Budaya Bersalaman sebagai Pengembangan Materi Lintas Budaya Bagi Penutur Asing di Indonesia

Authors

  • Destiani Destiani Universitas Lampung
  • Prof. Dr. Syihabuddin, M.Pd. Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Wahyuni, M.Pd. Universitas Khairun
  • Yusrawati Jr Simatupang, M.Pd. Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ananda Putriani, M.Pd. Universitas Esa Unggul
  • Muhammad Rudy Universitas Malahayati
  • Asrianti Asrianti Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.30599/asj4yh11

Keywords:

Bersalaman, BIPA, Budaya Indonesia, Lintas Budaya

Abstract

Bersalaman merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang memiliki nilai budaya di Indonesia. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi jenis bersalaman dalam budaya Indonesia dan potensinya sebagai pengembangan materi lintas budaya untuk pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Dengan pendekatan kualitatif dan melalui studi literatur. Hasil penelitian ini diperoleh lima jenis bersalaman yang meliputi (a) bersalaman dengan cara berjabat tangan; (b) bersalaman dengan mencium tangan (salim); (c) bersalaman dengan tidak menyentuh tangan; (d) bersalaman dengan sungkeman; dan (e) bersalaman dengan menyentuh ujung-ujung jari. Setiap jenis memiliki cara, konteks bersalaman, dan filosofi tersendiri sehingga tercermin adanya nilai-nilai penghormatan, kerendahan hati, dan penerimaan. Integrasi materi budaya bersalaman ke dalam pengajaran BIPA dapat membantu pemelajar asing memahami norma-norma budaya lokal, mengurangi gegar budaya, dan meningkatkan kompetensi komunikasi antarbudaya. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan materi ajar BIPA yang lebih kontekstual dan mendukung adaptasi sosial-budaya pemelajar asing di Indonesia terkhusus jenis bersalaman.

References

Brown, H. D. (2014). Principles of Language Learning and Teaching (6th ed.). Pearson Education.

Burgoon, J. K., Manusov, V., & Guerrero, L. K. (2021). Nonverbal Communication. Routledge.

Byram, M. (1997). Teaching and Assessing Intercultural Communicative Competence. Multilingual Matters.

Downie, M., dkk. (2007). The Relations of Parental Autonomy Support to Cultural Internalization and Well-Being of Immigrants and Sojourners. Cultural Diversity & Ethnic Minority Psychology, 13(3), 241.

Faizin, F., & Isnaini, M. (2020). Fenomenologi Gegar Budaya Pemelajar BIPA Asal Negara Afrika Selatan di Malang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 5(1), 27-33.

Ghofir, J., & Jabbar, M. A. (2022). Tradisi Sungkeman Sebagai Kearifan Lokal dalam Membangun Budaya Islam. Al Kamal, 2(2), 404–420.

Hall, E. T. (1976). Beyond Culture. Anchor Books.

Hamilton, S. N. (2017). Rituals of Intimate Legal Touch: Regulating the End-of-Game Handshake in

Pandemic Culture. The Senses and Society, 12(1), 84–899.

Kecskes, I. (2014). Language, Culture, and Context. In The Routledge Handbook of Language and

Culture. Routledge.

Knapp, K., Antos, G., Antos, G., & Ventola, E. (2008). Handbook of Interpersonal Communication.

Mouton de Gruyter.

Knapp, M. L., & Hall, J. A. (2010). Nonverbal Communication in Human Interaction (7th ed.). Wadsworth Publishing.

Koentjaraningrat. (19984). Kebudayaan Jawa. Balai Pustaka.

Kramsch, C. (1993). Context and Culture in Language Teaching. Oxford University Press.

Lin, J.-C. G., & Yi, J. K. (1997). Asian International Students’ Adjustment: Issues and Program

Suggestions. College Student Journal, 31(4), 473–479.

Matsumoto, D., & Hwang, H. C. (2012). Culture and Nonverbal Communication. In J. Jackson (Ed.), The Routledge Handbook of Language and Intercultural Communication (pp. 56-72). Routledge.

Mehrabian, A. (1971). Silent Messages. Wadsworth Publishing.

Nagy, E., Farkas, T., Guy, F., & Stafylarakis, A. (2020). Effects of Handshake Duration on Other Nonverbal Behavior. Perceptual and Motor Skills, 127(1), 52–74.

Richards, J. C. (2014). The ELT Textbook. In International Perspedectives on Materials in ELT. Palgrave Macmillan UK.

Sari, B. T., dkk. (2018). Parental Culture Maintenance, Bilingualism, Identity, and Well-Being in Javanese, Batak, and Chinese Adolescents in Indonesia. Journal of Multilingual and Multicultural Development, 39(10), 853–867.

Simanjuntak, D. (2020). Hukum Sentuhan Kulit (Jabat Tangan). Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi, 6(1), 27–41.

Smith, R. A., & Khawaja, N. G. (2011). A review of The Acculturation Experiences of International Students. International Journal of Intercultural Relations, 35(6), 699–713. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2011.08.004

Subiyanto, A. (2018). Nonverbal Communication in Javanese and Australian Culture. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(4), 467-473.

Downloads

Published

2025-04-03