keywords:
Pembelajaran Kitab, Kitab Ta'lim Muta'alim, Sikap Tawadhu'Abstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui Proses pembelajaran, proses pembentukan sikap tawadhu’ dan pengaruh pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim terhadap pembentukan sikap tawadhu’ siswa. penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskrptif kuantitatif Pengajaran Ta’limul Muta’allim atau yang sering dikenal dengan pengajaran akhlak yang bertujuan untuk membentuk pribadi muslim yang berakhlak tinggi dan mulia dalam arti hubungannya dengan Allah SWT maupun hubungannya sesama manusia. Sikap tawadhu’ merupakan wujud dari sikap manusia terdidik. Siswa MA Nurul Huda Sukaraja Buay Madang OKU Timur memperoleh pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim pada pengajaran Diniyah untuk seluruh siswa wajib mengikuti pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim tersebut baik siswa yang berasrama maupun siswa yang tidak berasrama.
References
Andromo, 2017, Aplikasi Panduan SPSS.
As’ad, Aliy, 2007, TerjemahanTa’limul Muta’alim Bimbingan Bagi Penuntun Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta : Menara Kudus.
Matraji, Abdullah Ubaid. ‘Reinveinting’ Kitab Kuning dalam Tradisi Pesantren. Dalam Mihrab. Vol.II, No.2, Juni 2008.
Syaikh Az Zarnuji,1995. Ta’lim Muta’alim, Terjemahan Abdul Qodir Ahmad, Surabaya : Mutiara Ilmu
Fitriyah, L., Marlina, M., & Suryani, S. (2019). Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Titian Ilmu, 11(1), 20–30.
Machali, I. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Prodi Manajemen Pendidikan Islam.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode apenelitian Pendidikan (Ke-1). Bandung: Alfabeta.