PENGARUH MINAT BACA BUKU PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA NURUSSALAM SIDOGEDE

Authors

  • Siti Maryana Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja
  • Miftakhur Rohmah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja
  • Rafika Rahmadani Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v6i01.1696

Keywords:

Minat Baca, Hasil Belajar, Ekonomi

Abstract

Beberapa hal yang melatarbelakngi penelitian ini adalah ada beberapa faktor yang
menyebabkan hasil belajar meningkat atau menurun yakni minat baca, minat belajar dan
fasilitas sekolah. Peneliti ingin mengetahui berapa persenkah minat baca berpengaruh
terhadap hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh
minat baca buku pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di MA
Nurussalam Sidogede?. Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh minat baca
buku pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar Peserta didik kelas XI di MA Nurussalam
Sidogede. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas XI di MA Nurussalam Sidogede yang terdiri dari 4 kelas.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XIB yang berjumlah 25 peserta didik.
Teknik pengumpulan data untuk mengetahui minat baca peserta didik yaitu menggunakan
angket dan hasil belajar peserta didik yaitu diambil dari nilai UTS kelas XIB, dan pengujian
hipotesisnya menggunakan uji-t. Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat baca buku
pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di MA Nurussalam Sidogede.
Hal itu dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 3.244 dengan signifikansi sebesar 0,004. Hasil
tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel 1.708 dan nilai
signifikan lebih kecil daripada 0,005. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya
variabel minat baca buku pelajaran ekonomi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
variabel hasil belajar peserta didik kelas XI di MA Nurussalam Sidogede

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama. (2005). Bina Mitra Pemberdayaan Madrasah Standar Operasional

Prosedur, Evaluasi Hasil Belajar, Jakarta.

Admojo. (2013). Peningkat Kemampuan menyimak anak kelompok BI

melalui metode bercerita di TK Lestari paleran kecamatan Umbulsari

Kabupaten Jember. PG PAUD, Universitas Jember.

Amzir, (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo

Persada

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta :

PT. Rineka Cipta.

Benyamin, S. (2014). Taxanomi of education objectivies, book cognitive

domain, newyork: Longman

Danang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku seru

Djiwandowo, S.E (2012). Psikologi pendidikan, Malang:tidak diterbitkan

Fathurahman, P. (2013). Pengembangan pendidikan karakter, Bandung:Refika

Adhitama

Fauzi, M (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Semarang: Walisongo Press.

Feni, (2014). Analisis Struktur dan kearifan local cerita rakyat asahan,

Universitas Muhamadiyah Sumatra Utara, PBSI

Ghozali dan Chariri,A (2016). Intellectual capital dan kinerja keuangan

perusahaan; Suatu analisis dengan pendekatan partial least squeres

(PLS)

Hamalik. (2013). Pembelajaran Bahasa dan sastra dalam kerangka budaya,

Jakarta: Tiara Wacana

Haris. (2012). Metode penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu social, Jakarta,

Salemba humanika

Hasan, I (2015). Pokok-pokok materi dan methodology penelitian dan

aplikasinya, Galia Indonesia:Bogor

Helmawati (2014). Pendidikan keluarga: teoritis dan praktis, Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Ibrahim (2013). Pembelajaran kooperatif. Surabaya. University press

Majid dan Abdul, (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan ekonomi,

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjiono dan dimyati (2013) Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Nirwanto, H. (2013). “Pendidikan dan Minat Baca Masyarakat

Indonesia”http://masmnir.blogspot.co.id/2013/07/pendidikan-danminat-membaca masyarakat. html 17 Oktober 2016.

Patton dan Michail Quinn. (2014). Metode Evaluasi Kualitatif: Jakarta

:Pustaka belajar

Prasetyo, B (2012). Metode penelitian kuantitatif, Raja grafindo persada :

Jakarta

Purtini, Yuanita Dwi, Zulkardi Zulkardi, and Budi Santoso.

(2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Pmri Pada

Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Untuk

Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Diss. Sriwijaya University.

Rahim, F (2013). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta:Bumi Aksara

Rubin dan Farida. (2012). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui

Budaya Literasi Di Sdit Qurrata A’yun Kandangan. Phd Thesis.

Universitas Isrlam Kalimantan Mab.

Rumini, S., Purwanto, E., Purwandari, M. S., Suharmini, T., Si, M., & Ayriza,

Y. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Slamet. (2014). Korelasi Antara Minat Baca Dan Motivasi Belajar Dengan

Hasil Belajar Kognitif Ipa. Diss. Skripsi, Universitas Muhammadiyah

Magelang.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D,

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan, Bandung :Alfabeta bandung.

Sukmadinata (2013). Landasan Psikologi Proses Belajar, Bandung:PT Remaja

Rosdakarya

Sukwiyati dan Sudirman jamal dan slamet sukamto. (2012). Ekonomi

Yudistira ( Untuk SMA kelas XI)

Suprayogo dan hasymi (2011). Pengaruh penerapan system E-Filling terhadap

kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan pemahaman internet

sebagai variabel moderasi pada kantor pelayanan pajak pratama Jakarta

jati Negara. Profita 11(2),151-164)

Suprijono, A (2010). Cooperative learning teori dan aplikasi paikem.

Yogyakarta: Pustaka Belajar

Syah, M (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya

Syaiful (2013). Kemampuan professional guru dan tenaga kependidikan,

Bandung: Alfabeta

Uno, B. H (2012). Teori Motivasi dan pengukurannya analisis dibidang

pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Yulia dan Yuyun.(2013). "Teaching challenges in Indonesia: Motivating

students and teachers’ classroom language." Indonesian Journal of

Applied Linguistics .

Yuni (2015). Pengaruh minat membaca dan motivasi belajar terhadap hasil

belajar peserta didik di MAN PALO (78-79)

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Maryana, S., Rohmah, M., & Rahmadani, R. (2022). PENGARUH MINAT BACA BUKU PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA NURUSSALAM SIDOGEDE. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 6(01), 41–52. https://doi.org/10.30599/utility.v6i01.1696
Abstract Views: 56 | File Views: 229