ANALISIS HIGHT ORDER THINKING SKILL BERDASARKAN SELF CONFIDENCE DAN SELF EFFICACY (STUDI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NURUL HUDA)

Authors

  • Miftakhur Rohmah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda
  • Rafika Rahmadani Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda
  • Khafid Ismail Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda
  • Nanang Rifa'i Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda
  • Meli Damayanti Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v7i02.2781

Keywords:

Hight Order Thinking Skill, Self Confidence, Self Efficacy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu komponen kognitif peserta didik yang menunjang. Factor-faktor yang mempengaruhi berfikir kritis yakni self confidence dan self efficacy. urgensi penelitian yakni untuk mendeskripsikan keterkaitan yang dikontribusikan Self Confidence Dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Berfikir Kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pada saat pembelajaran berlangsung denganaspek pengamatan self- confidence dan self efficacy dengan indicator yang telah ditentukan, sertawawancara mendalam untuk menggali informasi yang mendalam. Untuk menganalisis data,teknik yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yakni teknik triangulasi waktu. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa kemampuan berfikir ktitis kategori tinggi 68,15%. Sedangkan Untuk self efficacy juga dapat dikategorikan baik, dengan adanya persiapan belajar sebelum perkuliahan dan mengumpulkan berbagai referensi sebagai   bahan pembelajaran. Selain itu juga self confidence juga dapat muncul ketika adanya persiapan yang  baik sebelum proses pembelajaran. Hubungan antara berpikir kritis, self-efficacy, dan self- confidence, sangat penting dalam keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Surasa, N. N. (2017). PROSES BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR

KRITIS MATA PELAJARAN EKONOMI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian,dan Pengembangan, 78-84.

Dores, S. P., Jiran, O., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat, 2(2), 242-254.

Suciono, W. (2021). Berpikir kritis (tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri). Penerbit Adab.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129- 136.

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 39-45.

Martyanti, A. 2013. Membangun Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. ProsidingSeminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika JurusanPendidikan Matematika FMIPA UNY. 15-22. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/10726/1/P%20_%203.pdf

Yates. 2002. The Influence of Optimism and Pessimism of Student Achievement in Mathematics. Mathematics Education Research Journal, 14(1) 4-15.

Parsons, S., Croft, T., & Harrison, M. (2011). Engineering students’ self-confidence in mathematics mapped onto Bandura’s self-efficacy. Engineering Education, 6(1), 52-61.

Utari, W., Hikmawati, VY, & Gaffar, AA (2020, November). Blended Learning: Strategi Pembelajaran Alternatif Di Era New Normal. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, hlm. 262-269).

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi ThinkTalk- Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 1

Tresnawati, Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education (Symmetry) 2(2) 116-122.

Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematik siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 435- 444.

Zakaria, E., Chin, L. C., & Daud, M. Y. (2010). The effects of cooperative learning on students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics. Journal of social sciences, 6(2), 272-275.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rohmatin, D. N. (2014). Penerapan model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Gamatika, 5(1).

Dores, A., Fitrianah, D., & Meilina, P. (2019, March). IS/IT Framework for Disaster Mitigation on Forest Fires Using TOGAF. In 2019 5th International Conference on Information Management (ICIM) (pp. 252-256). IEEE.

Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Deepublish.

Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56-66.

Suciono, W. (2021). Berpikir kritis (tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri). Penerbit Adab.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

Ashriati, A.S. 2006. Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik pada SLB-D YPAC Semarang. Jurnal Psikologi Proyeksi,

Vol.1, No.1, Oktober 2006, Hal 45-67

Lauster.1992. Tes Kepribadian (Terjemahan D.H. Gulo). Jakarta. Bumi Aksara

Nurkholifah, S., Winarso, W., & Toheri, T. (2018). Hubungan antara self confidence dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.

Maddux, J. E., & Kleiman, E. M. (2016). Self-efficacy: A foundational concept for positive clinical psychology. The Wiley handbook of positive clinical psychology, 89-101.

Aulia, E. V., Poedjiastoeti, S., & Agustini, R. (2018). The effectiveness of guided inquiry- based learning material on students’ science literacy skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 947, No. 1, p. 012049). IOP Publishing.

Sahendra, A., Budiarto, M. T., & Fuad, Y. (2018). Students’ representation in mathematical word problem-solving: exploring students’ self-efficacy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 947, No. 1, p. 012059). IOP Publishing.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy mahasiswa calon guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163-177.

Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39.

Geifman, D., & Raban, D. R. (2015). Collective problem-solving: The role of self-efficacy, skill, and prior knowledge. Interdisciplinary Journal of e-Skills and Lifelong Learning, 11, 159-178.

Susanti, E. (2017). Penerapan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematis siswa kelas XI. IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Khaerunisak, K., Kartono, K., Hidayah, I., & Fahmi, A. Y. (2017). The Analysis of Diagnostic Assesment Result in Pisa Mathematical Literacy Based on Students Self-Efficacy in RME Learning. In Infinity (Vol. 6, No. 1, pp. 77-94). STKIP Siliwangi Bandung.

Marasabessy, R. (2020). Kajian Kemampuan Self Efficacy Matematis Siswa DalamPemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 168-183.

Yin, R. K. (2009). “Case Study Research: Design and Method” (4rd ed.). California: Sage Publications,Inc

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D

Downloads

Published

2023-09-02

How to Cite

Rohmah, M., Rahmadani, R., Ismail, K., Rifa’i, N., & Damayanti, M. (2023). ANALISIS HIGHT ORDER THINKING SKILL BERDASARKAN SELF CONFIDENCE DAN SELF EFFICACY (STUDI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NURUL HUDA). UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(02), 107–132. https://doi.org/10.30599/utility.v7i02.2781
Abstract Views: 104 | File Views: 113