Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Belitang Mulya Melalui Media Video Wisata Daerah OKU Timur

Authors

  • Lia Dwi Alfatimah Universitas Nurul Huda
  • Suryani Suryani Universitas Nurul Huda
  • Mardiah Hayati Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v6i1.3119

Keywords:

Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Video Wisata

Abstract

Keterampilan menulis memegang peran penting dalam pengembangan peserta didik, baik sebagai media untuk mengekspresikan kreativitas maupun untuk merangsang imajinasi mereka. Namun, dalam praktiknya, kemampuan menulis masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Belitang Mulya melalui media video wisata daerah OKU Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pedoman mengenai aspek yang harus diperhatikan dalam menilai kemampuan menulis. Sumber data penelitian ini didapatkan dari data primer yaitu lembar jawaban peserta didik. Dalam metode pengumpulan data, peneliti menggunakan pendekatan tes, siswa diminta untuk menghasilkan tulisan teks deskripsi yang sesuai dengan konten video tentang wisata daerah OKU Timur. Hasil penelitian ini menujukan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Belitang Mulya tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 73,39. Meskipun secara umum keterampilan menulis siswa tergolong baik, masih terdapat kekurangan pada beberapa aspek. Salah satunya adalah dalam penggunaan tata bahasa dan diksi, serta dalam aspek penulisan atau ejaan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa membutuhkan pelatihan tambahan dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa VII SMP Negeri 1 Belitang Mulya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudlofir, Ali. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nurrahmi, R., & Indihadi, D. 2020. Analisis Hasil Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Melalui Tayangan Video. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 3), 117-123.

Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari.

Sugiyono .2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, J. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 123. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302

Yaumi, Muhammad. 2018. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Grup.

Downloads

Published

2024-04-17
Abstract Views: 110 | File Views: 147