Self-Regulated Learning dalam Proses Belajar Matematika Sekolah

Authors

  • Nurwinda Apriyani Universitas Islam An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/trigonometri.v1i1.3253

Keywords:

Self-regulated learning (kemandirian belajar)

Abstract

Artikel ini merupakan hasil kajian teoritis mengenai Self-regulated learning (kemandirian belajar). Ada 3 indikator  Indikator Self-Regulated Learning dalam belajar matematika sekolah pada indikator, yaitu 1) individu merancang proses belajar matematika sesuai pola belajarnya sendiri sesuai dengan keperluan atau tujuan individu yang bersangkutan, 2) individu memilih strategi yang tepat dalam mencari penyelesaian soal matematika untuk melaksanakan rancangan belajarnya, kemudian 3) individu memantau kemajuan belajarnya sendiri, mengevaluasi hasil belajarnya dan dibandingkan dengan standar hasil pada mata pelajaran matematika. Struktur mata pelajaran matematika menuntut peserta didik untuk lebih menerapkan Self-regulated learning (kemandirian belajar).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, N. (2022) ‘Pendidik Matematika’, 3(1), pp. 1–5. Available at: https://doi.org/10.32923/lenternal.v3i1.2275.

Depdiknas. (2004). Petunjuk Teknis Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas

Hadianto, Umar. (2009). Efektivitas Pembelajaran kooperatif dengan Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Surakarta: UNS

Kusumawati Rosita. (2011). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar. Yogyakarta: UNY

Mahmudi Ali. (2009). Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UNY press.

Martha Riana Panjaitan, (2013)Jurnal Ilmiah tentang Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar MatematikaDitinjau dari Kemandirian Belajar Siswa di SMP N 3 Salatiga, UKSW

Poerwadarminto W.JS. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tahar Irzan, Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Apriyani, N. (2024). Self-Regulated Learning dalam Proses Belajar Matematika Sekolah. Trigonometri: Jurnal Matematika, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.30599/trigonometri.v1i1.3253
Abstract Views: 55 | File Views: 54