Analisis Register pada Media Sosial Facebook dalam Grup @Pecinta Kucing Talang Padang, Gisting, Pringsewu dan Sekitarnya

Authors

  • Alda Sabrina Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Izhar Izhar Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Sholikhin Sholikhin Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v6i1.3136

Keywords:

Facebook, Grup Pecinta Kucing, Register

Abstract

Register adalah salah satu variasi bahasa yang biasanya digunakan oleh sekelompok orang tertentu yang sesuai dengan kegiatan dan profesi yang digelutinya. Namun, semakin berkembangnya teknologi register bukan hanya digunakan dalam interaksi secara langsung saja, tetapi juga digunakan dalam interaksi secara tidak langsung (melalui sosial media) seperti dalam kegiatan jual beli. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan register yang terdapat dalam grup (@Pecinta Kucing Talang Padang, Gisting, Pringsewu, dan sekitarnya) pada bulan September 2023 dalam media sosial Facebook. Subjek penelitian ini yaitu makna, bentuk, dan fungsi register yang terdapat dalam postingan. Objek penelitian ini yaitu postingan pada bulan September 2023 yang terdapat dalam grup (@Pecinta Kucing Talang Padang, Gisting, Pringsewu, dan Sekitarnya). Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik catat, dan teknik studi pustaka. Hasil penelitian ini terdapat 19 postingan yang mengandung register dari keseluruhan 80 postingan pada bulan September 2023, kemudian dari postingan tersebut diperoleh makna, bentuk, dan fungsi register.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, N. 2020. Variasi Keformalan Bahasa Model Martin Joos pada Grup Whatsapp ‘Ipi Garut.’ Jurnal Institut Pendidikan, 9(2), 72–83.

Isma, N. 2022. Register pada Akun Menfess Penggemar Korea di Twitter (Studi Kajian Sosiolinguistik) [Skripsi]. Pacitan.

Khotimah, K., & Sodiq, S. 2021. Register Jual Beli Online dalam Aplikasi Shopee: Kajian Sosiolingsutik. Jurnal Unesa, 5(6), 145–153.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Thufail, Dhia. M. (2016). Register Jual Beli Handphone di Media Sosial Facebook [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2024-04-17
Abstract Views: 65 | File Views: 78