KORELASI TANGGAPAN PESERTA DIDIK PADA PENERAPAN METODE BELAJAR PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA NURUL HUDA SUKARAJA BUAY MADANG OKU TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v6i01.1694Keywords:
Metode Pembelajaran, Metode PQ4R, Hasil Belajar, EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan
metode pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MA Nurul Huda
Sukaraja kecamatan Buay Madang kabupaten Oku Timur. Metode pembelajaran yang penulis
gunakan adalah metode pembelajaran PQ4R. Sampel penelitian ini sebanyak 58 siswa di kelas
X
1 sebanyak 29 siswadan X3
sebanyak 29 siswa di MA Nurul Huda Sukaraja. Teknik yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling Instrumen penelitian berupa tes
obyektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan lima pilihan jawaban. Hasil tes terseebut
dianalisis menggunakan rumus korelasi pearson product moment dan teknik pengujian
hipotesisnya menggunakan Uji t. Dari hasil perhitungan pengaruh penerapan metode
pembelajaran PQ4R didapat nilai korelasinya sebesar r xy = 0,72 yang berarti metode PQ4R
dan hasil belajar terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Pengujian hipotesis uji t diperoleh
thitung 7,81 kemudian di bandingkan dengan ttabel untuk taraf signifikan 5% dilakukan uji kedua
belah pihak dengan derajat kebebasan adalah 2,02. Terdapat pengaruh yang signifikan
penerapan metode PQ4Rterhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MA Nurul Huda
Sukaraja. Hal itu dapat dilihat dari ttabel pada taraf kepercayaan 95% dengan dk = 56 adalah
2,02. Harga ttabel 2,02 sehingga Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh antara variabel X
dengan variabel Y ditolak, dan Ha yang diajukan diawal yang menyatakan ada pengaruh
antara variabel X dengan variabel Y diterima
Downloads
References
Badawi, Ahmad Al. 2019. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Pq4r (Preview,
Question, Read, Recite, Reflect, Review) Terhadap Hasil Belajar Ppkn
Siswa Kelas X Smkn 7 Mataram Tahun Pelajaran 2019” 11 (2): 1–147.
Bagja Sulfemi, Wahyu, Dan Dede Supriyadi. 2018. “Pengaruh Kemampuan
Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Ips.” Jurnal Ilmiah Edutecno 18
(2): 1–19. Https://Osf.Io/Preprints/Inarxiv/8wcb9/.
Junaedi, Ifan. 2019. “Proses Pembelajaran Yang Efektif” 3 (2): 1–7.
Novriansyah, B. 2013. Penerapan Strategi Pq4r Dan Portofolio Pada Model
Pembelajaran Kooferatif Tipe Stad Sebagai Upaya Meningkatan
Penguasaan Materi Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas Xii Bahasa
Man 1 Model Bengkulu. Hasil Penelitian Man 1 Model Bengkulu.
Departemen Agama Provinsi Bengkulu.
Putri, N A. 2019. “Perlunya Metode Pembelajaran Baru Dalam Pendidikan
Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0” 2 (4): 1–15.
Http://Repository.Fe.Unj.Ac.Id/7403/1/Nindi Aulia
Putri_1701618060_Ekop A 2018_Tugas Aplikom 2-Dikonversi.Pdf.
Subana, M Dan Sudrajat. 2016. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung:
Pustaka Setia.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D)(Vol. 21). Bandung, Indonesia:
Alfabeta, Cv.
Trianto, I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan
Konstektual: Konsep, Landasan, Dan Implementasi Pada Kurikulum
Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
STKIP Nurul Huda. (2012). Pedoman AkademikSTKIP Nurul Huda Sukaraja
OKU Timur. STKIP Nurul Huda,OKU Timur.
Undang-Undang Republic Indonesia Nomor 24 Tahun 2005, (2006). UndangUndang Guru dan Dosen, Jakarta: CV Novando Pustaka Mandiri.