PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SEGERI
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v6i01.1693Keywords:
Kepala Sekolah, Guru, Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar SiswaAbstract
:Tujuan penelitian untuk mengatahui peranan kepala sekolah dan guru dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Segeri. Penelitian merupakan deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menujukan:1) peranan kepala sekolah, dimana kepala sekolah harus menjadi
pemimpin yang disukai, dipercaya, mampu membimbing, dan berkepribadian baik, 2) peranan
guru, dimana harus ikut serta dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran, membuat
rencana pelaksanaan pembelajaran, dan mengarahkan siswa supaya menjadi manusia yang
lebih baik. Kesimpulanbahwa peranan kepala sekolah dan guru memiliki dampak yang besar
terhadap prestasi belajar siswa, oleh karena itu kepala sekolah dan guru harus lebih baik
dalam melaksanakan peranannya.
Downloads
References
Imam Suwardi Wibowo, R. F. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses
Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Information, Article,
(2), 181–202.
Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al–Hikmah Vol., 5(2), 1–15.
Magdalena, I. (2020). Peran Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi
Belajar Siswa Sekolah Dasar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu
Sosial, 2(3), 383–392.
Piliang, F. M. (2020). Peranan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad
Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa DI SMP Negeri 1 Barus
Tapanuli Tengah. Jurnal Wahana Inovasi, 9(1), 113–117.
Shalehah. (2017). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa (SMP Al-Hidayah Medan Tembung). Jurnal
Manajemen Pendidikan, 4(2), 1–24.
Siteni, L. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja
Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Santaiji
Pendidikan, 6(2), 173–181.
Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Madrasah. Modelling: Jurnal Program Studi PGMI,
(2),205–2016.
Baharun, H. (2017).Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep,
Prinsip,Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum
PAI. Yogyakarta: CV CantrikPustaka.
Baharun, H. (2018). Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah.Pedagogik, 1(1).
Fathon, Zul. (2020). “Thesis, Magister pendidikan Islam Sekolah Pasca
sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta”.
Laki, Ridwan. (2018). “Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran” eISSN : 2623-2340 Vol. 1, No. 1, November 2018, hal. 23-29).
Pradita, Yulistyana, dkk. (2015). “Penerapan model pembelajaran project
based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa
pada materi pokok sistem koloid kelas XI ipa semester genap madrasah
aliyah negeri klaten tahun pelajaran 2013/2014” Jurnal Pendidikan Kimia
(JPK), Vol. 4 No. 1 Tahun 2015.
Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran.Jakarta: Kencana
prenada media group.
Yuli Fajar Susetyo, A. K. (2012). Orientasi Tujuan, Atribusi Penyebab, dan
Belajar Berdasar Regulasi Diri. Jurnal Psikologi Volume 39, No. 1, Juni,