PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SEGERI

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Pascasarjana STKIP-PI, Makassar, Indonesia
  • Rego Devilla Pascasarjana STKIP-PI, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v6i01.1693

Keywords:

Kepala Sekolah, Guru, Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

:Tujuan penelitian untuk mengatahui peranan kepala sekolah dan guru dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Segeri. Penelitian merupakan deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menujukan:1) peranan kepala sekolah, dimana kepala sekolah harus menjadi
pemimpin yang disukai, dipercaya, mampu membimbing, dan berkepribadian baik, 2) peranan
guru, dimana harus ikut serta dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran, membuat
rencana pelaksanaan pembelajaran, dan mengarahkan siswa supaya menjadi manusia yang
lebih baik. Kesimpulanbahwa peranan kepala sekolah dan guru memiliki dampak yang besar
terhadap prestasi belajar siswa, oleh karena itu kepala sekolah dan guru harus lebih baik
dalam melaksanakan peranannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Imam Suwardi Wibowo, R. F. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses

Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Information, Article,

(2), 181–202.

Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al–Hikmah Vol., 5(2), 1–15.

Magdalena, I. (2020). Peran Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi

Belajar Siswa Sekolah Dasar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu

Sosial, 2(3), 383–392.

Piliang, F. M. (2020). Peranan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad

Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa DI SMP Negeri 1 Barus

Tapanuli Tengah. Jurnal Wahana Inovasi, 9(1), 113–117.

Shalehah. (2017). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan

Prestasi Belajar Siswa (SMP Al-Hidayah Medan Tembung). Jurnal

Manajemen Pendidikan, 4(2), 1–24.

Siteni, L. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja

Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Santaiji

Pendidikan, 6(2), 173–181.

Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan

Agama Islam di Madrasah. Modelling: Jurnal Program Studi PGMI,

(2),205–2016.

Baharun, H. (2017).Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep,

Prinsip,Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum

PAI. Yogyakarta: CV CantrikPustaka.

Baharun, H. (2018). Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah.Pedagogik, 1(1).

Fathon, Zul. (2020). “Thesis, Magister pendidikan Islam Sekolah Pasca

sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta”.

Laki, Ridwan. (2018). “Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran” eISSN : 2623-2340 Vol. 1, No. 1, November 2018, hal. 23-29).

Pradita, Yulistyana, dkk. (2015). “Penerapan model pembelajaran project

based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa

pada materi pokok sistem koloid kelas XI ipa semester genap madrasah

aliyah negeri klaten tahun pelajaran 2013/2014” Jurnal Pendidikan Kimia

(JPK), Vol. 4 No. 1 Tahun 2015.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran.Jakarta: Kencana

prenada media group.

Yuli Fajar Susetyo, A. K. (2012). Orientasi Tujuan, Atribusi Penyebab, dan

Belajar Berdasar Regulasi Diri. Jurnal Psikologi Volume 39, No. 1, Juni,

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Nurhayati, N., & Devilla, R. (2022). PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SEGERI. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 6(01), 9–14. https://doi.org/10.30599/utility.v6i01.1693
Abstract Views: 47 | File Views: 238