http://journal.unuha.ac.id/index.php/Trigonometri/issue/feed Trigonometri: Jurnal Matematika 2024-01-23T00:00:00+00:00 Open Journal Systems <div class="deskripsi"> <ol> <li>Journal Title: TRIGONOMETRI : JURNAL MATEMATIKA</li> <li>Initials: TRIGONOMETRI</li> <li>Frequency: January and July</li> <li>ISSN: -</li> <li>Editor in Chief: Mushlihah Rohmah, M.Pd</li> <li>DOI: -</li> <li>Publisher: Prodi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nurul Huda</li> </ol> <p>Trigonometri : Jurnal Matematika adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan dengan tujuan untuk memfasilitasi para akademisi dan peneliti dalam mempublikasikan hasil penelitiannya di bidang MATEMATIKA MURNI DAN MATEMATIKA TERAPAN. Jurnal ini bersifat Open Access dan dapat diunduh secara gratis.</p> <p>Tertarik untuk mengirimkan ke jurnal ini? Kami menyarankan Anda meninjau halaman About The Journal, serta Author Guidelines. Penulis harus mendaftar ke jurnal sebelum mengirimkannya atau, jika sudah terdaftar, cukup masuk dan memulai proses lima langkah.</p> <p>Alamat Editorial: Kampus Universitas Nurul Huda; Jl. Kota Baru, Sukaraja, Buay Madang, OKU Timur</p> <p>Telepon : +62 857 8804 7365</p> </div> http://journal.unuha.ac.id/index.php/Trigonometri/article/view/3253 Self-Regulated Learning dalam Proses Belajar Matematika Sekolah 2024-01-16T05:03:28+00:00 Nurwinda Apriyani [email protected] <p>Artikel ini merupakan hasil kajian teoritis mengenai <em>Self-regulated learning</em> (kemandirian belajar). Ada 3 indikator&nbsp; Indikator <em>Self-Regulated Learning </em>dalam belajar matematika sekolah pada indikator, yaitu 1) individu merancang proses belajar matematika sesuai pola belajarnya sendiri sesuai dengan keperluan atau tujuan individu yang bersangkutan, 2) individu memilih strategi yang tepat dalam mencari penyelesaian soal matematika untuk melaksanakan rancangan belajarnya, kemudian 3) individu memantau kemajuan belajarnya sendiri, mengevaluasi hasil belajarnya dan dibandingkan dengan standar hasil pada mata pelajaran matematika. Struktur mata pelajaran matematika menuntut peserta didik untuk lebih menerapkan <em>Self-regulated learning</em> (kemandirian belajar).</p> 2024-01-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nurwinda Apriyani http://journal.unuha.ac.id/index.php/Trigonometri/article/view/3256 Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Kemampuan Koneksi Matematika, Berpikir Reflektif, Dan Representasi Matematis Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online 2024-01-17T11:05:38+00:00 Mega Kusuma Listyotami [email protected] Yuniarti Anwar [email protected] Sally Maria Bramana [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model <em>Discovery Learning </em>berbasis pada kemampuan koneksi matematika, berpikir reflektif, dan kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran online. Metode pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Sampel penelitian ini berjumlah 35 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model <em>Discovery Learning </em>berbasis pada kemampuan koneksi matematika, berpikir reflektif, dan kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran online efektif meningkatkan kemampuan koneksi matematika, berpikir reflektif, dan kemampuan representasi matematis mahasiswa sebesar 76%.</p> 2024-01-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 MEGA KUSUMA LISTYOTAMI http://journal.unuha.ac.id/index.php/Trigonometri/article/view/2936 Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Berbantuan E-Modul Materi Trigonometri Di Kelas Xi Mipa-1 SMAN 1 Sinunukan 2023-12-01T07:49:04+00:00 Torang Siregar [email protected] Suparni [email protected] Almira Amir [email protected] Anita Adinda [email protected] <p><em>This research aims to see whether there is an increase in students' ability to understand mathematical concepts by implementing the Conceptual Understanding Procedures (CUPs) learning model assisted by e-modules. This research is classroom action research (PTK), with research subjects of class XI MIPA-1 students at SMAN 1 Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal, totalling 310 people. The object of the research is to examine whether or not the application of the CUPs learning model assisted by e-modules in class This research consisted of 2 cycles, in cycle I based on analysis showed that 22 students (62.810%) met the criteria for learning success, while 13 students (37.14%) did not meet the learning success criteria. Cycle I produced a mean class score of 78.66. Furthermore, in the second cycle there was an increase, namely the total number of students who achieved the criteria for learning success became 36 students (88.107%) or the high category, although 4 students (11.49%) still did not meet the criteria for learning success and the average class score was 86. 