Konsep Pendidikan Akhlak Wanita Dalam Kitab Al-Mar’ah Ash-Sholihah Dan Penerapannya Di Dalam Kehidupan Wanita
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v7i2.1097Keywords:
Konsep, Pendidikan akhlak, Kitab Al-Mar’ah Ash-Sholihah, Kehidupan WanitaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui konsep pendidikan akhlak wanita dalam kitab Al-Mar’ah Ash-sholihah 2) mengetahui kontribusi penerapan konsep pendidikan akhlak wanita di dalam kehidupan wanita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitiaan (liberay reserach). Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Adapun teknik analisis data menguatkan Content Analysis, dan upaya untuk memeriksa keabsahan data dengan menggunakan teknik ketekunan pengamat, teknik berdiskusi sesama teman dan pakar agama untuk memeriksa ihwal penelitiaan ini. Penelitian ini berusahan menjawab pertanyaan. Bagaimana konsep pendidikan akhlak terhadap teman dalam kitab Al-Mar’ah Ash-Sholihah karya KH. Masruha Al-Maghfuri melalui analisis induktif dihasilkan. Dalam pembahasan akhlak yaitu mendidik seorang wanita agar hati-hati dalam memilih teman, tidak berburuk sangka kepada temannya, jika punya janji harus ditepati, jangan berbicara bohong supaya dipercayai, mendidik wanita agar dalam pembicaraan yang terdapat kebaikan danjangan membongkar rahasia teman, teman mengahdapi kesusahan dibantu. Banyak pembelajaran yang bisa diambil dari kitab tersebut, terlebih bagaimana pendidikan akhlak wanita terhadap teman, sehingga seseorang memiliki akhlak yang baik atau dapat dikatakan dengan akhlakul karimah. Kitab Al-Mar’ah Ash-sholihah dapat dijadikan rujukan bagi peserta didik atau pendidik dan umat muslim pada umumnya dalam pendidikan akhlak.
Downloads
References
Al-Mundziri, Zaki Al-Din’ Abd Al-Azhim. 2009. Ringkasan Shahih Muslim.Mizan. Bandung.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitiaan Menurut Pendekatan Praktis. Jakarta :Rineka Cipta.
Burhanudin, Tamyiz. 2001. Akhlak Pesantren, Solusi Bagi Kerusakan Akhlak. Ittaqa press. Yogyakarta.
Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemah Special For Woman. Sy9ma Exagrafika
Hadhiri, Choiruddin. 2015. Akhlak dan Adab Islami, Menuju Pribadi Muslim Ideal. PT. Bhuana Ilmu Populer (Qibla). Jakarta.
Indra, Hasbi dkk. 2004. Potret Wanita Shalihah. Penamadani. Jakarta.
Jumali, Surtikanti, Taurat Aly, dan Sundar. 2004. Landasan Pendidikan. Muhamadiyah University Press. Surakarta.
Kamal bin Sayyid Salim, Abu Malik. 2017. Fiqhus Sunnah Lin Nisa, Panduaan Fikih Lengkap Bagi Wanita Menguraikan Hukum-hukum Fiqih yang Wajib Diketahui oleh Setiap Muslimah. Pustaka Arafah. Solo.
Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Akhlak Mulia. Gema Insani Press. Jakarta.
Makbuloh, Deden. 20013. Pendidikan Agama Islam, arah baru pengembangan ilmu dan kepribadiaan di perguruaan tinggi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
MOLeong, Lexy J. 2009. Metodelogi Penelitiaan Kualitatif, Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Muchtar, Heri Jauhari. 2008. Fiqih Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Balai Pustaka. Jakarta.
Utami, Puji Nur. 2017. Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara. Diakses pada 31 Mei pukul 04:29. ( http: //eripository.Perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1717)
Putra, Ary Antony. 2017. Konsep Pendidikan Agama Islam Persefektif Imam Al-Ghazali. Diakses pada 24 Agustus. (http://journal.uir.ac.id./index.php/althariqah/article/view/617)
Nurhayati, Nurhayati.2014. Akhlak dan hubungannyadengan kaidah dalam islam.
http:// jurnal.arraniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/291/267
Utami, diakses 31 Mei 2017 pukul 04:29 http://eripository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1717
Putra, diakses pada 24 Agustus 2017.(http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/617)
.