PENGARUH POSTER SESSION LEARNING STRATEGY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS NURUL HUDA SUKARAJA

Authors

  • Atik Mufridatul Khasanah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja
  • Rusmiati Rusmiati Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja
  • Siti Afifah
  • Miftakhur Rohmah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v6i02.1701

Keywords:

Hasil Belajar, Poster Session Learning Strategy, Pembelajaran IPS

Abstract

Strategi ini sangat membantu guru IPS dalam kegiatan pembelajaran, karen
melibatkan pesertadidik secara aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar pesertadidik. Upaya
guru dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPS melalui Strategi poster session diharapkan
dapat memberikan trobosan baru untuk peserta didik agar lebih mudah memahami materi
yang disampaikan dengan memberikan penugasan yang memberikan kebebasan mutlak
kepada peserta didik dalam mengembangkan ide dankreativitasnya. Latar belakang dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan poster session learning strategy dapat
digunakan untuk mengetahui hasil belajar pada pesertadidik. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan poster session learning strategy pada mata
pelajaran IPS Kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja. (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran IPS Kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja. (3) Apakah terdapat pengaruh
poster session learning strategy terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS
kelas VII di MTs Nurul Huda Sukaraja. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh
poster session learning strategy terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS
kelas VII Di MTs Nurul Huda Sukaraja. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTs Nurul Huda Sukaraja.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini kelas VII-1 yang berjumlah 29 Peserta Didik.
Teknik pengumpulan data menggunakan Angket,Tes. Uji hipotesis yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan Regresi Linier Sederhana. Output dapat diketahui nilai diperoleh
koefisien regresi (b) sebesar 0,152 dengan t sebesar 1,249 dan Sig sebesar 0,222. Karena nilai
Sig > 0,05 maka Ho Ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa Poster Session
Learning Strategy Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di MTs Nurul Huda Sukaraja cukup
memberikan pengaruh hasil belajar pesertadidik, dibuktikan dengan peserta didik yang
semakins emangat belajar dan nilai peserta didik yang bertambah baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta:

BumiAksara.

Arikunto, Suharsimi, 1990. Menejemen Pengajaran Secara Manusiawi,

Jakarta: PT Rineka Cipta,.

Arikunto, Suharsimi, Supardi. 2012. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : PT

Bumi Aksara. Hlm.129.

Arikunto.2012. Uji Hipotesis. Jakarta: Balai Pustaka. Hlm.122.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Kamus Basar Bahasa Indonesia,

Jakarta: Balai Pustaka,

Hollingsworth, Pat dan Gina Lewis, 2011. Pembelajaran Aktif Meningkatkan

Keasyikan Kegiatan di Kelas, Jakarta: PT Indeks,

Lewis. 2011. Pembelajaran Aktif Pada Proses Pembelajaran. Jakarta:

Departemen Pendidikan.

Majid. 2017. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Muhibbin. 2017. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT

Rosdakarya.

Mudjiono. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Nasution.2015. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sapriya, 2010. The Social Studies Are The Social Sciences Simplified For

Pedagogical Purpose. Jakarta : Balai Pustaka. Hlm.9.

Silberman, 2010 Metode Presentasi Alternatif. Jakarta : Balai Pustaka. Hlm

Sugiyono, 2014 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :

Alfabeta

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Khasanah, A. M., Rusmiati, R., Afifah, S., & Rohmah, M. (2022). PENGARUH POSTER SESSION LEARNING STRATEGY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS NURUL HUDA SUKARAJA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 6(02), 95–105. https://doi.org/10.30599/utility.v6i02.1701
Abstract Views: 82 | File Views: 152