PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL KELAS VIII SMP TERPADU NURUL HUDA

Authors

  • Mulia juliati Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja
  • Rafika Rahmadhani Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda
  • Miftakhur Rohmah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda

Keywords:

Hasil belajar., Perdagangan internasional

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak pendekatan pengajaran yang berbeda terhadap prestasi akademik dalam konteks kurikulum perdagangan internasional kelas delapan di Sekolah Menengah Terpadu Nurul Huda. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berbasis eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Terpadu Nurul Huda. Terdapat total 64 siswa yang diambil dari dua kelas untuk penelitian ini: VIIIA dan VIIIE. Proses pengumpulan data melibatkan penggunaan tes dan kuesioner, sedangkan analisis data memerlukan penerapan regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data yang dilakukan pada penelitian yang mengkaji Pengaruh Metode Pembelajaran Diferensiasi terhadap Hasil Belajar Kelas VIII Materi Perdagangan Internasional di SMP Terpadu Nurul Huda dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif secara statistik antara penerapan pembelajaran Diferensiasi. metode pembelajaran dan hasil belajar pada kelas tersebut di atas. Secara spesifik, hasil analisis menunjukkan bahwa 70% variasi hasil belajar disebabkan oleh metode pembelajaran yang membedakan, sedangkan 30% sisanya disebabkan oleh variabel lain yang tidak berhubungan langsung dengan pelaksanaan metode pembelajaran yang dibedakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AUndang-Undang, R. I. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Andini, D. W. (2016). Differentiated instruction: solusi pembelajaran dalam keberagaman siswa di kelas inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SDAn, 2(3).

Purba, E. P., Sihombing, L. N., & Sitio, H. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1293-1302.

Puspitasari, V. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model diferensiasi menggunakan book creator untuk pembelajaran BIPA dikelas yang memiliki kemepuan beragam. Jurnal Education and Development, 8(4), 310–319.

Karlina, Y., & Pnedidikan, P. (2022). Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa, 2(1).

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com), 1-6.

Rohmah, M. (2022). Korelasi Tanggapan Peserta Didik Pada Penerapan Metode Belajar Pq4r Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Ma Nurul Huda Sukaraja Buay Madang Oku Timur. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 6(01), 15-30.

Asriani, A., Rohmah, M., & Priyono, S. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Spontaneous Group Discussion (SGD) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Pada Peserta Didik Kelas X Tingkat SMK di Buay Pemuka Bangsa Raja. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 4(1), 44-55.

Ghazali (2016). Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit. Universitas Diponegoro .

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

juliati, M., Rahmadhani, R., & Rohmah, M. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL KELAS VIII SMP TERPADU NURUL HUDA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 8(1), 73–88. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/utility/article/view/2986
Abstract Views: 32 | File Views: 27