Stop Bullying Melalui Implementasi Living Values Education Program
DOI:
https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3392Keywords:
Kurikulum Merdeka, LVEP, Stop Bullying.Abstract
Kasus kekerasan fisik atau tenah disebut dengan istilah bullying kini telah menjadi isu hangat yang dibicarakan Masyarakat. Bullying atau perundungan merupakan sikap agresif seseorang atau kelompok kepada korban dalam usaha menyakiti baiks secara fisik maupun emosional. Kasus bullying kini tengah menjadi kasus yang marak terjadi, sehingga banyak intervensi berbasis sekolah yang telah melaksanakan program pencegahan perundungan dengan senantiasa menerapkan perilaku stop bullying secara intens, agar budaya stop bullying dapat terwujud. Salah satu program yang dapat dilakukan adalah pemberian perhatian yang dapat diberikan berupa edukasi nilai moral pada kehidupan sehari-hari baik secara verbal maupun tindakan berbasis nilai-nilai Living Values Education Program (LVEP). Tujuan kegiatan ini berorientasi pada: 1) memberikan Pengetahuan guru atau pendidik terkait jenis-jenis bullying, nilai-nilai LVEP, dan implementasi LVEP pada kegiatan belajar mengajar, 2) melatih implementasi LVEP pada kegiatan belajar mengajar dengan proyek pengembangan RPP, dan 3) mengetahui tingkat kepuasan peserta kegiatan. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksankaan dengan metode yang bervariatif yakni sosialiasi, pendampingan hingga asessmen. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Ngemplak yang merupakan salah satu sekolah dasar penggerak di kabupaten Kulon Progo Yogyakarta dan Fasilitator Sekolah Penggerak pada November 2023. Hasil rangkaian sosialisasi dan pendampingan menunjukkan ketercapaian pengetahuan terkait materi yang diberikan berhasil dimana guru atau pendidik mampu mengimplementasikan LVEP pada kegiatan belajar mengajar dengan skor RPP yang dikembangkan memperoleh nilai 89 dengan kategori “sangat baik”. Selain itu, survei kepuasan peserta terhadap kegiatan memperoleh skor 100% yang setara dengan kategori “sangat puas”.
Downloads
References
Apriani, A.-N. (2019). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Anti-radikalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).116-128
Apriani, A.-N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. (2017). PENGARUH LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM (LVEP) TERHADAP PENANAMAN KARAKTER NASIONALISME SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1947
Francis, J., Strobel, N., Trapp, G., Pearce, N., Vaz, S., Christian, H., Runions, K., Martin, K., & Cross, D. (2022). How does the school built environment impact students’ bullying behaviour? A scoping review. Social Science & Medicine, 314, 115451. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2022.115451
Garandeau, C. F., Turunen, T., Saarento-Zaprudin, S., & Salmivalli, C. (2023). Effects of the KiVa anti-bullying program on defending behavior: Investigating individual-level mechanisms of change. Journal of School Psychology, 99, 101226. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2023.101226
Hasan, Md. M., Fatima, Y., Smith, S. S., Tariqujjaman, Md., Jatrana, S., & Mamun, A. A. (2022). Geographical variations in the association between bullying victimization and sleep loss among adolescents: A population-based study of 91 countries. Sleep Medicine, 90, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.sleep.2021.12.014
Hidayana, W., & Apriani, A.-N. (2023). Pengaruh Living Values Education Program Terhadap Penguatan Karakter Religius Pada Siswa Kelas V SD 3 Pengalusan. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(2).95-106
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PELAJAR PANCASILA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621
Kallman, J., Han, J., & Vanderbilt, D. L. (2021). What is bullying? Clinics in Integrated Care, 5, 100046. https://doi.org/10.1016/j.intcar.2021.100046
Kemdikbud, K. (2021). Profil Pelajar Pancasila. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/profil-pelajar-pancasila/pengertian/
KPAI, K. (2023a, October 19). Data Kasus Perlindungan Anak dari Media Tahun 2023 | Bank Data Perlindungan Anak. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-dari-media-tahun-2023
KPAI, K. (2023b, October 19). Data Kasus Perlindungan Anak dari Pengaduan ke KPAI Tahun 2023 | Bank Data Perlindungan Anak. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-dari-pengaduan-ke-kpai-tahun-2023
Muhammad, N. (2023). Kasus Perundungan Sekolah Paling Banyak Terjadi di SD dan SMP hingga Agustus 2023 | Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/07/kasus-perundungan-sekolah-paling-banyak-terjadi-di-sd-dan-smp-hingga-agustus-2023
Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mencegah Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Sosialisasi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i2.3706
N.k.s, D. M., Adeliya, H. Y., Subakti, T. J., Febrianti, A. D. A., Marisa, D., Rakhmawati, N. L., & Fiantika, F. R. (2023). PENYULUHAN SAY NO TO BULLYING SEBAGAI PENCEGAHAN BULLYING SISWA SDN KEDUNGSUMUR 3 SIDOARJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18842
Putri, M. A., Apriani, A.-N., & Sari, I. P. (2022a). Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang LVEP Sebagai Program Penguatan Pendidikan Karakter di Kawasan Wisata Banjaran. Jurnal Indonesia Mengabdi, 4(2), 48–54. https://doi.org/10.30599/jimi.v4i2.2067
Putri, M. A., Apriani, A.-N., & Sari, I. P. (2022b). Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang LVEP Sebagai Program Penguatan Pendidikan Karakter di Kawasan Wisata Banjaran. Jurnal Indonesia Mengabdi, 4(2), 48–54. https://doi.org/10.30599/jimi.v4i2.2067
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Saleh, A., Hapsah, H., Krisnawati, W., & Erfina, E. (2021). Parenting style and bullying behavior in adolescents. Enfermería Clínica, 31, S640–S643. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2021.07.009
Sarif, N. R., Sejati, R. A., & Apriani, A.-N. (2021). LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER ANAK DI ERA MILENIAL. Edusoshum : Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Humaniora, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.52366/edusoshum.v1i2.17
Sekolah Penggerak. (2021). Sekolah Penggerak. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/
Sulistiawati, C., Nurfadilah, Y. A., Harisiyah, H. I., Hanifa, M., Putriana, N. D., & Archianti, P. (2019). Pekan Angan: Usaha Mengatasi Trauma Kekerasan pada Anak. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(2), 34–36. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i2.503
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suryandari Suryandari, An-Nisa Apriani, Galih Albara Shidiq , Yusinta Dwi Ariyani, Ismanto Ismanto , Ruwet Rusiyono , Indah Perdana Sari , Endi Rochaendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.