PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA MATA PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BELITANG MULYA

Authors

  • Meli Damayanti Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja
  • Siti Afifah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja
  • Khafid Ismail Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash CS 6, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS 6 untuk mengetahui kelayakan serta tingkat kemenarikan media dikalangan peserta didik kelas VIII tingkat SMP. Prosedur pengembangan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. ADDIE merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation  and Evaluation. Lokasi penyebarluasan angket kemenarikan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Belitang Mulya menggunakan sampel uji coba kelompok kecil 6 dan uji coba lapangan 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS 6 memenuhi kriteria kelayakan melalui validasi ahli materi dengan rata-rata sebesar 86,67% dan ahli media dengan nilai rata-rata sebesar 100% serta  respon peserta didik  uji coba kelompok kecil menyatakan sangat menarik dengan nilai rata-rata dari tiap komponen peniaian sebesar 87,96% dan ketika uji coba lapangan menyatakan sangat menarik dengan nilai rata-rata dari tiap komponen penilaian sebesar 90,28%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhanuddin, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Proffesional CS 6 Untuk Mengakomodir Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 1 Jombang.

Faridah, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 Materi Usaha Dan Daya Kelss VIII SMP/MTS.

Gunawan, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulste Storyline Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 34 Samarinda. 54–62.

Herawati. (2018). Memahami proses belajar anak. IV, 27–48.

Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., Jamirullah, R. F., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “ Perubahan Wujud Zat Benda ” Kelas V Di Sdn Sarakan II Tangerang. 3, 117– 134.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur

Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–

Setiawan, S. M. (2018). Telaah Teoritis : Apa Itu Belajar ? 35(1), 31– 46.

Subhan. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. 7(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam

Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. V(1), 18–27.

Yuniati, Y. (2022). Pengembangan Media Pebelajaran Matematika Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6. 11(1), 159–170.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Damayanti, M., Afifah, S., & Ismail, K. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA MATA PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BELITANG MULYA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 8(1), 89–99. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/utility/article/view/3425
Abstract Views: 28 | File Views: 21