Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah Dasar melalui Kegiatan Pondok Ramadan
DOI:
https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3378Keywords:
bahaya bullying, sosialisasi, sekolah dasar.Abstract
Bullying merupakan tindakan yang tidak terpuji. Bullying bisa terjadi dimanapun, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar kita. Oleh karena itu, perlu adanya pencegahan tindakan bullying. Pelaksanaan sosialisasi dilakukan di wisata edukasi Kampung Coklat Blitar Jawa Timur yang mengadakan kegiatan pondok ramadan. Peserta kegiatan berjumlah 5 sekolah dasar di kecamatan Kademangan Blitar. Pendekatan pengabdian yang digunakan Participatory action research (PAR) sedangkan Metode yang digunakan berupa projek, ceramah, ice breaking, pembagian poster bahaya bullying dan audiovisual. Dampak dari pencegahan tindakan bullying di sekolah dasar melalui kegiatan pondok ramadan dapat menambah pemahaman siswa dalam tiga hal berupa 1). pemahaman siswa terkait dengan bahaya dan jenis bullying, 2). pemahaman tentang regulasi dan hukuman pelaku bullying, 3). dampak bagi korban atau pelaku bulliying.
Downloads
References
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset, Malang.
Annur, M. (2024, Februari 20). Ada 30 Kasus Bullying Sepanjang 2023, Mayoritas Terjadi di SMP [Articel]. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/20/ada-30-kasus-bullying-sepanjang-2023-mayoritas-terjadi-di-smp
Aranditio, S. (2024, Januari 1). Kasus Perundungan di Sekolah Meningkat Selama 2023. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/12/31/kasus-perundungan-di-sekolah-semakin-meningkat-pada-2023
Bafadhal, F., & Rohayati, W. (2021). Sosialisasi Stop Bullying (Perundungan) di SMA/SMK Muhammadiyah Singkut Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Jurnal Gramaswara, 1(2), 40–47. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2021.001.02.04
Iskandar, Y. Z., Suryani, N., & Marlina, N. (2023). Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 01(01), 66–74.
Ismail, I. (2019). Pentingnya Sosialisasi bagi Anak. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30829/jisa.v2i1.5406
Jumarnis, S. A., Anugerah, J. C., & Sinaga, Y. J. (2023). Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Bullying Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1103–1117. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6398
Kartini, U., & Kusmanto, A. S. (2022). Efektivitas Generasi Unggul terhadap Penerapan Inovasi Berkarakter Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(8), Article 8. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v1i8.2321
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2018). Survey Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Lusiana, S. N. E., & Arifin, S. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman, 10(02).
Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054
Prasetyo, A. B. E. (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak. EL-TARBAWI, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol4.iss1.art2
Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian, 10(2).
Rachma, A. W. (2022). Upaya Pencegahan Bullying di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837
Rahman, A. F. S., Sriwahyuni, W., Hakim, A. R., Azhar, F., Octavia Cahyani, M., Elyunandri, H. P., Prayitno, T., & Latif, A. (2021). Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(2). https://doi.org/10.51213/jmm.v3i2.50
Sholichah, I. F., & Laily, N. (2022). Workshop Program AntiPerundungan Berbasis Sekolah. Room of Civil Society Development, 1. https://doi.org/10.59110/rcsd.36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Yulianto, Redhitya Wempi Ansori, Abd Charis Fauzan, Ahmad Izzuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.