Pengaruh Tingkat Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Produk Gadai Emas Di PT Pegadaian UPC Belitang
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v7i02.1689Keywords:
kata Kunci: tingkat Pelayanan, Kepuasan Nasabah,produk Gadai EmasAbstract
Faktor yang menyebabkan kurang puasnya nasabah, yakni sarana yang disediakan PT. Pegadaian UPC Belitang masih kurang mencukupi, tidak terdapat nomor antrian nasabah, serta tempat parkir kendaraan kurang memadai serta terdapat pelayanan pilih kasih antar nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh tingkat pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada produk gadai emas di PT. Pegadaian UPC Belitang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini memakai angket. Teknik analisis data menggunakan teknik uji deskriptif statistik, uji asumsi klasik yaitu normalitas dan homogenitas. serta dengan uji hipotesis menggunakan uji parsial. Adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada produk gadai emas pada PT. Pegadaian UPC Belitang. Hasilnya bisa dicermati dari thitung sebanyak 3.115 dengan signifikansi sebesar 0,003. Hasil tersebut menampilkan kalau nilai hitung lebih besar daripada nilai t tabel 2.005 dan nilai signifikansi lebih keci dari 0,005. dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel tingkat pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen pada PT. Pegadaian UPC Belitang.
Downloads
References
Ali, Zainuddin. 2018. Hukum Gadai Syariah. Jakarta: Sinar Grafika
Offset
Gozali, Ahmad. (2016). Serba Serbi Kredit Syariah:Jangan Ada Bunga di Antara Kita. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Hasibuan, Malayu S. P. 2001. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta:Bumi Aksara.
Kasmir. 2016. Customer Service Excellent. Depok:Raja Grafindo Persada.
______. 2017. Customer Service Excellent. Depok:Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip. Keller, K.L. 2018. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi
Cetakan ketiga. Jakarta: Indeks
Siregar. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan
Konsumen Produk KPR Emas (Studi Kasus Bank Syariah
Mandiri Cabang Medan Marelan). Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Publik , 8 (2), 43-53.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen:Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor:Ghalia Indonesia.
Yafiz, M., & Harahap, D. 2018. Produk Gadai Emas di Perbankan Syariah: Analisis Maslahah Ekonomi. Jurnal Human Falah,
(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endang Dwi Ningsih, Sigit Priyono, Miftakhur Rohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.