Pengaruh Wordwall terhadap Hasil Belajar Menyimak Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Belitang III

Authors

  • Lia Yunita Universitas Nurul Huda
  • Mardiah Hayati Universitas Nurul Huda
  • Indah Sulmayanti Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/100d0h81

Keywords:

Aplikasi Wordwall, Keterampilan Menyimak, Teks Biografi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh aplikasi wordwall terhadap hasil belajar menyimak teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Belitang III Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar menyimak teks biografi siswa kelas X SMA Negeri I Belitang III yang berlokasi di Desa Nusa Bakti. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental design jenis one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa dari 225 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas dan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil  penelitian dan analisis data, bahwa kemampuan menyimak teks biografi siswa pada kelas X sebelum menggunakan media pembelajaran wordwall atau pretest memiliki rata-rata sebesar 65,83. Kemudian setelah menggunakan media pembelajaran wordwall atau posttest memiliki rata-rata sebesar 81,76. Bedasarkan uji paired sample t test menunjukan pada taraf nilai sig (2- tailed) sebesar 0,00<0,05 dengan hasil hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran wordwall berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan keterampilan menyimak teks biografi siswa kelas X SMA Negeri I Belitang III.

References

Anindyajati, Y. R. & Choiri, A. S. (2017). The Effectiveness of Using Word Wall Media to Increase Science-Based Vocabulary of Students With Hearing Impairment. European Journal of Special Education, 2(2), 14–23.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Hafsah, Hafni & Zulfawan, W. (2021). Pemanfaatan Internet pada Smartphone dalam Mendukung Kegiatan Bisnis Online di Lingkungan Arisan RT. Jurnal COSCIS, 1(2).

Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sadirman, Ariel S., dkk. (2007). Media Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sari, dkk. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Peserta Didik Kelas V dalam Pembelajaran Tematik. Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 1–7.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Edisi Kedua). Bandung: Alfabeta.

Syahrizal, Dwi Putra, dkk. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall di Era Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Terang, 4(1).

Tsarrotin, Nafiah. (2021). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tajwid melalui Model Card Sort Berbasis Wordwall Siswa Kelas IV MI Plus Bunga Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo.

Zulfailah, Zahida. (2020). Pengaruh Metode Permainan Peran Dingin terhadap Pembelajaran Teks Biografi pada Siswa Kelas X di SMAN 85 Jakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2025-04-03