Pelatihan Penyusunan Makalah dan Salindia Berkualitas bagi Mahasiswa Baru Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Tahun Akademik 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.30599/jimi.v3i2.1440Keywords:
Makalah, Salindia, mahasiswa baruAbstract
Penulisan makalah dan salindia merupakan kegiatan penulisan ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa. Penulisan yang berkualitas sesuai dengan tata cara penulisan ilmiah perlu diperhatikan. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan untuk memadai tata cara penulisan makalah dan salindia yang baik dan benar. Selain itu, sulitnya keterampilan menulis menjadi latar belakang dilakukan pelatihan makalah dan salindia. Metode yang digunakan dalampelatihan ini adalah metode ceramah, tanya jawab, dan Demontrasi. Sasaran dari pengabdian ini adalah mahasiswa baru Universitas Nahdlatul Ulama Blitar tahun akademik 2021/2022. Adapun hasil pelatihan adalah mahasiswa baru mampu memahami konsep penulisan makalah dan salindia yang baik dan benar sesuai penulisan ilmiah, mampu menerapkan tata cara penulisan makalah dan salindia yang berkualitas, mampu memahami komponen-komponen yang ada di dalam makalah dan salindia yang mudah dipahami, serta mampu menerapkan dalam penulisan makalah dan salindia dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010208
Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalan Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE.
Setiorini, R. A. (2010). Analisis Penggunaan Tata Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah : Studi Kasus Artikel Ilmiah. Visi Pustaka:Perpustakaan Republik Indonesia, 10.
Yulianto, A., Ekaningtiass, P., Ilyas, M., & Sa’idah, S. (2019). Studi Kasus Dampak Implementasi Program Literasi pada Siswa dan Guru di SMPN 1 Bantul. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 2019: Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1049–1056.
Yulianto, A., & Suryaman, M. (2019). The Implementation of Reading-Writing Literacy In Secondary School. Proceedings of the 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018). Proceedings of the 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018), Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.9
Yunus, M. (2017). Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka.