Pendampingan Menyimak Cerita melalui Media Audio Visual pada Siswa TK Paku Sengkunyit Martapura Kabupaten OKU Timur
DOI:
https://doi.org/10.30599/jimi.v5i1.2181Keywords:
Menyimak Cerita, Media Audio Visual, Siswa TKAbstract
Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pendampingan menyimak cerita melalui media audio visual pada siswa TK Paku Sengkunyit Martapura kabupaten OKU Timur yang dilakukan sebagai kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran menyimak cerita. Dalam pembelajaran menyimak cerita siswa sering merasa jenuh dan tidak terlalu memperhatikan apa yang mereka simak yang mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam menyimak cerita melalui media audio visual. Metode pelaksanaan dilakukan melalui 3 tahapan, yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaaan, dan evaluasi. Subyek dalam kegiatan ini adalah siswa TK Paku Sengkunyit Martapura. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa dapat lebih memahami, dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran menyimak cerita. Setelah dilakukan kegiatan ini maka motivasi siswa dalam menyimak cerita meningkat. Hal tersebut dapat dicermati melalui keaktifan dan antusiasme yang ditunjukkan dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan.
Downloads
References
Aidilafitri, D., Azizah, E., Giyantika, F. N., Anjani, J. F., Imanulloh, M. A., Aliyah, S. N. J.,Wulan, N. S.,Mustikaati, W. (2021). Pelatihan menyimak Cerita melalui Media AudioVisual pada Siswa Kelas 3 SDN 3 Nagari Tengah. Lentera Karya Edukasi: JurnalPengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 93-99.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmawati, L. (2014). Perencanaan pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Haryadi., Agustina, A., Sanjaya, M. R., Sanjaya, M. D., Nilawijaya, R., Inawati., & Awalludin.(2022). Pelatihan Menyimak Cerita melalui Media Audio Visual pada Siswa TK Cinta Dalmai Rss Sriwijaya OKU. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Baturaja, 2(2), 17-22.
Hermawan, H. (2012). Menyimak: Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mahsum. (2013). Metode Penelitian Bahasa (Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya). Jakarta: Rajawali Pers.
Rahayu, I. (2013). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Menggunakan Media Audio Visual Kelas V SD. JPGSD, 1(2), 1-9.
Rahmawati, A. N. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Kelas B Melalui Metode Membaca Nyaring di TK LKMD Karanggayam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(9), 358-367.
Saddhono, K., & Slamet, S. Y.(2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teoridan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Sofiyanti, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Menggunakan Media Audio Visual Kelas V SDN Gununggangsir 2 Kecamatan Beji.FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Tarigan, H.G. (2013).Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Herni Fitriani, Prilia Ekaningtiass, Nindi Devita Sari, Lukman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

