Dinamika Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Pendekatan Behaviorisme B. F. Skinner

Authors

  • Alviiswari Alviiswari Universitas Nurul Huda
  • Lailatul Fitriyah Universitas Nurul Huda
  • Indah Sulmayanti Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v6i1.3163

Keywords:

Dinamika, Kepribadian, Pasung Jiwa

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perubahan tingkah laku yang dialami oleh Sasana dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari. Gejolak kehidupan yang dialami Sasana dipengaruhi oleh lingkungan dan berkaitan dengan teori psikologi B. F. Skinner yaitu behaviorisme yang menyatakan bahwa tingkah laku manusia dapat diubah dan dikontrol dengan mengubah lingkungannya. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra merupakan penelaahan sastra yang menekankan pada segi-segi psikologis yang terdapat dalam suatu karya sastra. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah; melakukan analisis struktural, melakukan analisis teknik untuk mengontrol perilaku, dan menarik kesimpulan hasil analisis kepribadian tokoh Sasana berdasarkan teori Behaviorisme B. F. Skinner. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tokoh Sasana mengalami dinamika kepribadian. Terdapat stimulus yang membentuk kepribadian tokoh Sasana menjadi seorang waria. Kepribadian tokoh Sasana yang awalnya merupakan seorang waria menjadi lelaki sesuai kodratnya karena kembali dibentuk oleh keluarganya. Lingkungan bebas yang mengubah Sasana menjadi seorang waria juga dipengaruhi oleh pertemuannya dengan Cak Jek. Namun, pada akhirnya tokoh Sasana lebih nyaman menjadi seorang waria hingga akhirnya Sasana ditangkap oleh polisi ketika sedang pentas di Malang. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, S. 2016. Analisis Psikologi Tokoh Mada dalam Novel Haji Backpacker Karya Aguk Irawan Berdasarkan Pendekatan Behavioral (B. F. Skinner). Skripsi. Universitas Mataram, Mataram.

Creswell, John. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Endraswara, S. 2008. Metodologi Penelitian Psikologi Sastra. Jakarta: MedPress.

Endraswara, Suwardi. 2013. Sosiologi Sastra: Studi, Teori, dan Interpretasi. Yogyakarta: Ombak.

Madasari, O. 2013. Pasung Jiwa. Jakarta: Gramedia.

Nurgiyantoro, B. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, N. K. 2011. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refia dan Purwoko. 2014. Studi Kasus Dinamika Psikologis Konflik Interpersonal Siswa Merujuk Teori Segitiga Abc Konflik Galtung dan Kecenderungan Penyelesaiannya pada Siswa Kelas XII Jurusan Multimedia (Mm) di SMK Mahardhika Surabaya. Jurnal BK UNESA.

Sugihastuti dan Suharto. (2010). Kritik Sastra Feminimisme: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thaba, Aziz. (2019). Rekonstruksi Nilai Budaya Siri' Masyarakat Makassar Melalui Tokoh Zainuddin dalam Novel Tenggelmanya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka suatu Tinjauan Sosiologi Sastra. Jurnal Idiomatik.

Downloads

Published

2024-04-17
Abstract Views: 189 | File Views: 323