Stop Bullying Melalui Implementasi Living Values Education Program

Authors

  • Suryandari Suryandari Universitas Alma Ata
  • An-Nisa Apriani Universitas Alma Ata
  • Galih Albara Shidiq Universitas Alma Ata
  • Yusinta Dwi Ariyani Universitas Alma Ata
  • Ismanto Ismanto Universitas Alma Ata
  • Ruwet Rusiyono Universitas Alma Ata
  • Indah Perdana Sari Universitas Alma Ata
  • Endi Rochaendi Universitas Alma Ata

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3392

Keywords:

Kurikulum Merdeka, LVEP, Stop Bullying.

Abstract

Kasus kekerasan fisik atau tenah disebut dengan istilah bullying kini  telah menjadi isu hangat yang dibicarakan Masyarakat. Bullying atau perundungan merupakan sikap agresif seseorang atau kelompok kepada korban dalam usaha menyakiti baiks secara fisik maupun emosional. Kasus bullying kini tengah menjadi kasus yang marak terjadi, sehingga banyak intervensi berbasis sekolah yang telah melaksanakan program pencegahan perundungan dengan  senantiasa menerapkan perilaku stop bullying secara intens, agar budaya stop bullying dapat terwujud. Salah satu program yang dapat dilakukan adalah pemberian perhatian yang dapat diberikan berupa edukasi nilai moral pada kehidupan sehari-hari baik secara verbal maupun tindakan berbasis nilai-nilai Living Values Education Program (LVEP). Tujuan kegiatan ini berorientasi pada: 1) memberikan  Pengetahuan guru atau pendidik terkait jenis-jenis bullying, nilai-nilai LVEP, dan implementasi LVEP pada kegiatan belajar mengajar, 2) melatih implementasi LVEP  pada kegiatan belajar mengajar dengan proyek pengembangan RPP, dan 3) mengetahui tingkat kepuasan peserta kegiatan. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksankaan dengan metode yang bervariatif yakni sosialiasi, pendampingan hingga asessmen. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Ngemplak yang merupakan salah satu sekolah dasar penggerak di kabupaten Kulon Progo Yogyakarta dan Fasilitator Sekolah Penggerak pada November 2023. Hasil rangkaian sosialisasi dan pendampingan menunjukkan ketercapaian pengetahuan terkait materi yang diberikan berhasil  dimana guru atau pendidik mampu mengimplementasikan LVEP  pada kegiatan belajar mengajar dengan skor RPP yang dikembangkan memperoleh nilai 89 dengan kategori “sangat baik”. Selain itu, survei kepuasan peserta terhadap kegiatan memperoleh skor 100% yang setara dengan kategori “sangat puas”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, A.-N. (2019). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Anti-radikalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).116-128

Apriani, A.-N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. (2017). PENGARUH LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM (LVEP) TERHADAP PENANAMAN KARAKTER NASIONALISME SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1947

Francis, J., Strobel, N., Trapp, G., Pearce, N., Vaz, S., Christian, H., Runions, K., Martin, K., & Cross, D. (2022). How does the school built environment impact students’ bullying behaviour? A scoping review. Social Science & Medicine, 314, 115451. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2022.115451

Garandeau, C. F., Turunen, T., Saarento-Zaprudin, S., & Salmivalli, C. (2023). Effects of the KiVa anti-bullying program on defending behavior: Investigating individual-level mechanisms of change. Journal of School Psychology, 99, 101226. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2023.101226

Hasan, Md. M., Fatima, Y., Smith, S. S., Tariqujjaman, Md., Jatrana, S., & Mamun, A. A. (2022). Geographical variations in the association between bullying victimization and sleep loss among adolescents: A population-based study of 91 countries. Sleep Medicine, 90, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.sleep.2021.12.014

Hidayana, W., & Apriani, A.-N. (2023). Pengaruh Living Values Education Program Terhadap Penguatan Karakter Religius Pada Siswa Kelas V SD 3 Pengalusan. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(2).95-106

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PELAJAR PANCASILA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621

Kallman, J., Han, J., & Vanderbilt, D. L. (2021). What is bullying? Clinics in Integrated Care, 5, 100046. https://doi.org/10.1016/j.intcar.2021.100046

Kemdikbud, K. (2021). Profil Pelajar Pancasila. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/profil-pelajar-pancasila/pengertian/

KPAI, K. (2023a, October 19). Data Kasus Perlindungan Anak dari Media Tahun 2023 | Bank Data Perlindungan Anak. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-dari-media-tahun-2023

KPAI, K. (2023b, October 19). Data Kasus Perlindungan Anak dari Pengaduan ke KPAI Tahun 2023 | Bank Data Perlindungan Anak. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-dari-pengaduan-ke-kpai-tahun-2023

Muhammad, N. (2023). Kasus Perundungan Sekolah Paling Banyak Terjadi di SD dan SMP hingga Agustus 2023 | Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/07/kasus-perundungan-sekolah-paling-banyak-terjadi-di-sd-dan-smp-hingga-agustus-2023

Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mencegah Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Sosialisasi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i2.3706

N.k.s, D. M., Adeliya, H. Y., Subakti, T. J., Febrianti, A. D. A., Marisa, D., Rakhmawati, N. L., & Fiantika, F. R. (2023). PENYULUHAN SAY NO TO BULLYING SEBAGAI PENCEGAHAN BULLYING SISWA SDN KEDUNGSUMUR 3 SIDOARJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18842

Putri, M. A., Apriani, A.-N., & Sari, I. P. (2022a). Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang LVEP Sebagai Program Penguatan Pendidikan Karakter di Kawasan Wisata Banjaran. Jurnal Indonesia Mengabdi, 4(2), 48–54. https://doi.org/10.30599/jimi.v4i2.2067

Putri, M. A., Apriani, A.-N., & Sari, I. P. (2022b). Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang LVEP Sebagai Program Penguatan Pendidikan Karakter di Kawasan Wisata Banjaran. Jurnal Indonesia Mengabdi, 4(2), 48–54. https://doi.org/10.30599/jimi.v4i2.2067

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Saleh, A., Hapsah, H., Krisnawati, W., & Erfina, E. (2021). Parenting style and bullying behavior in adolescents. Enfermería Clínica, 31, S640–S643. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2021.07.009

Sarif, N. R., Sejati, R. A., & Apriani, A.-N. (2021). LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER ANAK DI ERA MILENIAL. Edusoshum : Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Humaniora, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.52366/edusoshum.v1i2.17

Sekolah Penggerak. (2021). Sekolah Penggerak. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/

Sulistiawati, C., Nurfadilah, Y. A., Harisiyah, H. I., Hanifa, M., Putriana, N. D., & Archianti, P. (2019). Pekan Angan: Usaha Mengatasi Trauma Kekerasan pada Anak. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(2), 34–36. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i2.503

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Suryandari, S., Apriani, A.-N., Shidiq , G. A., Ariyani, Y. D., Ismanto , I., Rusiyono , R., Sari , I. P., & Rochaendi , E. (2024). Stop Bullying Melalui Implementasi Living Values Education Program. Jurnal Indonesia Mengabdi, 6(1), 23–30. https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3392
Abstract Views: 26 | File Views: 11