38. The research results obtained show that the application of the Conceptual Understanding Procedures (CUPs) learning model assisted by e-modules in trigonometry material improves the ability to understand mathematical concepts in class XI MIPA-1 students at SMAN 1 Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal for the 2022/2023 academic year.</em></p> <p><em> </em></p> 2024-01-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Torang Siregar http://journal.unuha.ac.id/index.php/Trigonometri/article/view/3254 Integrasi Problem Solving dalam Matematika dan Al-Quran 2024-01-16T05:31:13+00:00 Mushlihah Rohmah [email protected] Annisa Nur Azizah [email protected] Ummu Ulfa Lutfia [email protected] Iis Lestari [email protected] <p>Matematika adalah ilmu dasar yang memiliki peran penting dalam upaya untuk penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan juga dalam kehidupan sehari-hari kita. Banyak siswa melihat matematika sebagai bidang studi yang sulit dimengerti. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki untuk dapat menguasai matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah. Lester (2003) menegaskan “<em>Problem solving is the heart of mathematics</em>” yang berarti jantungnya matematika adalah pemecahan masalah. <em>Problem solving</em> merupakan suatu cara yang dapat merangsang untuk &nbsp;menganalisis dan melakukan sintesis dalam kesatuan struktur dimana masalah itu berada. Newman mengemukakan ada lima tahapan dalam pemecahan masalah matematika, yaitu a) membaca masalah, b) memahami masalah, c) transformasi masalah, d) keterampilan proses, dan e) penulisan jawaban akhir. Siregar (2017) menyimpulkan bahwa <em>problem solving</em> dalam Al-Quran menurut Tafsir Al-Azhar mempunyai langkah-langkah yaitu: (1) musyawarah, (2) analisis situasi, (3) analisis persoalan dan sebab-sebab Potensial, (4) analisis Keputusan, dan (5) analisis persoalan potensial. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui integrasi <em>Problem Solving</em> dalam matematika dan Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode <em>library research</em>.&nbsp; Pada penelitian ini dihasilkan langkah-langkah integrasi <em>Problem Solving</em> dalam matematika dan Al-Quran yaitu (1) mempersiapkan kemampuan dan <em>skill, </em>(2) analisis masalah, (3) memahami masalah, (4) transformasi masalah dan keterampilan proses, dan (5) penulisan jawaban akhir. Kemudian siswa juga perlu memiliki sikap-sikap dalam pemecahan masalah yaitu keyakinan, keimanan, bertawakal, dan bersabar.</p> 2024-01-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ummu Dea http://journal.unuha.ac.id/index.php/Trigonometri/article/view/3258 The Ability Of Mathematical Representation On Junior High School Students In Rectangular And Triangle Based On Gender 2024-01-18T13:30:35+00:00 Annisa Nur Azizah [email protected] Tri Atmojo Kusmayadi [email protected] Laila Fitriana [email protected] Claireza Nataliliana [email protected] Beny Hermansyah [email protected] <p>The ability of representation mathematical is an ability to express or model the mathematical idea into other forms such as words, pictures, and symbols. A study on the ability of mathematics representation is required for the students; therefore, they can express their idea easily by interpreting their thought relating to mathematics problems. This research is a descriptive qualitative method which aimed to find out the description of student' ability of the mathematical representation on rectangular and triangle based on gender. The subjects of this research are 26 students of eight grades consisted of 11 female students and 15 male students. The technique of collecting data was done by using the test method and interview. The test instrument used is 6 essay tests. The data analysis technique is by analyzing the results of the test data. The research result showed that students' mathematical representation ability are categorized well enough. From the results of the data obtained, it can be concluded that the ability of mathematical representation for male students is evenly distributed because there are results for each category. As for the female students, the average has a high mathematical representation ability</p> 2024-01-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Annisa