ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DITINJAU DARI LITERASI EKONOMI KELUARGA DAN PENGELOLAAN UANG SAKU(STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP NURUL HUDA

Authors

  • Sigit Priyono Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja
  • Miftakhur Rohmah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja
  • Siti Afifah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v6i02.1700

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan perilaku secara berlebihan dalam mengkonsumsi,
memakai, dan menggunakan sesuatu. Mereka menghilangkan skala prioritas, sehingga
mengenyampingkan kebutuhan dan lebih mendahulukan keinginan. Hal ini yang menjadi
penyebab adanya perilaku konsumtif pada manusia adalah pola pikir yang mengganggap
bahwa Kecenderungan untuk mengkonsumsi lebih banyak dan menginginkan kepemilikan
atau (Possession). Para konsumen mendapat dorongan pengaruh mengejar prestise, citra
(image), gaya hidup, kemewahan dan mensejajarkan atau bahkan menaikkan strata sosial
dalam masyarakat. Fenomenologi konsumerisme terjadi tdk hanya di kalangan kaum
menengah ke atas tapi juga menjadi trend di kalangan remaja. Hal tersebut dapat dilihat dari
kehidupan mahasiswa masakini yang lebih condong dalam mengikuti trend center seperti
dalam berbusana, kuliner maupun wisata. Sama halnya yang terjadi pada mahasiswa program
studi ekonomi di STKIP Nuru Huda terbangun image paling spektakuler dalam trend fashion.
Kehidupan yang mengikuti arus konsumerisme yang tidak berdasarkan pada Literasi
Financial yang matang. Saah satufaktor yang menyebabkan kurangnya literasi tersebut
dikarenakan dari pola didik dari orang tua yang kurang tepat, sehingga ketika menerapkan
kehidupan berekonomi mereka tidak menerapkan literasi ekonomi dengan baik. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumtif mahasiswa disebabkan faktor
ekonomi keluarga dan pengelolaan uang saku. Penelitian ini merupakan penelitian
fenoenologi karena di dasarkan pada kejadian atau peritiwa yang terjadi di kehidupan seharihari. Tekhnik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara serta dokumentasi.
Tekhnik analisis data menggunakan tekhnik triangulasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, T. R., Rohmah, M., & Kurniawan, R. (2020). KANTIN KEJUJURAN

SEBAGAI SARANA PENANAMAN SIFAT JUJUR PADA PESERTA

DIDIK DI SEKOLAH TINGKAT

DASAR. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 44-52.

Sina, P. G. (2012). Analisis literasi ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135-143.

Fiqriyah, R., & Wahyono, H. (2016). Pengaruh pengelolaan uang saku,

modernitas, kecerdasan emosional, dan pemahaman dasar ekonomi

terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswakelas X IIS MAN 1

Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Economic Education Journal),

(1).

Pebrianto, J. (2015). Pengaruh tingkat literasi keuangan, pengelolaan uang

saku dan pengetahuan galeri investasi terhadap minat investasi pasar

modal pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

(Doctoral dissertation, UniversitasNegeri Malang).

Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan

dan konseling.

Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Rohmah, M., Rahmadani, R., & Rosmana, P. J. (2021). Analisis Pengelolaan Uang Saku Pada Anak Di SMP Negeri 03 BP Peliung Kabupaten Oku Timur. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(1), 26-31.

Sukwiaty & Sukamto, S. (2007). Ekonomi. SMA kelas X. Bandung: Yudistira.

ROHMAH, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekonomi

Pancasila. DISERTASI danTESIS Program Pascasarjana UM.

Putra, I. W. D. W., & Widia, W. D. (2014). Pengaruh financial distress,

rentabilitas, pertumbuhan perusahaan dan opini audit pada pergantian

auditor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 8(2), 308-323.

Muhammad, H. (2017, August). Pendidikan ekonomi informal dan literasi

keuangan. In Prosiding Seminar Nasional" Membangun Indonesia

Melalui Hasil Riset" (pp. 677- 680). Badan Penerbit UNM.

Wening, S. (2015). Membentengi Keluarga Terhadap Budaya Konsumerisme

dengan Nilai- Nilai Kehidupan Dalam Pendidikan Konsumen.

KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 1(1).

Departemen, P. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka. Jhamtani, H. (2005). WTO dan penjajahan kembali dunia

ketiga. Insist Press.

Jati, W. R. (2015). Less cash society: Menakar mode konsumerisme baru kelas

menengah Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 14(2), 102-112.

Armawi, A. (2007). DARI KONSUMERISME KE KONSUMTIVISME

(Dalam Perpektif

Sejarah Filsafat Barat). Jurnal Filsafat, 17(3), 314-323.

Haryanto, E. (2012). Konsumerisme dan Teologi Moral: Kajian Kritis dan

Responsibilitas Moral Kristianiterhadap Konsumerism

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Priyono, S., Rohmah, M., & Afifah, S. (2022). ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DITINJAU DARI LITERASI EKONOMI KELUARGA DAN PENGELOLAAN UANG SAKU(STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP NURUL HUDA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 6(02), 86–94. https://doi.org/10.30599/utility.v6i02.1700
Abstract Views: 586 | File Views: 827