Pengaruh Implementasi Model Think Talk Write pada Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X

Authors

  • Vini Alfionita Universitas Nurul Huda
  • Fisnia Pratami Universitas Nurul Huda
  • Syaiful Anam Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v6i1.3151

Keywords:

Kemampuan Menulis, Model Think Talk Write, Teks Eksposisi

Abstract

Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas, membuat siswa hanya bergantung pada penjelasan guru. Siswa tidak terbiasa berpikir kritis dan tidak menguasai kosakata atau bahasa Indonesia. Minimnya motivasi guru dalam menunjang proses belajar mengajar di kelas, sehingga hanya menggunakan metode ceramah dan catat. Fokus utama penelitian ini berkisar pada pemanfaatan model pembelajaran yang kurang memadai. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks eksposisi melalui penerapan pendekatan pembelajaran Think Talk Write. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif, khususnya menggunakan desain one group pretest post-test. Metode yang telah digunakan pada penelitian ini melibatkan pemberian pretest dan post-test pada satu kelompok, yang disebut sebagai kelas eksperimen. Populasi dan sampel pada penelitian ini sama yaitu kelas X MA Al-Musthofa Nusa Tunggal Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 19 siswa. Hal tersebut terjadi karena kelas X MA Al-Musthofa hanya terdiri dari satu kelas. Penelitian ini menggunakan tes sebagai metode pengumpulan data. Metodologi analisis data menggunakan uji one sample t-test dengan aplikasi software SPSS versi 22. Hasil uji-t yang dilakukan pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan mendukung hipotesis alternatif (Ha). Temuan penelitian ini menunjukkan adanya dampak penting penggunaan model Think Talk Write terhadap kemampuan menulis siswa kelas X MA Al-Musthofa Nusa Tunggal selama tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalman. 2020. Keteranpilan Menulis. Depok: Rajawali Press.

Hetilaniar. 2019. Pengaruh Strategi JUMPUT terhadap Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 159–166.

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Octavia, S. A. 2020. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Sleman: CV Budi Utama.

Rohmadi, M., Nugraheni, A. S., & Kusumawati, Y. 2011. Belajar Bahasa Indonesia: Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswanto, W., & Ariani, D. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita: Buku Panduan untuk Guru Ketika Mengajar Menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tarigan, H. G. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: CV Angkasa.

Tarigan, H. G. 2018. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa.

Wahyudi, S. A., Nurhadi, N., & Pratiwi, Y. (2018). Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1472–1476.

Downloads

Published

2024-04-17
Abstract Views: 45 | File Views: 84