ANALISIS KETERSESUAIAN KURIKULUM EKONOMI SYARIAH DENGAN KOMPETENSI KERJA ALUMNI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PRODI EKONOMI SYARIAH DI UIN SAYYI ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Authors

  • Suminto Suminto UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Moh Farih Fahmi Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.2167

Keywords:

kurikulum, Ekonomi Islam, Alumni

Abstract

Kurikulum disusun harus berdasarkan pada standar KKNI, penyususnannya berdampak pada kualitas lulusan yang dihasilkan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggaung telah menerapkan kurikulum KKNI dan mencetak lulusan. Tujuan dari penelitian ini yakni mengkaji tentang relevansi kurikulum ekonomi syariah dengan kompetensi kerja serta mengevaluasi kurikulum ekonomi syariah untuk peningkatan mutu lulusan serta kesesuaian kurikulum alumni program studi ekonomi syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggaung dengan pekerjaan,. Penelitian dalam artikel ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian yang dipaparkan dalam artikel ini adalah (1) Prodi ekonomi syariah UIN Sayyid ali rahmatullah Tulungagung sudah melakukan evaluasi terhadap kurikulum secara berkala. (2) Hasil tracer studi menunjukkan bahwa alumni sudah mempunyai pekerjaan yang sesuai keilmuan ekonomi syariah dan (3) Terdapat sinkronisasi antara mata kuliah dan tantangan kerja sehingga kurikulum prodi ekonomi syariah sudah relevan dan bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni yang sudah bekerja dibidang yang sesuai dengan keilmuannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek, Jakarta: 1999, hal. 135

Akmal. “Relevansi Kurikulum Perbankan Syari’ah Dengan Dunia Kerja (Analisis Kurikulum Program Studi Perbankan Syari’ah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari).” Jurnal Al-Ta’dib 7, no. 1 (June 2014): 130.

Ariani, Dorothea Wahyu. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Babbit, Franklin. The Curriculum. Boston: Hounghton Mifflin, 1918.

BANK INDONESIA. “Statistik Ekonomi Dan Keuangan Indonesia (SEKI).” Govermen Website, 2018. http://bi.go.id.

Beauchamp, George A. Curriculum Theory. Wilmette, Ilinois: The KAGG Press, 1975.

Burhan Nurgiyantoro, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, (Yogyakarta: BPFE, 1989), hal. 30

Burhanuddin, Abdullah. Manajemen Sumberdaya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004), hal. 3

E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Cet. II, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), hal. 46

Fuadi, A. S., & Anas, M. (2019). Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi. Semdikjar 3, hal 316–324

Gallen, William A Alexander, and Saylor. Curricullum: Planing for Better Teaching and Learning. New York: Rinehart Company, 1958.

Hamid Hasan, Evaluasi Kurikulum, Rosda, Bandung, 2008

Hasibuan. “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian Dalam Ilmu Sosial Dan Komunikasi.” Jurnal Mediator 9, no. 1 (June 2008): 32.

Herviani, Vina and Angky Febriansyah. “Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung.” Jurnal Riset Akuntansi 8, no. 2 (Oktober 2016): 23.

Ibrahim, M. (2014). Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran. Modul Pembelajaran, Hal 1–42.

Junaidi, Aris. Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 4th ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.

Malik, Oemar. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990.

Mursidin, Mursidin, Ulfiah Ulfiah, and Ening Ningsih. “Relevansi Kurikulum Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung Dengan Dunia Kerja.” Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 1, no. 1 (February 26, 2018): 1–16. https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.2114.

Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta, Bumi Aksara, 2006 hal 33

Robbins, Stephen P. Prilaku Organisasi. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Runtu, Anita Christine, Jantje Mandey, and Martha Ogotan. “Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Bagian Akademik Universitas Sam Ratulangi Manado.” Universitas Sam Ratulangi 3, no. 1 (2011): 14.

Sugiyono. Metode Penelitian KOMBINASI (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta: PT Rineka Cipta.Tilaar, 2000), hal. 177

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zais, Robert S. Curiculum: Priciple and Foundation. New York: Harper & Row, Publisher, 1976.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Suminto, S., & Fahmi, M. F. (2023). ANALISIS KETERSESUAIAN KURIKULUM EKONOMI SYARIAH DENGAN KOMPETENSI KERJA ALUMNI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PRODI EKONOMI SYARIAH DI UIN SAYYI ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(01), 48–63. https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.2167
Abstract Views: 248 | File Views: 202