Integrasi Problem Solving dalam Matematika dan Al-Quran

Authors

  • Mushlihah Rohmah Universita Nurul Huda
  • Annisa Nur Azizah
  • Ummu Ulfa Lutfia
  • Iis Lestari

DOI:

https://doi.org/10.30599/trigonometri.v1i1.3254

Keywords:

Integrasi, Problem Solving, Matematika, Al-Quran

Abstract

Matematika adalah ilmu dasar yang memiliki peran penting dalam upaya untuk penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan juga dalam kehidupan sehari-hari kita. Banyak siswa melihat matematika sebagai bidang studi yang sulit dimengerti. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki untuk dapat menguasai matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah. Lester (2003) menegaskan “Problem solving is the heart of mathematics” yang berarti jantungnya matematika adalah pemecahan masalah. Problem solving merupakan suatu cara yang dapat merangsang untuk  menganalisis dan melakukan sintesis dalam kesatuan struktur dimana masalah itu berada. Newman mengemukakan ada lima tahapan dalam pemecahan masalah matematika, yaitu a) membaca masalah, b) memahami masalah, c) transformasi masalah, d) keterampilan proses, dan e) penulisan jawaban akhir. Siregar (2017) menyimpulkan bahwa problem solving dalam Al-Quran menurut Tafsir Al-Azhar mempunyai langkah-langkah yaitu: (1) musyawarah, (2) analisis situasi, (3) analisis persoalan dan sebab-sebab Potensial, (4) analisis Keputusan, dan (5) analisis persoalan potensial. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui integrasi Problem Solving dalam matematika dan Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode library research.  Pada penelitian ini dihasilkan langkah-langkah integrasi Problem Solving dalam matematika dan Al-Quran yaitu (1) mempersiapkan kemampuan dan skill, (2) analisis masalah, (3) memahami masalah, (4) transformasi masalah dan keterampilan proses, dan (5) penulisan jawaban akhir. Kemudian siswa juga perlu memiliki sikap-sikap dalam pemecahan masalah yaitu keyakinan, keimanan, bertawakal, dan bersabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Halim. (2015). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems for the Topic of Fraction. Asian Social Science, ISSN 1911 2017 E-ISSN 1911-2025, Vol. 11 No. 2

Abdurrahman, M. (2009). The Education Learning for Childrens Disabilities. Jakarta: Rineka Reserved.

Agus, Setiawan. (2016). Pembelajaran Matematika Dasar Berintegrasi Keislaman Untuk Meningkatkan Sikap Religiusitas Siswa, Proceeding International Seminar, UIN Raden Fatah: Palembang

Alim, Sahilur. (1998). Menguak Keterpaduan Sain, Teknologi dan Islam. Yogyakarta: Titian Ilahi Press

Cockcroft, WH. (1986). Mathematics Counts: Report of The Committee of Enquiry into the Teaching of Mathematics in Schools. London: HMSO.

Lester, F. K., & Kehle, P. E. (2003). From Problem Solving to Modeling: The Evolution of Thinking About Research on Complex Mathematical Activity. In R. Lesh, & H. M. Doerr (Eds.), Beyond Constructivism – Models and Modeling Perspectives on Mathematical Problem Solving, Learning, and Teaching (pp. 501-517). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

NRC (National Research Council). (1989). Everybody Counts. A Report to the Nation on the Future of Mathematics Education. Washington DC: National Academy Press.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy (Paris: OECD Publishing)

Polya, G. (1985).How to Solve It 2nd ed Princeton.University Press: New Jersey

Polya, G. (1973). How To Solve It (2nd edition) (New Jersey: Princeton University Pres

Riska Visitasari, dan Tatag Eko Yuli Siswano. (2013). Kemampuan siswa memecahkan masalah berbentuk soal cerita aljabar menggunakan tahapan analisis Newman. Universitas Negeri Surabaya.

Rohmah, Mushlihah.Sutiarso,Sugeng. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2).pp.671-681.ISSN 1305-8223

Siregar, Mhd Eko Nanda. (2016). Problem Solving Dalam Alquran Analisis Tafsir Al-Azhar. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri: Medan

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Rohmah, M., Azizah, A. N., Lutfia, U. U., & Lestari, I. (2024). Integrasi Problem Solving dalam Matematika dan Al-Quran . Trigonometri: Jurnal Matematika, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.30599/trigonometri.v1i1.3254
Abstract Views: 44 | File Views: 51

Most read articles by the same author(s)