PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO FOR ACCOUNTING (DOTING) PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG KELAS XII IPS MA DARUSSALAM
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v8i1.3426Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Ludo, Jurnal PenyesuaianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan ludo menjadi media pembelajaran yang berfokus pada materi jurnal penyesuai perusahaan dagang untuk kelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) MA Darussalam, dan untuk mengukur kelayakan dari media pembelajaran Ludo for Accounting dari para ahli, dan peserta didik agar dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi model ADDIE, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek yang digunakan dalah siswa kelas XII IPS MA Darussalam yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket validasi para ahli dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah produk media pembelajaran satu box lengkap dengan komponennya. Media pembelajaran ludo ini berkategori “sangat Layak” berdasarkan hasil dari validasi ahli materi sebesar 94,4%, kemudian hasil validasi dari ahli media sebesar 100% berkategori “sangat Layak”. Dari hasil uji kelayakan kepada peserta didik mendapat presentase sebesar 99,7% dengan kategori “sangat Layak”, pada uji coba kelompok kecil, presentase yang sebesar 100% berkategori “sangat Layak”didapatkan dari uji coba lapangan. Berdasarkan dari uji kelayakan keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ludo For Accounting sangat layak digunakan di kelas XII IPS MA Darussalam pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang.
Downloads
References
Hariyani, D. S., (2016). Pengantar Akuntansi 1 (Teori Dan Praktik).
Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Kurniawaty, N. (2014). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Bagi Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Menuliskan Kata. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Mardiana, S., & Djazari, M. (2015). Teams Games Tournament Dengan Permainan Ludo Akuntansi Untuk Mengaitkan Aktivitas Belajar
Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIII(1), 55–64.
Mohammed, B. M. . (2017). Development of A Distributed Ludo Game (p. 4). Skripsi. Diterbitkan. Universitas of Khartoum.
Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI Sman 3 Medan. 6(1), 37– 50.
Ningsih, S. A., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Sma Purnama TrimurjO. PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 50–59.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Ramadani, R. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas Xi Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Negeri 2 Buduran. 9(1), 1083–1090.
Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta:
Prenadamedia Group.