Pelatihan Penyusunan Makalah dan Salindia Berkualitas bagi Mahasiswa Baru Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Tahun Akademik 2021/2022

Authors

  • Agus Yulianto Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Ahmad Izzuddin Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Redhitya Wempi Ansori Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v3i2.1440

Keywords:

Makalah, Salindia, mahasiswa baru

Abstract

Penulisan makalah dan salindia merupakan kegiatan penulisan ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa. Penulisan yang berkualitas sesuai dengan tata cara penulisan ilmiah perlu diperhatikan. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan untuk memadai tata cara penulisan makalah dan salindia yang baik dan benar. Selain itu, sulitnya keterampilan menulis menjadi latar belakang dilakukan pelatihan makalah dan salindia. Metode yang digunakan dalampelatihan ini adalah metode ceramah, tanya jawab, dan Demontrasi. Sasaran dari pengabdian ini adalah mahasiswa baru Universitas Nahdlatul Ulama Blitar tahun akademik 2021/2022. Adapun hasil pelatihan adalah mahasiswa baru mampu memahami konsep penulisan makalah dan salindia yang baik dan benar sesuai penulisan ilmiah, mampu menerapkan tata cara penulisan makalah dan salindia yang berkualitas, mampu memahami komponen-komponen yang ada di dalam makalah dan salindia yang mudah dipahami, serta mampu menerapkan dalam penulisan makalah dan salindia dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Sosio Humanika, 3 (2). https://doi.org/10.2121/sosiohumanika.v3i2.411
Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010208
Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalan Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE.
Setiorini, R. A. (2010). Analisis Penggunaan Tata Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah : Studi Kasus Artikel Ilmiah. Visi Pustaka:Perpustakaan Republik Indonesia, 10.
Yulianto, A., Ekaningtiass, P., Ilyas, M., & Sa’idah, S. (2019). Studi Kasus Dampak Implementasi Program Literasi pada Siswa dan Guru di SMPN 1 Bantul. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 2019: Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1049–1056.
Yulianto, A., & Suryaman, M. (2019). The Implementation of Reading-Writing Literacy In Secondary School. Proceedings of the 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018). Proceedings of the 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018), Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.9
Yunus, M. (2017). Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Yulianto, A., Izzuddin, A., & Ansori, R. W. (2022). Pelatihan Penyusunan Makalah dan Salindia Berkualitas bagi Mahasiswa Baru Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Tahun Akademik 2021/2022. Jurnal Indonesia Mengabdi, 3(2), 44–47. https://doi.org/10.30599/jimi.v3i2.1440
Abstract Views: 541 | File Views: 401