Analisis Nilai – Nilai Wawasan Kebangsaan dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 8

Authors

  • Sahrul Kamal Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tajuddin Noor Universitas Singaperbangsan Karawang
  • Taufik Mustofa Universitas Singaperbangsan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1081

Keywords:

Buku Ajar, Pendidikan Agama Islam, Wawasan Kebangsaan

Abstract

Wawasan kebangsaan adalah semangat cinta tanah air, menghargai perbedaan yang ada, dan selalu menjunjung persatuan dan kesatuan. Nilai – nilai kebangsaan dapat diupayakan dalam kehidupan sehari - hari peserta didik sebagai peningkatan sikap nasionalisme dalam menjunjung negara Indonesia. Wawasan kebangsaan didapatkan dalam pengetahuan di sekolah, buku ajar tentu menjadi hal utama sebagai jembatan antara guru dengan pesera didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep nilai – nilai wawasan kebangsaan yang terdapat pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 8. Penelitian ini menggunakan metode penelitan pustaka (library research) dan menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah dalam 14 bab di dalam buku pelajaran terdapat 10bab yang termasuk ke dalam 6 nilai – nilai wawasan kebangsaan, yaitu : 1) Penghargaan terhadap Harkat dan Martabat Manusia sebagai Makhluk Ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa terdapat pada bab 1. 2) Tekad Bersama untuk Berkehidupan Kebangsaan yang Bebas, Merdeka, dan Bersatu pada bab 3 dan bab 4. 3) Cinta tanah air dan bangsa pada bab 13 dan bab 14. 4) Demokasi atau Kedaulatan Rakyat pada bab 9. 5) Kesetiakawanan Sosial terdapat pada bab 8 dan bab 11. 6) Masyarakat adil dan makmur terdapat pada bab 6 dan bab 7.

 

Kata kunci: Buku Ajar, Pendidikan Agama Islam, Wawasan Kebangsaan

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Afifah F. N. (2020). Demokrasi dalam Al-Qur’an: Implementasi Demokrasi di Indonesia. Jurnal Kaca. Vol. 10, No. 1.

Al-Qur’an Terjemah dan Tajwid. (2014). Kemetrian Agama Republik Indonesia. Sygma: Bandung.

Alim, Muhammad. (2011). Pendidikan Agama Islam (Upaya Pembentukkan Pemikiran dan Kepribadian Muslim). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementrian Keuangan Republik Indonesia. (2017). Wawasan Kebangsaan. Pusdiklat PSDM. Jakarta.

Darajat Zakiyah, dkk. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Daryanto & Suryatri, Darmiatun. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.

Herdiawanto, H. & Hamdayama, J. (2010). Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Jakarta: Erlangga.

Huda Rohmadi, Syamsul. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Araska.

Millah, E. dkk. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). E-journal Bio Edu. Vol. 1

Muzakkir & Dani, A. U. (2020). Analisis Nilai-Nilai Kebangsaan dan Kebhinekaan di Madrasah Madani Alauddin Makassar. Vol. 9, No. 2.

Octavian, W. A. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai – Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari – Hari sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. Vol. 5, No. 2.

Shihab, Muhammad Quraish. (2012). Tafsir Al Mishbah. Jakarta : Lentera Hati.

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Kamal, S., Noor, T., & Mustofa, T. (2022). Analisis Nilai – Nilai Wawasan Kebangsaan dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 8. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 12–20. https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1081
Abstract Views: 1002 | File Views: 719